7 Tips Membuat Ruangan Multifungsi di Apartemen Studio

0
1419
ruangan multifungsi
Sumber: Ruparupa.com

Tinggal di apartemen studio memang tidak menyediakan banyak ruangan yang bisa kita gunakan karena keterbatasan luas. Meski begitu, kita tetap bisa produktif dalam mengerjakan sesuatu di dalamnya, termasuk bekerja.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan keterbatasan ruangan di dalam apartemen tersebut adalah dengan membuat ruangan multifungsi.

Ruparupa Banner

Ruangan ini akan menjadi tempat yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Jadinya. kamu bisa mengerjakan beberapa kegiatan dalam satu ruangan, seperti ruang tamu sekaligus ruang makan, bahkan bisa juga menjadi ruang kerja.

Langkah Membuat Ruangan Multifungsi Minimalis

Lalu, bagaimana cara membuat ruangan multifungsi minimalis ini? Berikut telah kami rangkum langkah mudah agar bisa memaksimalkan ruangan multifungsi di apartemen studio.

1. Gunakan meja lipat

Untuk membuat apartemen tampak luas, tentu kita membutuhkan perabot yang mudah dipindah-pindahkan. Salah satunya adalah meja lipat.

Dengan meja ini, kamu tidak perlu memiliki banyak banyak yang dibedakan berdasarkan fungsinya, seperti meja makan, meja kerja, atau meja tamu.

Selain itu, satu meja multifungsi ini bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan, mulai dari makan hingga bekerja.

Apalagi, meja lipat cukup fleksibel karena bisa kamu buka atau tutup, terutama jika tidak kamu gunakan, seperti rekomendasi produk berikut ini.

meja lipat
Selma Lazio Set Meja Lipat Serbaguna 2 Kursi – Cokelat

Beli di sini

meja lipat
Lexi Set Meja Lipat Serbaguna 2 Kursi

Beli di sini

2. Pakai kursi yang nyaman

Dalam memilih kursi, pastikan kembali bahwa kursi tersebut memiliki dudukan yang nyaman sehingga tidak menyakiti bagian punggung belakang kamu. Jadinya, kamu bisa menggunakan kursi untuk berbagai aktivitas, termasuk buat kerja.

Baca Juga:   4 Tips Cegah Gelas Kaca Pecah Saat Dituang Air Panas

Untuk menjaga tubuh tetap tegak, kamu bisa memilih kursi yang memiliki sandaran punggung, seperti produk berikut ini.

kursi
Neo Dacey Kursi – Putih

Beli di sini

3. Posisikan meja ke area yang nyaman

Bila kamu menggunakan meja mini bar yang multifungsi, sebaiknya posisikan meja ke area yang nyaman.

Kamu bisa meletakkannya di tengah antara dapur dan ruang keluarga, lalu letakkan dengan arah menghadap jendela untuk melihat pemandangan. Jadinya, kamu bisa lebih mudah mengganti suasana kerja dan makan.

Namun, bila menggunakan meja lipat yang bisa kamu pindahkan, sebaiknya letakkan meja di dekat dapur agar lebih mudah digunakan saat sedang makan.

ruangan multifungsi
Sumber: Freepik

4. Letakkan karpet tebal dan lembut

Di bagian tengah apartemen, kamu bisa meletakkan karpet tebal yang nyaman. Hal ini bberguna agar kamu tidak jenuh berada di ruangan sempit.

Kamu bisa menjadikan area karpet sebagai tempat duduk lesehan, sebagai pengganti sofa atau alas berbaring yang nyaman di ruangan kamu untuk sekedar istirahat atau membaca buku.

Berikut ini kami memiliki rekomendasi karpet yang bisa kamu gunakan.

karpet bulu
Karpet 120×170 Cm Bulu M8 – Krem

Beli di sini

karpet bulu
Karpet 120×170 Cm Bulu M8 – Hijau

Beli di sini

5. Gunakan air purifier

Apartemen tipe studio umumnya tidak memiliki sekat ruangan. Tidak heran bila area dapur akan terhubung dengan ruang tamu dan menyebarkan aroma masakan ke sana. Hal ini terkadang bisa mengganggu konsentrasi apalagi saat bekerja.

Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan air purifier, seperti produk di bawah ini, untuk memfilter udara di dalam apartemen kamu.

Baca Juga:   Tips Memilih Produk Slow Cooker Untuk Kebutuhan Dapur Masak Anda

Alat ini akan menyebarkan udara yang lebih bersih sekaligus menyaring bau yang berasal dari dapur.

air purifier
Kris Penjernih Udara Vk-6080b

Beli di sini

6. Sediakan colokan listrik kabel yang panjang

Kecenderungan sebuah apartemen studio adalah tidak memiliki  banyak colokan listrik yang memadai. Untuk itulah,  kamu akan sangat memerlukan stop kontak dengan kabel panjang, yang memiliki banyak colokan yang bisa kamu gunakan.

Selain praktis dan bisa kamu pindahkan, colokan listrik kabel ini juga akan memastikan agar kamu tidak akan kesulitan dalam mencari sambungan listrik saat bekerja.

Nah, kami punya rekomendasi colokan listrik yang aman dan praktis kamu gunakan di rumah.

colokan listrik kabel
Krisbow Stop Kontak 5 Soket – Merah – Bisa memudahkan kamu yang membutuhkan sambungan energi listrik

Beli di sini

stop kontak
Krisbow Stop Kontak 6 Socket Dengan Tombol On/off Kr-4368 – Putih

Beli di sini

7. Gunakan perlengkapan kantor yang mudah dipindahkan

Tinggal di sebuah apartemen studio memaksa kita untuk hidup lebih minimalis. Apalagi, bila kamu tidak bisa meletakkan banyak furnitur yang berguna dalam kehidupan.

Untuk itulah, kamu harus benar-benar memaksimalkan kinerja kamu dengan hanya menggunakan alat yang praktis. Salah satunya adalah perlengkapan kantor yang mudah untuk dipindahkan, seperti notebook, laptop, dan pena.

Jadinya, kamu bisa bekerja di mana saja di dalam rumah sehingga kamu pun bisa mendapatkan sausana baru.

peralatan kantor
Sumber: Freepik

Nah, itu dia beberapa tips membuat ruangan multifungsi di apartemen tipe studio yang bisa kamu terapkan.

Bagi kamu yang sedang menjadi berbagai perabotan rumah dengan bahan-bahan berkualitas, kamu bisa berkunjung hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti lemari, sofa, dan lain-lain dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.