Ini Dia Cara Membuat Terrarium dengan Mudah

0
24600
membuat terrarium
Sumber: unsplash.com

Meskipun menjadi salah satu hobi yang digemari banyak orang, tidak semua tanaman hijau memiliki perawatan yang mudah. Namun, ada satu cara untuk menciptakan kebun mini, yaitu dengan membuat tanaman terrarium.

Konsep ini juga cocok kamu terapkan apabila tinggal di hunian yang tidak memiliki lahan besar untuk berkebun seperti apartemen.

Ruparupa Banner

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kita hanya perlu sediakan wadah terrarium untuk menghadirkan taman kecil. Lalu, letakkan di atas rak sebagai pajangan buat mempercantik ruangan.

Lantas, Apa Sebenarnya Terrarium itu?

Bagi beberapa orang, mungkin istilah “terrarium” masih terdengar asing. Terrarium atau yang biasa disebut dengan tanaman sukulen merupakan seni menata tanaman hias dalam sebuah wadah kaca.

Terrarium juga biasa digunakan untuk menampilkan taman miniatur, sekaligus mensimulasikan kondisi di alam yang sebenarnya dalam media kaca, mulai dari ekosistem gurun, ekosistem padang pasir, hingga ekosistem hutan hujan tropis.

Hal ini juga membuat terrarium cocok kamu letakkan sebagai dekorasi tambahan agar ruangan jadi lebih artistik. Ruangan akan tampak lebih hijau, asri, sejuk, dan menyenangkan.

Lantas, Bagaimana Cara Membuat Terrarium Sendiri?

Pernah terpikir untuk memiliki tanaman terrarium? Ternyata kamu dapat membuatnya sendiri, lho. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Persiapkan Alat dan Bahan Dasar

membuat terrarium
Yardsmith Alat Semprot Tanaman 2 Ltr – Hijau

Cuma Rp89 ribuan

Tentunya kamu harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan sebagai kunci kesuksesan dalam membuat terarium yang indah. Pastikan kamu memiliki sekop untuk memasukkan dan meratakan media tanam, bisa berupa pasir atau tanah.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor untuk Mempercantik Hunian

Lalu, kamu juga akan memerlukan gunting untuk memotong tanaman. Jangan lupa sediakan botol sprayer untuk menyiram air pada tanaman. Hal ini dapat memberikan kesan segar dan juga menjaga kelembapan tanaman agar tidak cepat mati.

2. Sediakan Wadah yang Tepat

membuat terrarium
Gunakan wadah kaca untuk tanaman terrarium

Salah satu keunikan dari terrarium terdapat pada wadah yang digunakan. Alih-alih menggunakan pot, cara membuat terrarium yang tepat adalah dengan menempatkannya ke dalam wadah tertutup, yakni wadah kaca.

Kamu bisa menyusunnya ke dalam wadah toples, botol kaca, hingga akuarium yang tentunya juga bisa memberikan kesan estetik dan tampilan layaknya taman kaca mini.

3. Persiapkan Dekorasi Kecil

tanaman sukulen
Sumber: unsplash.com

Tidak cukup hanya dengan menggunakan wadah kaca saja, kamu bisa menghias tanaman terarium ini dengan menambahkan beberapa dekorasi kecil.

Siapkan kerikil, bebatuan, arang, media tanam dan tanaman ke dalam wadah. Lalu, tambahkan beberapa aksesoris ke dalamnya agar semakin cantik, seperti kerang, ranting, dan miniatur.

Cara menghias seperti ini cocok kamu terapkan pada jenis tanaman dengan pertumbuhan yang lambat, seperti terarium sukulen, lumut, paku, dan kaktus.

 

batu artifisial
Set Batu Artifisial 6x6x16 Cm – Natural

Cuma Rp48 ribuan

batu artifisial
Set Batu Artifisial 9i 6x6x16 Cm – Abu-abu

Cuma Rp48 ribuan

4. Tata Terrarium dengan Benar

menghias kebun mini
Sumber: unsplash.com

Bagian yang paling seru dan mengasikkan dalam membuat kebun mini ini adalah menatanya. Pastikan wadah terrarium yang akan kamu gunakan sudah dalam keadaan bersih dan kering. Kemudian, letakkan kerikil hias sebagai lapisan paling dasar.

Baca Juga:   Tips Memilih Payung Taman Minimalis Dan Unik

Agar tanah tetap segar, kamu bisa mulai meletakkan drainase berupa kerikil kecil warna-warni pada lapisan paling bawah. Lalu, lapisi kerikil hias dengan pasir putih.

Sedangkan untuk lapisan paling atas bisa kamu beri pupuk sebagai media tanaman untuk tumbuh. Pastikan untuk menekannya dengan lembut untuk mencegah kantong udara yang dapat membuat permukaan menjadi naik.

Gali lubang kecil pada tanah dan masukkan tanaman pilihanmu. Tentukan juga dekorasinya sesuai dengan selera agar tanaman terlihat lebih menarik.

Nah, berikut rekomendasi tanaman terrarium artifisial yang bisa jadi inspirasi kamu.

tanaman terrarium
Terrarium 14r 39x23x23 Cm – Hijau

Cuma Rp140 ribuan

tanaman artifisial
Tanaman Artifisial Terrarium Y26

Cuma Rp290 ribuan

Nah, itu dia beberapa cara membuat terrarium yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Agar tanaman terrarium kamu selalu terjaga dan terawat, hindari meletakkan wadah di bawah sinar matahari langsung.

Pastikan juga selalu menyemprotkan air pada secara berkala agar kelembapan tetap terjaga. Rawatlah tanaman sebaik mungkin agar tetap sehat dan terhindar dari gulma pengganggu.

Temukan berbagai jenis tanaman hias
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Kamu bisa membeli perlengkapan berkebun terbaik hanya melalui ruparupa. Situs belanja online ini juga menjual berbagai perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.