Tips Pintar Ibu Agar Tahun Ajaran Baru Makin Seru

Sebagai orangtua, tugas utama kita tentu adalah merawat dan melengkapi buah hati dengan kemampuan sebagai bekal masa depannya. Memasukkan anak ke sekolah adalah contohnya. Tak cukup sampai disitu, seiring berjalannya waktu-saat anak semakin bertumbuh dewasa dan memiliki feelingnya sendiri, orangtua dituntut untuk lebih peka akan hal ini.

Apakah anak akan menyukai momen hari pertama masuk tahun ajaran yang baru?

Memang ada baiknya jika orangtua dapat meluangkan waktu mengantarkan anaknya saat hari pertama masuk sekolah. Bukan sekedar untuk menenangkan kegugupan sang buah hati yang mungkin kali ini berada dibawah pengawasan wali kelas killer. Namun akan ada banyak manfaat lain dalam hubungan orangtua-anak yang dapat dipetik dari momen berharga ini. Selain itu, Anda selalu dapat mengikuti tips pintar kami agar anak lebih percaya diri bahkan semangat kembali ke sekolah.

1. Apresiasi ‘Kekuatan’ Anak

Katakanlah bahwa bidang yang ia kuasai lebih dari yang lain itu baik. Ketika dewasa, mereka dapat menentukan pilihannya sendiri apakah ingin menekuni bidang tersebut atau tidak. Namun untuk saat ini, pilihan tersebut belum tersedia. Jangan sungkan juga untuk mengatakan bahwa Anda pasti mendukung penuh minat dan bakatnya setelah semua kewajiban yang dimiliki terpenuhi. Cara ini terbukti efektif untuk mendongkrak semangat juang serta motivasi belajar anak.

2. Lengkapi Semua Kebutuhan untuk Sekolah

Trik lainnya adalah dengan melengkapi semua kebutuhan belajarnya. Tas, sepatu, hingga meja belajar baru yang dapat memberikan suasana baru juga pada rutinitasnya. Kemudian ajarkan mereka menghargai ‘pemberian’ tersebut dengan melakukan satu komitmen pada satu waktu. Bisa berupa mengumpulkan PR online tepat waktu, dll.

Sekarang, stress anak perlahan hilang dan Anda tinggal bersiap-siap mendengar celoteh sang buah hati yang makin seru di sekolah. Bangga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *