Tips Memilih Merk Panci Kukus yang Bagus

0
2281
merk panci kukus yang bagus

Memasak adalah kegiatan yang erat hubungannya dengan kebutuhan sehari-hari yaitu makan dan anda harus pintar memilih merk panci kukus yang bagus. Tentunya, kenyamanan dalam memasak ditentukan oleh peralatan dan perlengkapan memasak yang tersedia terutama pancinya.

Panci sendiri merupakan salah satu dari berbagai jenis peralatan memasak yang terbuat dari logam. Panci biasanya berbentuk silinder dan agak mengecil pada bagian bawahnya. Umumnya, panci memiliki gagang baik itu gagang tunggal maupun gagang yang terdapat di kedua sisinya. Fungsi dari adanya gagang tersebut adalah untuk mempermudah mengangkat panci.

Ruparupa Banner

Jenis-jenis panci yang dapat digunakan untuk memasak pun beragam. Ada panci yang biasa digunakan untuk menggoreng ada pula panci kukusan yang biasa digunakan untuk memasak makanan dengan menggunakan metode kukus.

Belakangan, tren gaya hidup sehat kembali dikampanyekan, salah satunya adalah dengan mengubah cara memasak makanan yang digoreng menjadi dikukus karena dianggap lebih sehat untuk tubuh dan menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh makanan gorengan.

Panci kukusan bekerja dengan memanfaatkan uap panas yang didapat dari hasil proses pendidihan air di dalam panci kukusan tersebut untuk memasak makanan. Mengukus makanan hingga matang memang membutuhkan waktu yang lebih lama karena suhu yang digunakan tidak begitu tinggi dan harus terjadi proses mendidihnya air terlebih dahulu sebelum uapnya bekerja untuk memasak makanan.

Meskipun membutuhkan proses memasak yang lebih lama, memasak dengan panci kukus memiliki beberapa keuntungan seperti tidak rusaknya nutrisi yang terkandung di dalam makanan serta menghasilkan makanan seperti ikan atau daging dengan tekstur yang lembut.

Untuk mendapatkan hasil olahan makanan kukus yang maksimal, panci kukus yang Anda gunakan tentu harus bagus dan berkualitas. Oleh sebabnya, perlu sekali untuk mengetahui tips memilih merk panci kukus yang bagus dan berkualitas supaya nyaman digunakan serta bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang alias awet. Yuk kita simak bersama-sama!

Baca Juga:   Ini Cara Membersihkan Slow Cooker Agar Tahan Lama

Tips Memilih Merk Panci Kukus yang Bagus

1. Memilih Panci Kukus Berdasarkan Tipe Pot-nya

Krischef Set 2 Pcs Panci Kukus Dengan Saringan

Panci kukus terdiri dari dua jenis secara umum yaitu plate type dan pot type. Masing-masing jenis panci kukus ini memiliki kelebihan dan manfaatnya tersendiri meskipun sama-sama berfungsi untuk mengukus masakan Anda.

Pertama adalah plate type. Panci kukus plate type cocok untuk Anda yang baru akan mencoba memasak menggunakan metode kukus, panci kukus plate type juga dapat langsung digunakan dengan mudah. Kekurangannya adalah Anda tidak bisa memasak dalam jumlah besar karena air yang dapat ditampung di dalam panci tersebut tidak begitu banyak. Panci kukus plate type hanya cocok jika digunakan untuk memasak porsi kecil misalnya satu atau dua orang saja.

Kedua adalah pot type. Bagi Anda yang memasak dengan cara mengukus makanan untuk seluruh anggota keluarga, maka panci kukus jenis pot type ini sangat cocok karena memiliki daya tampung yang besar. Jenis panci kukus ini terdiri dari dua bagian dimana bagian bawah adalah tempat untuk menampung air untuk direbus dan bagian satu lagi adalah tempat untuk meletakkan bahan makanan yang akan dikukus.

Salah satu merk panci kukus yang bagus dan berkualitas dan berjenis pot type adalah Estella. Panci kukus Estella terbuat dari material penyusun yang berkualitas tinggi sehingga panas yang dihasilkan akan lebih cepat serta tersebar secara merata. Masakan Anda tentunya akan lebih cepat matang dengan sempurna.

Baca Juga:   18 Alat Elektronik Rumah Tangga untuk Keseharian

2. Memilih Panci Kukus Berdasarkan Ukuran yang Sesuai

Krischef 21 Cm 2.3 Ltr Eco Panci Kukus Microwave

Tips berikutnya dalam memilih merk panci kukus yang bagus dan berkualitas adalah Anda harus tahu seberapa besar ukuran panci kukus yang Anda inginkan dan Anda butuhkan. Tentunya, sesuaikan juga dengan tempat penyimpanan yang tersedia di rumah Anda.

Sama seperti panci yang biasa digunakan untuk menggoreng, panci yang digunakan untuk mengukus juga terdiri dari beragam ukuran sehingga pemlihan merk panci kukus yang bagus dan berkualitas tergantung dari seberapa besar Anda membutuhkan panci kukus tersebut untuk memasak.

Krischef 22 Cm Panci Kukus Guavana – Pink

Salah satu rekomendasi merk panci kukus yang bagus dan berkualitas adalah Krischef. Salah satu produk andalannya adalah panci kukus Guavana berdiameter 22 cm berwarna pink. Panci ini terbuat dari material enamel yang berkualitas, lengkap dengan tutup panci berbahan kaca dan piringan kukus stainless. Selain karena bahannya yang berkualitas, panci kukus ini banyak diminati karena bentuknya yang sangat stylish.

Itulah tadi beberapa tips sederhana memilih merk panci yang bagus dan berkualitas. Intinya hanya memilih panci kukus sesuai dengan kebutuhan Anda. Semua merk panci kukus yang bagus dan berkualitas bisa Anda beli di ruparupa.com. Disana, tersedia beragam merk panci kukus yang bagus dan menggunakan material yang terpercaya dan aman digunakan.

Di sana, Anda akan menemukan beragam jenis panci dari berbagai bahan penyusun dengan harga yang bervariasi dan tinggal Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Anda juga tidak perlu ragu untuk mempercayakan kebutuhan sehari-hari Anda seperti membeli panci kukus di ruparupa karena ruparupa sudah terpercaya menangani konsumennya dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Semoga informasinya bermanfaat!

Editor: Sharon Suryaatmadja