10 Desain Ruang Tamu Lesehan Japandi yang Nyaman dan Fungsional

0
3255
Desain runag tamu lesehan japandi
Source: behance.net/DT Interior design

Sejak tahun 2017, desain interior bergaya Japandi, yang menggabungkan elemen Jepang dan Scandinavian, menjadi favorit banyak negara, termasuk di Indonesia. Konsep yang membawa keseimbangan pada hunian ini kerap digunakan pada area tamu. Salah satunya yang populer adalah desain ruang tamu lesehan Japandi.

Umumnya, desain ruang tamu ini mengungsung nilai minimalis dan fungsional. Tidak heran bila rumah terasa lebih nyaman dan tetap estetik.

Ruparupa Banner

Lalu, seperti apa model ruang tamu lesehan dengan gaya Japandi? Kali ini, Ruparupa akan akan mengajak Anda untuk melihatnya lebih dekat. Simak, yuk!

Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Japandi yang Fungsional

Desain Ruang Tamu Lesehan Japandi dengan Warna Monokrom

Desain ruang tamu japandi
Source: storynorth

Salah satu skema warna yang sempurna untuk menciptakan gaya Japandi adalah monokrom. Padukan sofa berbahan kulit warna hitam dengan meja dari material kayu cokelat agar terlihat lebih elegan.

Lalu, memberikan sentuhan lembut pada desain Anda, seperti memakai sarung bantal abu-abu muda, agar memberikan kenyamanan yang maksimal. 

Berikut ini kami punya rekomendasi meja kayu minimalis dan fungsional yang bisa Anda gunakan.

Meja kayu
Nordika meja tamu cokelat kayu dengan dimensi 100 x 40.3 x 55 cm

Beli di sini

Perpaduan Warna Putih dan Elemen Kayu yang Kental dengan Nuansa Jepang

Desain runag tamu lesehan japandi
Source: behance.net/DT Interior design

Bila Anda mencari inspirasi desain ruang tamu yang kental dengan nuansa Jepang, Anda bisa mencoba dekorasi seperti di atas.

Anda bisa memilih sofa berwarna putih dipadukan dengan meja rendah dan tempat duduk lesehan ala Jepang. Inilah yang membuat desain ruang tamu terlihat lebih menawan.

Anda pun bisa dengan nyaman bersantai di sore hari sembari menyeruput teh hangat favorit. Lengkapi dekorasi minimalis tersebut dengan satu set cangkir dan teko yang estetik, seperti rekomendasi berikut ini.

Set cangkir
Appatite set teko cangkir teh lily warna putih.

Beli di sini

Ruang Tamu Split Level Bergaya Japandi yang Hangat dan Nyaman

Desian ruang tamu lesehan japandi
Source: Home designing

Konsep ruangan split level adalah teknik yang menciptakan ruangan baru dengan cara mengubah ketinggian lantai. Hasilnya, seolah terdapat dua ruangan dalam satu tempat.

Baca Juga:   10 Inspirasi Lemari Bawah Tangga yang Multifungsi

Gaya rumah ini terasa semakin sempurna dengan mengaplikasikan kayu pada bagian lantai. Lalu, Anda bisa memadukan furnitur meja chabudai atau meja berkaki pendek dan bantal lantai Zabuton pada bagian ruangan yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk ruangan yang satunya, Anda bisa memadukan sofa cokelat senada dengan rak buku minimalis, seperti inspirasi desain pada gambar di atas.

Nuansa Scandinavian dengan Dominasi Cat Dinding Warna Putih yang Memesona

Japandi desain interior
Source: Home designing

Perpaduan warna putih dan hitam cocok memang cocok untuk segala jenis gaya rumah, termasuk desain interior Japandi.

Agar semakin sempurna, Anda bisa melengkapinya dengan meja kopi berbentuk geometris atau bulat berwarna hitam dan kursi kayu cokelat tua. Lalu, letakkan kursi lantai  di atas karpet bermotif garis-garis warna abu-abu dan putih senada.

Untuk menambah kesegaran, Anda bisa meletakkan tanaman hijau pada sudut rumah. Jika suka Anda bisa menggunakan pot tanaman berukuran kecil, yang bisa disusun pada rak besi agar terlihat lebih estetik.

Ruang Tamu Japandi Serba Putih pada Dinding dan Perabotan

Desain ruang tamu lesehan
Source: Pixabay

Salah satu keunggulan dari ruangan dengan konsep Japandi adalah selalu terlihat rapi.  Apalagi, desain satu ini mengaplikasikan interior bergaya minimalis dan sederhana, tanpa detail yang berlebihan.

Biasanya, fungsi interior lebih diutamakan dalam gaya interior Japandi, seperti penggunaan furnitur meja dengan ekstra penyimpanan, sofabed, serta lampu lantai.

Gaya satu ini pun juga paling banyak menggunakan perabot dan cat dinding putih karena bisa membuat ruangan terlihat lebih terang dan terasa luas.

Untuk mempercantiknya, Anda bisa mengaplikasikan dekorasi warna coklat muda, seperti bantal lantai. Jadinya, ruangan ini bisa tetap nyaman sebagai tempat lesehan.

Perpaduan Warna Hitam,  Abu-abu, dan Putih Bikin Ruang Tamu Terlihat Manis

Desain ruang tamu Lesehan japandi
Source: snappygoat

Gaya Japandi memang merupakan konsep yang selalu mengutamakan fungsi, penghematan ruang, dan pemilihan warna netral, seperti abu-abu, hitam, dan putih.

Salah satunya adalah inspirasi gambar di atas. Desain ruang tamu tersebut menggunakan furnitur minimalis berwarna hitam. Lalu, dipadukan dengan dekorasi sederhana, seperti karpet bulu dan bingkai foto pada dinding. Tambahkan juga bantal kecil untuk tempat duduk lesehan.

Desain Interior Jepang dan Skandinavia dengan Warna Abu-abu 

Desain ruang tamu lesehan japandi
Source: Sofa Indivi from BoConcept.

Gaya desain japandi memang menciptakan tren interior yang sempurna, tanpa harus ribet. Anda hanya perlu memilih furnitur fungsional dengan warna-warna yang netral untuk membuatnya tampak estetik.

Baca Juga:   4 Model Sofa Tema Japandi yang Menawan

Misalnya, memadukan sofa bed warna abu-abu dengan meja tamu pendek warna putih, seperti gambar di atas. Tambahkan juga bantal lantai agar Anda bisa duduk dengan lebih nyaman.

Untuk melengkapi gaya ini, Anda dapat menghadirkan dekorasi sederhana menggunakan pot berwarna putih sebagai pemanis.

Mengaplikasikan Furnitur Kayu dan Sofa Putih di Ruang Tamu 

Desain japandi
Source: jordlinghome

Saat ini, banyak pilihan dekorasi minimalis Japandi yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah perpaduan meja kayu yang artistik dengan sofa warna putih keabu-abuan dan bantal lantai berwarna cokelat muda, seperti ilustarsi di atas.  

Untuk menciptakan suasana yang lebih hangat, Anda bisa menyertakan aksen alami dengan memakai tanaman hias. Pilih pot tanaman berwarna cokelat agar terlihat semakin elegan.

Desain Ruang Tamu Japandi Serba Cokelat Muda

Japandi
Source: dbrain-studio

Salah satu perpaduan tema interior yang paling menonjol dari Japandi style yaitu, menggabungkan perabot fungsional Scandinavian dengan elemen klasik ala Jepang. 

Seperti gambar di atas, yang memadukan meja pendek warna cokelat dan hitam dengan bangku kayu putih untuk menciptakan kesan minimalis. Dengan model perabot sederhana, gaya satu ini bisa menghadirkan suasana yang nyaman dan tenang. 

Warna Nude dan Elemen Kontemporer Menyatukan Gaya Japandi yang Sesungguhnya

DESAIN RUANG TAMU LESEHAN JAPANDI
Source: storynorth

Kombinasi warna nude dengan dekorasi kontemporer bisa menciptakan estetika ruangan minimalis yang kental dengan gaya Japandi.

Seperti gambar di atas, yang memadukan sofa berwarna abu-abu dengan lantai kayu cokelat, serta hiasan berwarna putih dan hitam. Tentunya, dekorasi ini terlihat semakin cantik dengan meja kopi hitam dan tanaman hijau.

Anda juga bisa menambahkan karpet dan bantal kecil, serta tambahkan meja kecil warna hitam agar Anda dapat duduk di lantai dengan lebih nyaman.

Itu dia beberapa inspirasi desain ruang tamu ala Japandi. Pastikan juga untuk menyeimbangkan warna gelap dan terang di dalam ruangan, agar menghasilkan desain ruang tamu yang menyegarkan. Jangan ragu untuk mencoba sampai menemukan gaya yang tepat untuk Anda.

Dari desain ruang tamu yang dijelaskan, terlihat jelas bukan kalau desain ruang tamu lesehan Japandi mengambil dua elemen yaitu menciptakan kehangatan, kesederhanaan, tampilan minimalis, dan fungsionalitas.

Agar lebih mudah merangkul gaya ini pada hunian Anda, sempurnakan dengan furnitur minimalis terbaik yang bisa Anda temukan di Ruparupa. Platform belanja yang menghadirkan brand-brand dari Kawan lama Group.