Tips Memilih Matras Yoga Yang Bagus

0
260
matras yoga yang bagus

Olahraga yoga saat ini memiliki penggemar yang cukup banyak dan ada matras yoga yang bagus. Olahraga yang identic dengan melatih konsentrasi dan kelenturan otot tubuh ini memang memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Mulai dari melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, melatih kekuatan dan kelenturan otot, membuang racun dalam tubuh, meningkatkan konsentrasi, hingga membentuk postur tubuh menjadi lebih bagus.

Dalam pelaksanaannya, olahraga yoga ini membutuhkan sebuah peralatan yaitu matras. Matras merupakan alas yang biasa dipakai dalam kegiatan olahraga. Olahraga yang biasa menggunakan matras contohnya adalah senam lantai dan juga yoga. Kedua jenis olahraga ini memang terkenal dengan gerakan –gerakan yang memungkinkan bagian tubuh berhubungan langsung dengan lantai. Itu sebabnya olahraga ini membutuhkan alas seperti matras.

Fungsi matras

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, matras adalah sebuah alas yang biasa digunakan dalam olahraga seperti yoga. Karena seperti diketahui, olahraga yoga ini merupakan gerakan olahraga dengan gerakan yang memungkinkan anggota tubuh bersentuhan langsung dengan lantai. Untuk itu dibutuhkan sebuah alas yaitu matras dengan tujuan untuk melindungi agar bagian tubuh tidak langsung berhubungan dengan lantai.

Berwyn Matras Yoga Single Layer Weave- Pink

Dengan uraian tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa matras dalam olahraga yoga ini berfungsi melindungi anggota tubuh agar tidak langsung berhubungan dengan lantai dari kemungkinan cidera. Dengan menggunakan  matras, juga bisa menghindarkan kemungkinan terpeleset, tergelincir, yang diakibatkan oleh gerakan yang dilakukan dalam olahraga yoga ini.

Gerakan yoga sendiri merupakan gerakan yang sangat bervariasi. Ada berbagai gerakan yang dilakukan, mulai dari duduk, berbaring, terlentang, berdiri, hingga gerakan tubuh terbalik. Dengan demikian sangat besar kemungkinan akan terjadi kecelakaan seperti terkilir, terpeleset, tergelincir, dan lain sebagainya.Maka matras yang digunakan di sini harus bisa melindungi bagian-bagian tubuh dari kemungkinan cidera akibat gerakan-gerakan tersebut.

Bahan matras

Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Biru

Matras sendiri terbuat dari bahan yang bermacam-macam. Biasanya setiap bahan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Untuk itu, dalam memilih matras, terlebih dahulu anda harus menentukan, untuk keperluan apa matras tersebut. Selain itu, anda juga harus mengetahui ciri serta sifat dari masing-masing bahan pembuat matras. Sehingga nantinya anda bisa mendapatkan matras dari bahan yang benar-benar sesuai dengan keperluan anda.

Untuk keperluan olahraga yoga, anda harus memilih matras yang bisa melindungi anggota tubuh dari kemungkinan cidera yang terjadi. Bagian-bagian tubuh yang sering mengalami cidera biasanya adalah pergelangan tangan dan kaki, lutut, dan juga tulang belakang. Gerakan yoga yang bervariatif, juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih bahan matras. Bahan untuk membuat matras diantaranya adalah.

  1. PVC. Bahan PVC ini merupakan bahan pembuat matras dengan harga yang paling terjangkau. Matras dengan bahan ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Kelebihan dari bahan PVC ini selain murah adalah pilihan warna yang banyak dan menarik. Namun bahan PVC ini rentan terhadap air, sedikit keras,  serta memiliki bau khas yang berisiko terhadap alergi.
  2. NBR. Bahan matras ini memiliki kelebihan berupa tekstur yang empuk dan lentur. Dengan demikian bahan ini sangat cocok untuk olahraga yoga karena bisa melindungi bagian-bagian tubuh dari kemungkinan sakit dan cidera akibat bersentuhan langsung dengan lantai. Sayangnya,matras dengan bahan ini memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran.
  3. Karet. Melihat bahannya, matras dari karet memiliki kelebihan yaitu memiliki kelenturan yang cukup tinggi, empuk atau lunak, kuat, anti selip dan anti tergelincir, serta ramah lingkungan. Kelemahan dari bahan ini adalah bahan cukup berat sehingga kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain itu karet juga bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang tertentu.
  4. Microfiber. Bahan matras ini merupakan bahan matras yang paling banyak dipakai. Memiliki kelebihan dari tesktur yang empuk, padat, mampu menyerap air sehingga terhindar dari kemungkinan tergelincir akibat keringat. Selain itu matras dari bahan microfiber ini memiliki banyak pilihan warna cerah dan menarik. Sayangnya, matras dari bahan ini memilki ketebalan yang sedikit tipis, sehingga tidak bisa melindungi tubuh dari kerasnya lantai.

Tips memilih matras yang bagus

Setelah mengetahui bahan-bahan matras dengan kelebihan dan kekurangannya, maka anda bisa memilih matras  yang cocok dan bagus untuk yoga. Untuk olahraga yoga, anda bisa memilih matras dengan tips sebagai berikut:

  1. Memiliki ketebalan yang cukup, sehingga bisa melindungi bagian tubuh dari kerasnya lantai.
  2. Terbuat dari bahan yang bisa menyerap air dengan cepat, sehingga bisa menyerap keringat dan terhindar dari kemungkinan tergelincir.
  3. Memiliki tekstur yang empuk sehingga tidak menimbulkan lecet di kulit.
  4. Terbuat dari bahan yang tidak menimbulkan alergi bagi penggunanya.
Champs blok yoga eva

Untuk mendapatkan matras yoga yang bagus dan dengan harga yang terjangkau, anda bisa berbelanja di ruparupa.com Di sini tersedia berbagai pilihan warna yang menarik dan juga bahan material yang bagus, serta harga bervariasi mulai dari yang paling murah hingga harga tinggi, yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda.

Editor: Ariel Natasya