7 Tips Memilih Barang Original di Situs Belanja Online

0
648
tips memilih barang original
Sumber: Freepik

Menggunakan barang original mungkin menjadi kebanggaan bagi sebagian orang. Sayangya, memilih barang yang asli tidaklah mudah, apalagi jika berbelanja di situs online.

Saat berbelanja online, kita pun sering mendapatkan kualitas produk tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera. Bahkan, berbanding terbalik dengan produk asli yang kita temui pada toko konvensionalnya.

Ruparupa Banner

Tips Memilih Barang Original

Lalu, bagaimana cara memilih barang original di situ belanja online untuk menghindari kekecewaan dan tetap aman? Berikut kami berikan beberapa tips yang harus kamu lakukan saat membeli barang secara online. 

1. Perhatikan rating dan review

Sebelum membeli barang di sebuah situs belanja, lebih baik kamu membaca rating review review yang orang lain berikan, terutama jika ada rating jelek.

Meski hal ini tidak bisa menjamin, tetapi cara ini bisa menjadi langkah awal yang dapat menjadi pertimbangan kamu untuk membeli di toko online tersebut.

2. Pilih seller terpercaya

Pastikan untuk membeli pada seller terpercaya atau yang sudah mendapatkan verifikasi keaslian brand.

Sekedar informasi, sekarang sudah banyak merek lokal, yang terdaftar pada situs belanja online. 

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menggunakan barang palsu, ya. Dengan menggunakan merek lokal, kamu juga sekaligus membantu meningkatkan perekonomian nasional, loh.

Baca Juga:   E-commerce ini Terus Mengatakan Mereka Setia Hadir di Tiap Tahap Kehidupan Anda
memilih barang original
Sumber: Freepik

3. Bandingkan harga

Pastikan juga untuk selalu membandingkan harga produk asli dengan yang ada di situs belanja e-commerce. Hindari tergiur dengan potongan harga yang tidak masuk akal.

Umumnya, barang asli tidak akan memberikan potongan harga yang melebihi 30-40% dari harga normal, kecuali saat menghabiskan stok.

Jadi, jika kamu menemukan barang branded dengan potongan harga lebih dari 50%, kamu sudah bisa mulai melakukan kecurigaan terhadap barang tersebut, khususnya untuk toko online tanpa lisensi.

4. Perhatikan kualitas

Melakukan cek kualitas hanya bisa kamu lakukan ketika barang tiba di rumah kamu. Jadi, pastikan kamu cek kualitas barang yang kamu pesan tersebut, mulai dari kerapian jahitan, kelembutan bahan untuk tas atau baju, serta perbandingan warna.

5. Cek label barang

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa kelengkapan barang original yang kamu beli, mulai dari label kemasan, surat asuransi, komposisi, serta tag yang tersera.

Biasanya, pada label merek terkenal, mereka akan melengkapinya dengan label khusus untuk menunjukkan bahwa barangnya adalah asli.

Kemudian, pastikan juga barang yang kamu beli, memiliki tulisan asal pembuatan dengan tepat. Misalnya, “Made in Japan” dan bukannya “Made in Tokyo”.

label harga
Sumber: Freepik

Biasanya, logo pada barang original akan dipasang dan dijahit secara rapi dan simetris, khususnya untuk barang fashion.

Jadi, jika kamu menemukan barang dengan logo yang tidak dijahit secara rapi, bisa saja barang kamu terima adalah barang palsu.

Baca Juga:   Promo Ulang Tahun Ruparupa ke-5

7. Coba lakukan scan barcode

Melakukan scan barcode adalah hal yang sangat perlu kamu lakukan, khususnya untuk produk kecantikan seperti skincare dan make up. Jika barang tersebut asli, barcode akan terhubung dengan situs resmi dari brand.

Jika tidak terhubung dengan situs resmi brand atau BPOM, kemungkinan produk tersebut palsu. Namun, tidak semua barang tersebut bisa dibilang palsu karena ada beberapa brand yang tidak menerapkan teknologi tersebut.

Lebih baik melakukan pembelian pada toko official, meski dengan harga yang lebih mahal.

scan barcode
Sumber: Freepik

Dampak yang bisa timbul dari membeli barang palsu memang cukup mengerikan. Untuk itu, cobalah melakukan tips memilih barang original di atas. Jadinya, kamu juga bisa lebih cermat dalam membeli suatu barang.

Nah, kamu bisa menemukan berbagai produk berkualitas dan sudah terjamin original dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi, hanya di Ruparupa.com.

Produk yang tersedia di situs online ini pun cukup beragam, mulai dari kategori fashion, home living, Food and Beverage, perabot rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu dapatkan di situs belanja online satu ini.

sofa minimalis
Kingswere Glavina Sofa Fabric 2 Dudukan – Champagne – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

meja tamu
Marsha Meja Tamu – Putih – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

tas fashion
Susen Tas Selempang Croco Pouch Dengan Flap – Krem – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

kain
Pendopo 250×100 Cm Kain Panjang Tenun Sumba Timur – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini