4 Mitos Umum Air Fryer dan Penjelasannya

0
366
Sumber: Ruparupa.com

Belakangan ini, air fryer menjadi salah satu alat masak elektronik praktis yang sedang naik daun. Namun, ketenaran air fryer ini juga disertai banyak mitos yang beredar.

Promo Furnifest

Apalagi, air fryer adalah alat masak yang digunakan untuk menggoreng makanan tanpa minyak. Tentunya, hasil makanan yang dihasilkan pun tetap renyah seperti menggoreng memakai wajan.

Cara kerja air fryer biasanya menggunakan udara panas di sekitar makanan. Inilah yang membuat air fryer bisa menghasilkan reaksi kimia, yang dikenal dengan efek Maillard.

Di dalam dunia masak, efek kimia ini ternyata melibatkan asam amino dan gula sehingga bisa membuat bahan makanan berubah warna. Namun, rasa makanan yang dihasilkannya tetap lezat seperti menggoreng memakai minyak.

Inilah yang membuat banyak mitos tentang air fryer, terutama dari segi kesehatan.

Lalu, Apa Saja Mitos Air Fryer?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kita akan bahas satu per satu penjelasan dari mitos air fryer yang sering beredar tersebut. Simak, yuk.

1. Masak Dengan Air Fryer Bisa Menyebabkan Kanker

Beberapa tahun belakangan ini  beredar kabar tentang penggunaan air fryer yang dapat penyebab kanker. Namun, belum ada penelitian yang mendalam mengenai hal tersebut.

Dilansir dari Klikdokter.com, proses memasak yang lebih lama di air fryer menyebabkan terbentuknya karsinogen, yaitu zat yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga:   Cara Buat Kentang Goreng Pakai Air Fryer, Pasti Renyah!

Penelitian lain dari National Cancer Institute yang menyatakan bahwa memasak dengan air fryer bisa memicu senyawa akrilamida, hidrokarbon polisiklik aromatik, dan heterosiklik amina, yang berkaitan dengan risiko kanker.

Meskipun begitu, fakta tentang air fryer sebagai pemicu kanker masih belum bisa dipastikan.  Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan makanan apa yang diolah menggunakan air fryer.

Sumber: Unsplash.com

2. Air Fryer Menggoreng Makanan

Terlepas dari namanya, air fryer ternyata tidak menggoreng makanan, melainkan memangangnya. Air fryer memiliki fungsi yang mirip seperti oven kecil dengan kipas yang menyalurkan elemen panas dan sebuah keranjang yang bisa kamu lepas pasang.

Tentunya, makanan yang kamu masak memakai air fryer tidak membutuhkan minyak sebanyak deep fry. Namun, hasil dari masakan tersebut akan menghasilkan tekstur yang garing pada bagian luarnya.

3. Air Fryer Hanya Untuk Memasak Makanan Cepat Saji

Kalau kamu berpikir air fryer hanya bisa digunakan untuk makanan cepat saji, hal tersebut tidak benar.

Air fryer juga bisa memasak masakan lain, seperti daging, sayur, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa memasak ayam dengan air fryer untuk menghasilkan rasa yang krispi.

Selain itu, air fryer juga bisa memanaskan makanan. Kamu bahkan bisa mencoba memanggang roti, memasak salmon, buncis, hingga tahu goreng yang renyah dengan air fryer.

Baca Juga:   5 Cara Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

Namun, ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer, seperti nasi, sayuran hijau, telur, dan lain sebagainya.

Sumber: Unsplash.com

4. Air Fryer Membuat Makanan Jadi Lebih Sehat

Meski memasak dengan air fryer lebih sehat daripada deep fry, tapi tidak langsung membuat semua makanan tersebut jadi baik untuk tubuh, lho.

Memang benar air fryer bisa mengurangi kadar lemak dari minyak goreng, tetapi kamu tetap harus memperhatikan jenis dan porsi masakan.

Misalnya, kamu sering menggunakan air fryer untuk memasak kentang goreng dan mengonsumsinya secara berlebihan, maka hal tersebut tidak terlalu berdampak untuk tubuh.

Bila ingin mulai mengonsumsi makanan sehat, lebih baik gunakan metode masak kukus dan rebus.

Sumber: Unsplash.com

Rekomendasi Air Fryer Berkualitas 

Nah, itu dia  mitos tentang air fryer yang perlu kamu perhatikan. Dibalik semua mitos yang beredar, air fryer juga memiliki banyak dampak positif.

Salah satunya adalah penggunaannya yang praktis dan fleksibel. Kamu tidak perlu menunggu di depan air fryer sampai makanannya matang karena ada fitur untuk mengatur suhu dan durasi masak.

Tentunya, alasan utama untuk membeli air fryer adalah bisa mengurangi kadar minyak di dalam makanan.

Nah, jika sedang mencari air fryer berkualitas tinggi, maka kamu wajib mengunjungi situs Ruparupa.

Kami juga punya beberapa rekomendasi air fryer yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

mitos air fryer
Philips 6.2 L Air Fryer 2000w Hd9270/90

Beli di sini

mitos air fryer
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih

Beli di sini

mitos air fryer
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9252/90 – Hitam

Beli di sini

mitos air fryer
Klaz Air Fryer Manual 2.5 Ltr – Hitam

Beli di sini