Pentingnya Dampingi Anak Saat Hari Pertama Sekolah

0
247
Hari Pertama Masuk Sekolah

Libur sekolah hampir usai, tanda tahun ajaran baru pun akan segera dimulai. Bagi si Kecil, hari pertama masuk sekolah merupakan sebuah tantangan. Ada rasa senang, bersemangat, dan takut yang berbaur. Karena si Kecil akan mulai menghadapi sekolah baru, kelas baru, guru baru, teman baru serta pelajaran baru. Perasaan gugup akan sangat mungkin dihadapi oleh si Kecil. Untuk itu sebagai orang tua, selain mempersiapkan berbagai kebutuhan sekolah anak seperti seragam, tas, tempat bekal, botol minum, sepatu dan lainnya, orangtua juga harus mempersiapkan mental anak untuk menyambut hari pertama masuk sekolah.

Persiapan ini berupa dukungan untuk memberikan rasa nyaman kepada si kecil saat menghadapi hari pertama masuk sekolah. Anies Baswedan, saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menghimbau para orangtua agar dapat meluangkan waktu mengantarkan anaknya saat hari pertama masuk sekolah melalui Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2016. Hal ini diperkuat dengan Surat Menteri PANRB No. B/2461/M.PANRB/07/2016 tentang izin bagi PNS dan karyawan di hari pertama masuk sekolah.

Sebenarnya apa sih pentingnya mendampingi anak saat hari pertama masuk sekolah?

1. Mendekatkan hubungan orangtua dan anak

Mengantarkan anak untuk bersekolah di hari pertama bukan hanya sekedar mengantarkan ke gerbang sekolah, tapi juga memulai komunikasi dengan anak. Memberikan kenyamanan kepada anak, karena bisa saja anak merasa gugup dan takut. Sebagai orangtua bisa menceritakan pengalaman mereka saat masuk sekolah pertama kali untuk menghilangkan rasa gugup serta memberikan motivasi belajar kepada si Kecil.

2. Memulai komunikasi yang baik antara orangtua dan sekolah

Hari pertama sekolah merupakan saat yang tepat bagi orang tua untuk mulai menjalin komunikasi dengan sekolah, guru serta lingkungan, bahkan sesama orang tua murid. Karena anak akan banyak menghabiskan banyak waktu di sekolah, maka tak jarang kita sebagai orangtua ingin mengenal seluk beluk sekolah dengan lebih baik. Kenali siapa wali kelasnya, guru-guru yang akan mengajar, bagaimana sistem pengajarannya, dan lain sebagainya. Dengan mengenal lingkungan sekolah dengan baik, maka Anda juga bisa memberikan dukungan kepada si Kecil.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Si Kecil tentunya akan memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, terutama jika ia memasuki lingkungan sekolah yang benar-benar baru. Proses adaptasi membutuhkan rasa percaya diri, untuk berkenalan dengan teman-temannya. Anak yang terlihat percaya diri dalam keseharian belum tentu bisa memiliki tingkat kepercayaan diri yang sama saat menjalani hari pertama masuk sekolah. Untuk itu perlu adanya pendampingan dari orangtua dan orang-orang terdekat untuk bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri dan mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Ajak anak agar lebih terbuka dan menceritakan tentang segala hal yang terjadi selama di sekolah. Tanyakan apakah ada masalah yang dihadapi? Bagaimana teman sebangkunya? Bagaimana suasana kelasnya? Dengan demikian Anda bisa memantau semua perkembangan si Kecil. Yuk siapkan kebutuhan sekolah dengan baik dan antarkan anak di hari pertama mereka mulai sekolah!