Waspada! Ini Dia 9 Ciri-Ciri Freon AC Habis

0
563

Pernah merasa AC di kamar menjadi panas? Apalagi jika AC tersebut sudah dinyalakan sejak pagi hari. Bila ya, Anda perlu waspada karena bisa jadi ini tanda freon di dalam mesin AC sudah habis.

Freon merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan dalam AC, kulkas, dan peralatan elektronik lainnya yang menghasilkan suhu udara dingin. Bahan kimia ini biasanya sebagai fluida penyerap bahan pendingin ruangan.

Ciri-Ciri Freon AC Habis

Jangan pernah biarkan freon AC habis terlalu lama, ya. Selain membuat ruangan terasa nggak nyaman, AC pun akan jadi cepat rusak. Dalam situasi terburuk, freon AC yang sudah habis bisa beresiko mengeluarkan zat racun yang berbahaya.

Pasalnya, menghirup freon bisa menyebabkan iritasi pada area mata, hidung, dan lidah. Selain itu, pada tahapan serius, senyawa ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan hingga luka bakar pada kerongkongan.

Apalagi, bila Anda terhirup dalam jumlah yang besar. Gejala ini dapat menyebabkan detak jantung yang tak teratur dan paling buruk adalah kematian.

Untuk itu, Anda harus memahami dan memperhatikan ciri-ciri freon AC rumah yang sudah habis. Seperti apa? Simak berikut ini.

1. Suhu ruangan terasa tidak dingin

Semestinya AC dapat bekerja untuk menjaga kelembapan udara dan menstabilkan suhu ruangan dengan mengeluarkan hawa dingin. Nah, Anda harus berhati-hati bila ruangan mulai terasa tidak dingin, meski telah dinyalakan seharian dengan suhu yang paling rendah.

Kalau kondisinya sudah seperti ini, sebaiknya Anda segera memanggil jasa servis AC untuk mengganti freon. Bila Anda memaksa AC bekerja dan tetap menyala, justru bisa memperparah kondisi AC.

Baca Juga:   6 Cara Mengatur Suhu AC agar Cepat Dingin

2. Pipa AC tidak dingin

Salah satu ciri lain dari freon AC yang habis adalah pipa AC yang mulai terasa tidak dingin. Terlebih, jika Anda menemukan adanya tumpukan bunga es pada unit pipa instalasi indoor atau outdoor, maka jelas hal ini perlu Anda waspadai.

Kondisi ini kerap terjadik karena tekanan freon pada AC mulai berkurang. Untuk itulah Anda perlu segera memeriksanya.

3. Lampu indikator berkedip

Ciri selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah indikator lampu timer. Setiap unit AC indoor pasti memiliki indikator lampu timer. Nah, biasanya lampu ini akan berkedip untuk memberikan signal bahwa ada masalah pada komponen dalam AC, seperti tekanan freon yang habis ataupun kompresor AC.

4. Air AC bocor

Freon AC yang habis juga bisa menyebabkan penggumpalan pada bagian evaporator AC. Inilah yang bisa menyebabkan terjadi kebocoran pada AC. Jika ini sudah terjadi paa AC di rumah, maka sebaiknya segera Anda periksa dan perbaiki, ya!

5. AC mengeluarkan hawa panas

Ketika freon AC sudah habis, AC justru akan mengeluarkan udara panas. Hal ini terjadi karena AC sudah tidak bisa menyerap udara panas secara maksimal dan mengubahnya menjadi udara sejuk pada ruangan.

6. Mesin bagian luar AC tidak panas

Pada kondisi normal, unit outdoor AC pasti akan mengeluarkan udara panas, terutama ketika sedang digunakan. Perubahan ini biasanya terjadi karena ada pergantian tekanan dari rendah menjadi tinggi secara mendadak.

Nah, jika komponen luar rumah mulai terasa tidak panas, maka Anda perlu segera  memanggil jasa servis AC untuk menambahkan freon.

7. Tagihan listrik membengkak

Tanda berikutnya yang menunjukkan kalau nit AC mulai kehabisan cairan freon adalah tagihan listrik yang membengkak. Hal ini terjadi karena AC cenderung bekerja ekstra dan memakan banyak energi listrik agar bisa bekerja secara normal.

Baca Juga:   6 Cara Mengatur Suhu AC agar Cepat Dingin

Jadi, bila tagihan listrik Anda mulai mahal, maka Anda harus segera memeriksa AC di rumah dan memperbaikinya.

8. AC mengeluarkan bunyi yang berisik

Ketika AC Anda mulai menghasilkan suara bising, maka ini bisa menjadi tanda bahwa freon AC sudah perlu diisi ulang.

Kerusakan seperti ini juga bisa menjadi indikasi adanya kebocoran gas pada pendingin ruangan yang perlu Anda waspadai.

Tidak hanya mengganggu kualitas tidur, tetapi kondisi ini juga dapat membuat AC cepat rusak. Maka dari itu, Anda harus segera memeriksanya sebelum terlambat, ya.

9. Merasakan gejala keracunan

Anda harus berhati-hati karena freon AC yang habis juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Senyawa pada freon yang berbau, tentu akan mudah terhirup oleh Anda.

Ketika Anda mulai merasakan gejala keracunan, maka Anda harus segera lakukan pengecekan freon pada AC.

Umumnya, penggunaan freon AC bisa bertahan hingga tiga tahun. Jadi, sebaiknya Anda melakukan pengecekan freon AC secara rutin setiap tahunnya agar terhindar dari bahaya kesehatan tubuh, ya.

***

Nah, itu dia 9 ciri freon AC yang sudah habis. Tidak sulit untuk mengetahui tanda-tandanya, bukan? Pastikan Anda tidak menyepelekannya karena hal ini bisa membahayakan kesehatan, loh.

Bila AC sudah tidak bisa Anda gunakan lagi, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.

Anda bisa mendapatkan berbagai model AC dari merek-merek ternama hanya di Ruparupa. Situs belanja online  satu ini menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga dengan kualitas terbaik.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi produk pendingin ruangan yang bisa Anda coba.

Sharp Air Conditioner dengan daya pendingin turbo cooling. Dilengkapi dengan fitur self cleaning yang pintar serta daya listrik yang rendah.

Beli di sini

APA Air Cooler dengan kapasitas kontainer sebesar 10 liter sehingga bisa bertahan seharian!

Dapatkan di sini

Harga lebih murah dengan Daikin set Air Conditioner. 2 Unit AC indoor dan 1 outdoor untuk menjaga kedinginan ruangan rumah Anda.

Klik di sini