5 Cara Masak Ayam Dengan Air Fryer Agar Lebih Krispi

0
2782
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9252/90 - Hitam

Mencari masakan yang simpel dan praktis memang jad pilihan buat kita yang sibuk dan punya aktivitas padat. Tidak heran bila air fryer jadi favorit untuk masak lebih praktis. Salah satu hidangan yang sehat dan bisa kamu masak dengan air fryer adalah ayam.

Menu olahan ayam ini juga bisa jadi santapan saat sahur dan buka puasa. Apalagi, selama bulan puasa, tubuh kita tetap membutahkan protein. Bila tidak kamu bisa merasa lapar, lemas, dan sistem kekebalan tubuh akan menurun.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Menggoreng Ayam dengan Air Fryer?

Menggoreng ayam dengan air fryer tentu berbeda dari memasaknya memakai minyak dan wajan. Umumnya, menggoreng ayam di dalam air fryer tidak membutuhkan minyak yang banyak, bahkan tidak perlu minyak sama sekali.

Namun, tidak semua bagian ayam bisa dimasak dengan cara yang sama. Agar tidak salah saat memasak ayam memakai air fryer, simak panduannya berikut ini.

1. Memasak Dada Ayam

Bosan dengan hidangan dada ayam yang terlalu kering? Coba masak dengan air fryer karena  aliran udara dari alat masak satu ini akan menjaga daging dada ayam tetap juicy.

Kamu juga bisa membumbui dada ayam dengan memakai rendaman bumbu khusus, seperti kecap, saus tomat, bawang putih, dan sebagainya. Atau, kamu bisa menaburi garam di atas ayam agar daging lebih juicy. 

Nah, agar tidak mengotori wadah air fryer, gunakan alumunium foil. Kamu bisa memasa dada ayam dalam air fryer pada suhu 177-190 derajat celcius selama 15-20 menit. Pastikan kamu membalik ayam selama proses menggoreng, ya.

2. Memasak Paha Atas Ayam

ilustrasi paha bawah

Ayam bagian paha atas akan terasa sedap kalau dipanggang dengan bawang putih yang renyah. Ternyata, resep itu juga berlaku untuk air fryer, loh!

Baca Juga:   10 Ide Kado Valentine Favorit Para Perempuan

Sebagian besar air fryer bisa memuat 6-8 potongan paha atas ayam, tergantung ada tulangnya atau tidak. Kamu bisa memasak paha atas dengan suhu 182 derajat celcius.

Jika paha atas disertai tulang, maka kamu bisa memasaknya di dalam air fryer selama 22-25 menit. Lain halnya bila tidak ada tulangnya, kamu hanya perlu memasaknya selama 15 -7 menit. Jangan lupa untuk membalikan ayam agar matang secara merata.

Tipsnya, bila kamu mau memasak ayam dengan kulitnya di dalam air fryer, naikan suhu hingga 204 derajat celcius ketika ayam hampir matang. Lalu, masak kembali paha selama 5 menit agar kulitnya lebih garing.

3. Memasak Paha Bawah Ayam

Memasak bagian paha bawah ayam menjadi tantangan tersendiri. Apalagi bagian tersebut memiliki lebih banyak tendon daripada bagian lainnya. Namun, bagian paha bawah justru merupakan bagian olahan ayam yang paling juicy dan enak.

Kamu bisa memasukkan 6 potong paha bawah ayam ke dalam air fryer sekaligus. Tambahkan bumbu penyedap atau jeruk nipis untuk menambah cita rasa paha ayam.

Lalu, kamu bisa masak paha bawah ke dalam air fryer dengan suhu 190 derajat celcius selama 15 menit. Pastikan kamu membalikan ayam dan masak lagi selama 10-15 menit sampai paha ayam bawah berubah warna jadi keemasan.

4. Memasak Sayap Ayam

Kunci memasak sayap ayam yang sempurna dalam air fryer adalah memasaknya secara bertahap. Jangan sampai ada sayap ayam saling tumpang tindih.

Usahakan ada jarak antara satu sayap ayam dengan yang lainnya. Dengan begitu, setiap bagian sayap akan matang merata dan garing.

Masak sayap ayam dengan suhu 177 derajat celcius selama 25 menit. Kemudian, balik sayap ayam ditengah jalan. Setelah itu, naikan suhu air fryer hingga 204 derajat celcius dan diamkan selama 5 menit sampai bagian luar sayap tampak bagus dan renyah.

Baca Juga:   8 Desain Rak Bumbu Dapur Cantik pada Kitchen Set

5. Memasak Ayam Utuh

Memasak ayam utuh dalam air fryer bisa membuat rasanya seperti ayam rotisserie, yang renyah diluar dan juicy di dalamnya. Selain itu, rasa ayam utuh ini juga akan seperti rasa ayam panggang seperti memakai oven.

Jika air fryer kamu cukup besar, maka kamu bisa memasukan satu ayam utuh ke dalamnya. Namun, kalau air fryernya tidak cukup besar, potong ayam menjadi beberapa bagian.

Caranya, kamu tinggal membumbui ayam sesuai selera, lalu balurkan ayam utuh dengan minyak goreng.

Masak ayam dalam air fryer dengan dada menghadap ke bawah penggorengan dengan suhu 182 derajat celcius selama 40-50 menit. Kemudian, balik ayam dan diamkan selama 10-20 menit.

Periksa kematangan ayam dengan termometer. Arahkan termometer ke bagian ayam yang paling tebal. Bila sudah menunjukkan suhu 74 derajat celcius, artinya ayam sudah matang.

cara goreng ayam air fryer
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9252/90 – Hitam

Itu dia 5 cara memasak ayam yang praktis dan mudah dengan air fryer. Praktis, bukan? Jadinya, kamu tidak perlu repot menyiapkan minyak yang banyak untuk menggoreng.

Nah, kalau kamu sedang mencari air fryer berkualitas tinggi, tenang, kamu bisa menemukannya dengan mudah di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai macam perlengkapan masak dan perabot rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Simak juga beberapa rekomendasi air fryer terbaik dari Ruparupa.com di bawah ini.

masak ayam dengan air fryer
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih

Beli di sini

masak ayam dengan air fryer
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9200/90 – Hitam

Beli di sini

masak ayam dengan air fryer
Klaz 3.5 Ltr Air Fryer Digital 1500 Watt – Hitam/gold

Beli di sini

masak ayam dengan air fryer
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam

Beli di sini