Zaman serba mudah seperti saat ini, belanja online sudah menjadi suatu kebiasaan bahkan rutinitas. Terbukti dengan maraknya e-commerce yang berlomba-lomba menjadi one stop online shopping. Mulai dari yang menawarkan perlatan rumah tangga dan furnitur seperti Ruparupa, hingga belanja bulanan dan pulsa. Dari yang asli karya anak negeri hingga hybrid dengan pendanaan third party.

Belanja online? Suka aja. Karena lebih leluasa pilih produk yang di suka tanpa didampingi SPG/SPB, leluasa browsing jam berapa saja. Walau kadang suka zonk juga, pesanan tidak sesuai ekspektasi. -Metta Pranata, karyawan swasta-

Belanja online bisa jauh lebih murah. Banding-banding harganya jadi mudah. -Dillen hardijanto, entrepreneur Ritme Leather Goods-

Pilihannya lebih lengkap sih di online. Ada software-software yang ga masuk Indonesia soalnya. -Prawira, Music Arranger-

Praktis dan bisa menghemat bujet belanja, dua hal inilah yang biasanya digadang-gadang oleh berbagai situs favorit Anda. Di samping adanya tambahan biaya kirim bahkan pajak untuk beberapa e-commerce luar negeri, belanja online tetap jadi favorit masyarakat masa kini. Jadi belanja online sudah pasti murah itu mitos atau fakta? Yuk cek kebenarannya dengan 5 tes berikut.

1. Apakah e-commerce pilihan Anda menyediakan banyak pilihan inspirasi belanja?

Belanja Online

Semakin besar toko online, maka semakin banyak varian produk yang di tawarkan. Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya, sebelum menjatuhkan pilihan. Telusuri semua inspirasi dan tandai dengan icon favorite atau wishlist. Tak mau kan menyesal karena ada opsi lain yang menurut Anda lebih baik setelah selesai belanja. Apalagi jika produk yang ingin di beli tergolong cukup besar dan vokal, seperti furnitur. Banding-banding bisa menjadi langkah pertama sebelum membeli online.

2. Apakah e-commerce pilihan Anda di dukung dengan jaringan kuat untuk menyediakan barang berkualitas (Plus after sales service yang memadai)?

Belanja Online

Selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah kualitas. Apakah toko online memiliki review baik dan produk bergaransi. Jika membeli produk elektronik, pastikan juga mereka menyediakan fasilitas after sales atau service center yang mumpuni. Hal penting yang juga perlu anda cek adalah apakah Toko Online tersebut didukung toko Offline/fisik yang besar dan terpercaya sehingga memudahkan anda untuk menikmati fasilitas after sales yang disediakan. 

3. Apakah e-commerce pilihan Anda menyediakan pilihan lengkap untuk belanja lebih hemat?

Setelah menjatuhkan pilihan, mulai lah menghitung total belanja Anda. Simulasikan harga produk pilihan dengan voucher diskon, penawaran cashback, voucher gratis pengiriman, hingga flash sale 12.12 misalnya. Temukan formula terhemat untuk produk yang akan di beli.

4. Apakah e-commerce pilihan Anda memiliki cara pembayaran yang beragam?

Manfaatkan kartu kredit favorit Anda untuk mendapatkan tambahan diskon. Biasanya, e-commerce menyediakan penawaran partner belanja yang dapat menambah hemat belanja Anda. Semakin menarik dan menguntungkan tentunya.

5. Apakah e-commerce pilihan Anda didukung oleh tim Customer Service yang handal?

Sebagai tambahan, carilah FAQ nomor customer service e-commerce atau kontak toko marketplace tempat Anda belanja. Apabila terjadi kesalahan penulisan alamat pengiriman, dll, Anda dapat dengan mudah mencari solusinya.

Jika menemukan lebih dari 3 poin kesamaan pada e-commerce pilihan Anda, maka belanja online sudah pasti hemat adalah fakta*

*Untuk produk tertentu, dibandingkan dengan belanja di toko offline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here