7 Tips Aman Belanja Online dan Terjamin Keasliannya

0
1813
tips aman belanja online terpercaya
Sumber: Pexels.com

Penipuan dan pemalsuan barang merupakan hal yang marak terjadi setiap belanja online. Permasalahan ini tentunya bukan hanya merugikan konsumen, tetapi juga pemilik hak cipta dan perekonomian negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, sejak tahun 2006 lalu, Departemen Perdagangan Amerika Serikat  bahkan secara rutin menerbitkan daftar marketplace yang diduga menjual barang-barang palsu setiap tahunnya guna meningkatkan kewaspadaan.

Ruparupa Banner

Cara Belanja Online Paling Aman

tips aman belanja online
Sumber: Unsplash.com

Nah, untuk menghindari membeli barang-barang palsu, kamu juga bisa mengikuti tips belanja online yang aman dan terpercaya berikut ini.

1. Riset Barang yang Dibeli

Sebelum membeli suatu barang, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Jadinya, kamu pun bisa mengetahui ciri-ciri keaslian suatu barang, ketersediaan stok di toko online lain, dan harga di pasaran.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan. Apalagi, jika kamu kurang memahami barang yang dibeli. 

2. Perhatikan Gambar Produk

Berdasarkan hasil riset tersebut, kamu bisa mengetahui juga keaslian dari gambar produk yang ditawarkan di toko online.

Jika terdapat perbedaan dari gambar yang satu dengan gambar lainnya, maka kamu boleh curiga terhadap keaslian barang yang ditawarkan. Apalagi, kalau harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari toko lain.

Baca Juga:   Pesta Cashback Hingga Rp 5.000.000

3. Cek Deskripsi Barang Terlebih Dahulu

Saat mencari barang yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu membaca secara teliti keseluruhan deskripsi. Terkadang, apa yang terdapat pada gambar produk berbeda dengan kondisi asli barang, lho.

Untuk itulah, penting membaca secara teliti deskripsi barang yang akan dibeli, terutama bila kamu belanja secara online.

4. Perhatikan Ulasan Pembeli

Selain deskripsi, kamu juga bisa mengetahui kualitas dan keaslian barang dari ulasan para pembeli.  Meski begitu, berhati-hatilah dengan ulasan palsu yang ada di toko online tersebut. 

Biasanya, ulasan palsu menggunakan kalimat berlebihan, yang tidak masuk akal dan gambar produk dari toko lain.

Selain itu, mereka kerap menyebutkan nama produk secara berulang-ulang. Jadi, pastikan kamu jeli dan cermat ya!

5. Cek Harga Produk

Memang, tidak semua harga murah sama dengan barang palsu. Namun, jangan sampai kamu tergiur harga yang lebih murah. Kamu bisa melakukan perbandingan harga dengan penjual lain terlebih dahulu.

Nah, kalau harga yang ditawarkan ternyata di bawah pasaran, maka kamu boleh lebih waspada dan mencurigai kalau produk tersebut adalah palsu dan memiliki kualitas rendah.

Baca Juga:   5 Tips Belanja Online Saat Harbolnas 2016

6. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Ketika belanja online, hindari memakai metode pembayaran yang tidak jelas dan tidak tersedia pada pilihan marketplace tersebut.

Pastikan kamu  tidak langsung masuk membayar ke penjual, tetapi melalui perusahaan marketplace tersebut. Jika barang yang kamu terima tidak sampai dan tidak sesuai, kamu tetap bisa mendapatkan jaminan uang kembali.

Kamu juga bisa menggunakan metode pembayaran COD (Cash on Delivery) atau pembayaran di tempat agar kegiatan belanja semakin aman.

cash on demand
Sumber: Pexels.com

7. Pastikan Membeli di Toko Online Terpercaya

Langkah terakhir yang paling penting adalah memastikan bahwa toko online yang kamu kunjungi terpercaya. Kamu bisa melakukan pengecekan terhadap toko online dengan menggunakan media sosial. 

Toko online terpercaya biasanya berinteraksi aktif dengan pelanggan, memiliki asal usul yang jelas,  menyediakan rekening bank nasional, dan sering melakukan review produk maupun live broadcast, seperti di ruparupa.com

Situs belanja online ini menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga dan perabot berkualitas dari merek ternama miliki Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi

Tentunya, produk yang ditawarkan sudah terjamin keasliannya. Kamu pun tidak perlu khawatir lagi mendapatkan barang yang berbeda dari gambar.

Yuk, pastikan kamu belanja online secara aman dan selalu berhati-hati dengan keaslian barang yang ingin dibeli.