Cara Buat Kentang Goreng Pakai Air Fryer, Pasti Renyah!

0
2460
kentang goreng air fryer
Sumber: Unsplash.com

Kentang goreng merupakan camilan praktis yang digemari oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Di bulan puasa, kentang goreng menjadi primadona sebagai menu takjil praktis.

Memang, rasa gurih dan renyah dari kentang goreng sulit untuk diabaikan. Apalagi, jika ditambahkan bumbu dan saus, yang membuatnya semakin nikmat.Sayangnya, kentang goreng menjadi kurang sehat kalau disantap terlalu sering.

Ruparupa Banner

Apalagi, bila kita mengolahnya dengan metode deep fry. Tentu, menggoreng kentang goreng membutuhkan banyak minyak, yang dapat meningkatkan kandungan kalori dan lemak jenuh di dalamnya.

Cara Membuat Kentang Goreng Tanpa Deep Fry

Lantas, bisakah kita membuat kentang goreng tanpa menggunakan metode deep fry dan memakia banyak minyak goreng? Jawabannya bisa. Salah satu cara agar kita dapat menyantap kentang goreng lebih sehat adalah dengan menggunakan air fryer.

Selain praktis, penggunaan air fryer juga terbilang hemat dan bisa menjadi alternatif pengganti minyak goreng yang saat ini sedang mahal.

Nah, kalau kamu ingin mencoba membuat kentang goreng dengan air fryer, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah kami rangkum di bawah ini.

Baca Juga:   5 Kue Kering Khas Lebaran Favorit dan Wajib Ada!

1. Panaskan air fryer

Agar kentang goreng mendapatkan panas secara merata, kamu perlu memanaskan air fryer sekitar 3 menit sebelum digunakan. Tentunya, hal ini juga dapat membuat hasil kentang lebih renyah.

air fryer dari kels
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih
Buat kentang goreng lebih sehat dan mudah dengan air fryer berikut ini.

Beli di sini

2. Campurkan kentang dengan bumbu

Kalau kamu menggunakan kentang utuh, maka kamu perlu memotongnya secara memanjang. Lalu, campurkan dengan bumbu dan sedikit minyak di dalam wadah air fryer agar lebih meresap.

Namun, jika kamu memakai kentang goreng beku, maka tidak perlu menambahkan minyak sama sekali.

3. Masukkan Kentang ke dalam air fryer

Setelah semuanya siap, masukkan kentang ke dalam air fryer. Kemudian, goreng kentang pada suhu 180 derajat celcius selama 15-20 menit agar hasilnya kecokelatan.

Perlu kamu ingat, hindari masukkan kentang terlalu penuh, ya. Kentang yang menumpuk di dalam air fryer justru akan membuatnya menjadi tidak renyah, bahkan kurang matang secara merata.

Jadi, kalau ingin menggoreng kentang dalam jumlah banyak, kamu bisa membaginya jadi beberapa sesi.

Inspirasi_SajianPraktisSahur&Berbuka_Banner_insp_Blog_640X320_wording

4. Goyangkan wadah air fryer sesekali

Kamu boleh mematikan air fryer dan menggoyangkan wadahnya sekitar 5-10 menit sekali untuk memastikan kentang goreng tidak menempel satu sama lain. Hal ini juga dilakukan agar kentang semakin renyah.

Baca Juga:   7 Peralatan Masak yang Wajib Ada Saat Ramadan

5. Sajikan kentang dengan saus

Setelah matang, tuang kentang goreng ke dalam piring yang dilapisi tisu. Apabila ada kentang yang menempel di air fryer, gunakanlah penjepit makanan alih-alih garpu atau pisau karena dapat merusak lapisan anti lengket dari wadah air fryer.

Kemudian, sajikan kentang goreng dengan saus dan komponen tambahan apapun yang kamu suka. Mudah, bukan?

camilan praktis
Sumber: Unsplash.com

Nah, sekarang kamu sudah bisa menikmati kentang goreng air fryer yang lebih praktis dan sehat. Bila kamu ingin mencoba menggoreng dengan air fryer, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah hanya melalui ruparupa.com, lho.

Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai peralatan masak dan rumah tangga berkualitas lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi perlengkapan dapur kamu sekarang juga. Kami juga mempunyai rekomendasi air fryer terbaik, seperti berikut ini.

air fryer hitam
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam
Buat kentang goreng lebih praktis dan sehat dengan air fryer berikut ini.

Beli di sini

air fryer kels
Kels Langston Air Fryer 1200 Watt – Putih
Air fryer ini buat kentang goreng lebih renyah dan nikmat secara merata.

Beli di sini

masak pakai air fryer
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9200/90 – Hitam
Air fryer ini menyebarkan udara panas secara merata ke seluruh bagian makanan.

Beli di sini

air fryer untuk menu takjil
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih
Air fryer dengan tampilan modern dan sentuhan LED buat kegiatan masak lebih mudah.

Beli di sini