7 Makanan Ini Tidak Boleh Dimasak Pakai Air Fryer

0
11604
Sumber: Ruparupa.com

Air fryer kini menjadi alat masak yang populer di kalangan masyarakat, terutama untuk anak milenial. Selain praktis, air fryer dipercaya bisa membuat makanan lebih sehat karena tidak perlu menggunakan minyak.

Cara kerja air fryer hampir sama dengan oven. Namun, fungsinya cukup terbatas, yaitu hanya untuk menggoreng dengan memanfaatkan udara panas yang mengalir di dalamnya.

Ruparupa Banner

Meski bisa membuat berbagai jenis makanan, tetapi ada makanan yang tidak bisa dimasak air fryer, loh.

Apa Saja Makanan yang Tidak Bisa Dimasak Pakai Air Fryer?

Lalu, apa saja jenis makanan yang pantang dimasak menggunakan air fryer. Berikut ini telah kami rangkum beberapa daftar makanan yang tidak dimasak pakai air fryer.

1. Nasi

Banyak yang bertanya-tanya apakah air fryer bisa digunakan buat memasak nasi. Apalagi, bentuknya cukup mirip dengan rice cooker. Sayangnya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak.

Air fryer tidak memiliki panas yang cukup untuk memasak nasi. Jadi, meskipun kamu mencoba memasak nasi di dalam air fryer, pasti hasilnya tidak akan matang.

nasi
Sumber: Freepik

2. Sayuran hijau

Selanjutkan, kamu tidak bisa memasak sayuran,seperti sawi, kangkung, bayam, brokoli, hingga sayuran lainnya.

Hal ini karena sayuran mengandung sedikit air. Jika kamu memasak memakai air fryer, maka sayuran akan menjadi lembek dan kandungan nutrisi di dalamnya akan hancur.

Baca Juga:   7 Cara Membuat Kopi yang Enak Ala Coffee Shop

3. Gorengan dari adonan basah

Meski kegunaannya untuk menggoreng makanan, tetapi air fryer tidak bisa digunakan  makanan dengan adonan basah, seperti tempura, corn dog, dan makanan lainnya.

Apalagi, saat memasak dengan air fryer, kamu tidak membutuhkan minyak. Sedangkan makanan tersebut, butuh digoreng dengan memakai minyak yang cukup banyak agar menjadi renyah dan garing.

Selain itu, adonan akan menempel pada air fryer dan bisa menyebabkan alat ini cepat rusak.

tempura
Sumber: Freepik

4. Roti panggang

Air fryer juga tidak bisa digunakan sebagai sebuah toaster untuk memanggang roti kesukaan kamu.

Udara panas dalam air fryer, tidak bisa memberikan roti dengan bagian luar renyah dan tetap lebih di dalam. Justru memanggang roti di air fryer akan membuat roti kering menjadi remahan.

roti
Sumber: Freepik

5. Keju

Kamu tidak bisa membuat saus keju dengan melelehkan keju batangan ke dalam air fryer. Suhu panas air fryer memang bisa melelehkan keju batangan, tetapi hanya dalam waktu singkat keju tersebut lumer.

Setelah itu, keju malah akan menempel pada permukaan air fryer dan bisa menjadi gosong. Jadi, lebih baik hindari memasak keju di dalam air fryer untuk mencegah alat ini mudah rusak.

cheese
Sumber: Freepik

6. Telur

Makanan lain yang tidak bisa kamu masak menggunakan air fryer adalah telur goreng. Mirip seperti adonan gorengan, telur memiliki tekstur cair yang tidak cocok jika kamu masak menggunakan air fryer. 

Selain itu, untuk menggoreng telur, kamu juga membutuhkan minyak. Tanpa minyak, tekstur telur malah akan menempel di wadah air fryer dan membuatnya jadi gosong.

Baca Juga:   3 Cara Menggunakan Alat Makan Saat Jamuan Resmi

7. Ayam utuh

Ayam utuh juga tidak bisa kamu masak secara langsung dalam air fryer, ya. Memasukan ayam secara utuh mungkin bisa membuat bagian kulit dan permukaan luar ayam menjadi renyah, tetapi tidak akan bisa mematangkan bagian dalam dari ayam tersebut.

Sebaiknya, sebelum menggoreng ayam, potong terlebih dahulu menjadi bagian-bagian yang kecil agar mudah dalam proses pematangan.

chicken
Sumber: Freepik

Itu tadi beberapa makanan yang tidak boleh kamu masak menggunakan air fryer. Bila kita memaksa untuk masak beberapa menu makanan di atas, justru bisa membuat air fryer kamu cepat rusak, lho.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membuat makanan lebih sehat tanpa minyak, kamu bisa menggunakan produk air fryer berkualitas.

Kami punya beberapai rekomendasi air fryer seperti berikut ini hanya di Ruparupa.com.

Situs e-commerce ini menyediakan berbagai kebutuhan home living dari berbagai brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

air fryer
Memoo Air Fryer Mechanical Low Watt 3.5 Ltr – Biru – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

air fryer
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih – Beli hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

air fryer
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9252/90 – Hitam – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

air fryer
Klaz Air Fryer Manual 2.5 Ltr – Hitam – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini