4 Tips Menata Lemari Hias di Ruang Tamu

0
3353
Sumber: Ruparupa.com

Memiliki ruang tamu yang menawan dan estetik merupakan hal yang penting. Nah, kami punya satu rahasia yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan hal tersebut, yaitu memakai lemari hias di area ruang tamu.

Namun, tentu saja kamu tidak bisa sembarangan memilih lemari hias. Bila salah menggunakan lemari hias, bisa-bisa ruang tamu jadi terlihat lebih sempit.

Ruparupa Banner

Apalagi, fungsi lemari hias tidak hanya sebagai tempat pajangan, tetapi juga bisa menjadi sekat ruangan dan tempat penyimpanan tambahan. 

Bagiamana Cara Menata Lemari di Rumah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menata lemari hias di rumah.

1. Cari Warna yang Senada Dengan Ruangan

Saat mencari lemari untuk ruang tamu, carilah yang warnanya senada dengan ruangan. Namun, untuk menciptakn kesan elegan, kamu bisa memilih lemari berwarna netral, seperti putih, krem, atau coklat.

Hal yang paling penting adalah memilih kombinasi warna tepat agar suasana di dalam ruang tamu terasa lebih nyaman. Misalnya, bila ingin menciptakan ruang tamu terlihat lebih futuristik dan modern, gunakan lemari berwarna hitam atau keabu-abuan.

Sementara itu, kalau ingin menciptakan ruangan yang terasa alami, kamu bisa memakai lemari warna coklat. Lalu, tambahkan tanaman hijau ke dalam ruang tamu agar terasa lebih segar.

Baca Juga:   5 Jenis Meja Ini Bikin Ruang Tamu Estetik Seketika

2. Pilih Model Lemari Sesuai Kebutuhan

Sebelum memilih lemari hias, tentunya kita harus mengetahui fungsi dari lemari tersebut. Apakah untuk dekorasi semata? Atau mungkin untuk tempat penyimpanan tambahan?

Jika kamu ingin menggunakan lemari sebagai tempat buat memajang koleksi hiasan rumah, maka kamu bisa menggunakan lemari yang terbuka atau lemari dengan pintu  terbuat dari kaca.

Namun, kalau ingin menjadikan lemari sebagai tempat penyimpanan, maka gunakan lemari dengan banyak laci. Kamu juga bisa memakai lemari multifungsi, yang memiliki tempat untuk pajangan dan juga laci di bagian bawahnya.

Seperti rekomendasi lemari hias minimalis berikut ini, yang bisa kamu gunakan juga sebagai sekat ruangan.

Lemari Hias Ruang Tamu
Shawn Kabinet Serbaguna – Krem

Beli di sini

3. Ukuran yang Proporsional

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan ukuran lemari hias. Hindari memilih lemari berukuran terlalu besar atau terlalu kecil karena akan membuat ruangan jadi tidak proposional.

Agar tidak salah pilih ukuran lemari, kamu bisa mengetahui luas ruangan terlebih dahulu. Lalu, pilih lokasi untuk meletakkan lemari hias.

Umumya, ukuran lemari hias ruang tamu memiliki tinggi sekitar 180-220 cm, dengan panjang berkisar 85-150 cm. Jadi, pastikan lokasi tempat lemari hias sesuai dengan ukuran panjang dan tinggi perabot tersebut.

Untuk ruang tamu sempit, kamu bisa menggunakan lemari hias sudut yang bertingkat seperti rekomendasi kami di bawah ini.

Baca Juga:   Ini Alasan Lemari Coklat Bikin Ruangan Jadi Mewah

Selain bisa menghemat tempat, ruang tamu terlihat lebih menawan dan bisa menciptakan ilusi ruangan lebih besar.

Lemari Hias Ruang Tamu
Newvy Curio Lemari Pajang Kaca 4 Tingkat – Putih

Beli di sini

4. Isi Lemari agar Terlihat Estetik

Apa saja yang bisa kamu letakkan di lemari supaya ruang tamu terlihat estetik? Jawabanya adalah cukup banyak, tergantung dengan kesukaan kamu.

Misalnya, kamu suka mengoleksi piring dan gelas unik, maka kamu bisa mengisi lemari hias tersebut dengan koleksi kamu. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan lemari hias untuk meletakkan koleksi foto keluarga.

Agar ruangan terasa segar, gunakan lemari hias sebagai tempat tanaman hias.  Tenang, kalau kamu tidak mau repot merawatnya, gunakan tanaman artifisial seperti di bawah ini.

Lemari Hias Ruang Tamu
Bunga Artifisial 56 Cm Orchid – Ungu

Beli di sini

Itu dia  tips yang bisa membuat ruang tamu kamu estetik seketika. Jadi, semakin tertarik untuk memiliki lemari hias, bukan?

Nah, kalau kamu ingin menggunakan lemari hias kekinian, maka kamu harus segera mengunjungi laman Ruparupa.com.

Di situs belanja online satu ini, kamu bisa menemukan banyak desain lemari hias yang sesuai dengan selera dan budget kamu.

Selain itu, kamu pun bisa menemukan berbagai perlengkapan dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat menghias ruang tamu agar terlihat lebih menawan.