Lebih Dekat dengan Aluminium Composite Panel

0
2062
aluminium composite panel

Sebagian dari Anda mungkin belum mengetahui soal aluminium composite panel. Padahal, material ini cukup sering digunakan pada bangunan gedung maupun rumah. Bagi Anda yang tertarik untuk mengaplikasikannya pada hunian Anda, simak dulu artikel berikut ini agar bisa lebih paham soal bahan bangunan yang satu ini!

Apa itu Aluminium Composite Panel?

aluminium compsite panel bangunan
Sumber : unsplash.com

Aluminium Composite Panel (ACP) adalah perpaduan antara plat aluminium dan bahan composite. Jadi, bahan bangunan ini terbuat dari bahan polyethylene yang dilapisi dengan lembaran aluminium pada kedua sisinya. Lembaran aluminium composite panel sendiri merupakan lembaran yang kaku dan kuat namun memiliki berat yang relatif ringan.

Biasanya bahan bangunan ini digunakan untuk melapisi dinding eksterior ataupun interior bangunan. Karena, material ini tersedia dalam warna metalik dan non logam sehingga dapat menambahkan kesan artistik dan mewah pada fasad bangunan. Kini, material ini juga banyak digunakan untuk rumah minimalis, lho Ruppers. Juga, bagi Anda yang tertarik menggunakan aluminium composite panel pada bagian interior rumah, material ini dapat Anda gunakan untuk partisi, penutup kolom, juga untuk plafon artistik.

Dua Jenis ACP Berdasarkan Lapisan Catnya

Sebelum membeli aluminium composite panel untuk kebutuhan bangunan Anda, kenali dulu kedua jenisnya berikut ini. Karena keduanya memiliki perbedaan kegunaan, lho.

  1. Jenis Polyester (PE) : jenis ACP yang pertama ini biasa digunakan untuk interior bangunan. Tipe ini lebih murah di pasaran karena lebih tipis dan hanya menggunakan satu kali lapisan.
  2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) : kalau jenis ACP yang kedua ini biasa digunakan pada bagian eksterior bangunan. Dapat dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, ataupun panel kanopi. Keunggulannya yaitu tahan terhadap segala jenis cuaca sehingga warnanya bisa lebih tahan lama meskipun terkena hujan atau panas.

Kelebihan dan Kekurangan Aluminium Composite Panel

bangunan berwarna
Sumber : unsplash.com

Terakhir, sebelum menentukan ingin menggunakan bahan bangunan ini untuk hunian Anda, Anda mungkin perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Jangan sampai menyesal ketika sudah membeli ya, Ruppers!

1. Kelebihan ACP

  • Memiliki bobot yang ringan
  • Memiliki permukaan yang rata dan halus
  • Mempunyai daya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca dan iklim
  • Lebih ramah lingkungan
  • Bahan bangunan yang bagus untuk dekorasi, baik untuk eksterior maupun interior
  • Mudah untuk diaplikasikan dalam berbagai desain berkonsep modern
  • Tersedia dalam berbagai macam warna dan juga pola yang dapat dipilih
  • Composite mudah dibentuk, dilipat, dibor dan dilengkungkan dengan menggunakan peralatan yang sederhana
  • Bahan intinya terbuat dari polyethylene sehingga lembarannya tahan api
  • Kuat dan tahan karat
  • Mudah untuk dibersihkan

2. Kekurangan ACP

  • Dilansir dari arsitag.com, terdapat hasil penelitian yang menyatakan bahwa bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium akan mengeluarkan gas beracun dalam suhu panas yang tinggi
  • Dalam suhu tinggi, lapisan intinya juga bisa menggelembung sehingga akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata dan dapat mengurangi keindahan
  • ACP juga kurang kuat terhadap tekanan angin sehingga dalam konstruksi yang kurang baik akan berisiko terhadap keselamatan
  • Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir

Nah, Ruppers. Setelah mengetahui lebih banyak soal aluminium composite panel, apakah Anda mulai tertarik untuk mengaplikasikannya pada bangunan rumah? Jangan lupa tetap memperhatikan kelebihan dan kekurangannya, ya. Lengkapi juga hunian Anda dengan dekorasi rumah dan furnitur menarik lainnya dengan berbelanja di Ruparupa.com yang memiliki berbagai penawaran menariki.