9 Tips Renovasi Kamar Tidur yang Hemat Biaya

0
451
Kamar tidur bohemian

Tahukah Anda kalau setiap 5 tahun sekali Anda perlu memperbarui interior ruangan agar tidak membosankan? Salah satu caranya bisa dimulai dari melakukan renovasi kamar tidur, baik untuk memperbaiki kerusakan pada dinding dan atap, serta untuk mengubah fungsi ruangan tersebut.

Promo 12 12 Ruparupa

Namun, dalam pelaksanaannya ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Misalnya, budget yang Anda miliki untuk menata ulang kamar tidur, serta dalam pemilihan interior dan dekorasi yang sesuai.

Kamar tidur yang efektif

Renovasi kaamr
Spurce: wallpapersafari

Tidak perlu khawatir jika Anda belum memiliki pengalaman saat merenovasi area kamar tidur karena kami punya 9 tips ampuh yang bisa memudahkan Anda. Simak, yuk!

1. Mempertimbangkan dekorasi yang tepat

Rak buku bertingkat
     Beli disini

Area kamar tidur memiliki fungsi untuk beristirahat dan bersantai. Jadi, sebaiknya tidak menggunakan dekorasi yang berlebihan agar tidak memberikan kesan sumpek dan membuat tidur jadi lebih berkualitas.

Tips paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah menggunakn dekorasi esensial, seperti rak bertingkat, yang dapat berfungsi untuk meletakkan bingkai foto dan aneka pajangan. Selain itu, pastikan Anda memasang tirai pada jendela untuk melindungi ruangan dari sinar matahari sekaligus mempercantik ruangan secara instan.

Nah, agar perabot yang Anda beli bisa berfungsi secara maksimal, lebih baik buat perencanaan desain ruangan dan daftar barang terlebih dahulu. Dengan begitu, interior pada kamar tidur Anda bisa tertata lebih rapi.

2. Maksimalkan furnitur dan dekorasi yang ada

Kasur

Beli Di sini

Saat merenovasi kamar tidur,  bukan berarti Anda harus mengganti seluruh furnitur yang ada. Tentunya, masih ada barang-barang yang dapat digunakan kembali, seperti lemari pakaian, kasur, dan meja.

Nah, Anda juga bisa berkreasi dengan memperbaiki barang-barang yang masih digunakan tersebut. Misalnya, untuk lemari pakaian yang masih berfungsi dengan baik, Anda bisa mengecatnya agar terlihat lebih baru. Namun, bila kasur yang Anda miliki sudah terlalu lama digunakan dan tidak berfungsi dengan baik, jangan ragu untuk membeli yang baru. Pastikan perabot lama dan dekorasi yang Anda ingin buat memberikan tampilan senada agar terlihat lebih menawan.

Baca Juga:   10 Tips Kamar 3x4 ala Korea, Nyaman dan Aesthetic!

3. Memperbarui kamar tidur dengan cat ulang

kamar mewah
sumber: elledecor.com

Salah satu cara sederhana untuk membuat ruangan terlihat baru adalah dengan mengganti warna cat dinding. Selain itu, Anda juga bisa mengganti wallpaper lama dengan motif baru. Cara sederhana ini bisa mengubah suasana kamar tidur secara instan, tanpa perlu menggeluarkan budget besar.

Namun, pastikan Anda memperhatikan setiap perpaduan warna elemen yang akan digunakan sehingga ruangan terlihat lebih nyaman. Agar dekorasi ruangan lebih sempurna, Anda bisa memilih warna sprei dan tirai senada dengan warna dinding.

4. Ketahui alasan Anda harus merenovasi kamar

renovasi kamar kecil
Source: pixabay

Sebelum melakukan renovasi kamar tidur, pastikan Anda mengetahui alasan untuk mengubah ruangan tersebut. Misalnya, cat dinding di kamar tidur sudah mulai rusak dan beberapa furnitur sudah tidak bisa digunakan lagi. Bila ini yang Anda alami,  akukan renovasi pada masalah tersebut, seperti mengecat ulang dinding kamar dan mengganti furnitur lama dengan yang baru.

Sebelum melakukan renovasi, pastikan Anda memperbaiki semua kerusakan yang terjadi pada kamar tidur Anda. Tidak hanya bisa menghemat energi, cara ini juga tepat untuk  menyesuaikan bujet yang Anda miliki untuk renovasi kamar.

5. Berkreasi dengan bebas

renovasi kamar tidur sederhana
Source: pixabay

Jangan ragu untuk berkreasi sesuai keinginan Anda. Misalnya, bila Anda suka dengan gaya kamar tidur minimalis, Anda bisa menggabungkan desain japandi dengan scandinavian. Namun, pastikan Anda menyesuaikan warna furnitur dengan fungsi ruangan agar tercipta suasana yang lebih menyenangkan. Intinya, buatlah kamar tidur Anda terasa lebih nyaman dan sesuai karakter Anda. Jangan ragu juga untuk mencari terlebih dahulu berbagai inspirasi interior yang sesuai dengan keinginan Anda.

Apalagi, saat ini sudah banyak desain kamar tidur yang menarik bisa Anda temukan melalui internet. Salah satunya di blog Ruparupa, yang selalu membagikan informasi menarik dan terbaru bagi pembacanya.

Baca Juga:   Tips Memilih Tempat Tidur yang Nyaman dan Sehat

6. Memperhitungkan budget sebelum renovasi kamar

renovasi kamar
Source: pixabay

Salah satu pertimbangan yang harus Anda pikirkan saat melakukan renovasi adalah biaya. Sebaiknya, buat rincian biaya terlebih dahulu sebelum membarui kamar tidur Anda. Apalagi, biaya renovasi kamar tidur bisa disesuaikan dengan bujet yang Anda miliki. Cara ini juga bisa membantu Anda agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk renovasi.

7. Kosongkan ruangan terlebih dahulu

renovasi kamar tidur
Source: Pixabay

Sebelum melakukan renovasi, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menentukan konsep kamar tidur terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mulai mengukur ruangan agar setiap perabot yang digunakan dapat tertata dengan lebih rapi. Nah, cara paling mudah unutk melakukan hal ini adalah dengan mengosongkan ruangan terlebih dahulu. Jadinya, Anda juga bisa memiliki bayangan seperti apa dekorasi kamar tidur baru yang diinginkan.

8. Membuat konsep tata ruang

renovasi kamar sederhana
Source: Pixabay

Ruangan yang ideal tidak hanya berbicara soal pemilihan dekorasi kamar dan furnitur, tetapi juga harus memperhatikan tata ruang.  Apalagi, bila Anda memiliki hunian dengan lahan terbatas. Cara ini akan mempermudah Anda dalam memanfaatkan seluruh sudut ruangan secara efektif.

Setelah merencanakan tata ruang kamar tidur, barulah Anda bisa memilih perabotan yang tepat. Terakhir, hindari membeli furnitur secara berlebihan dan tidak sesuai perencanaan karena akan membuat ruangan jadi terasa sumpek.

9. Menyesuaikan penerangan dengan tema kamar

Bohlam lampu
                                                                                Beli disini

Salah satu kunci untuk membuat kamar tidur yang nyaman adalah penerangan. Anda bisa memilih warna cahaya yang warm, seperti lampu warna kuning,  agar ruangan terasa lebih hangat. Namun, pastikan Anda memilih warna lampu yang sesuai dengan tema ruangan.

***

Dengan pemilihan desain dan perabot yang tepat, ruang tidur menjadi terlihat menarik dan menyegarkan. Agar semakin sempurna, Anda bisa menemukan beragam furnitur terbaik, seperti rak penyimpanan, lemari pakaian, dan lampu meja hanya di Ruparupa.com. Nikmati juga penawaran eksklusif khusus untuk Anda, yang sudah mendaftarkan diri menjadi Ruppers melalui web atau aplikasi Ruparupa. Selamat belanja!