13 Ide Taman Belakang Minimalis Yang Bisa Kamu Coba

0
12998
Inspirasi taman vertikal
Inspirasi taman vertikal

Ada area kecil yang tersisa di belakang rumahmu? Jangan dibiarkan kosong! Kini kamu dapat menggunakan konsep taman minimalis untuk mengolah lahan kecil atau sempit di belakang rumah menjadi taman mungil yang asri dan elegan.

Tak hanya sekedar mempermanis tampilan belakang rumah, taman minimalis ini juga dapat memberikan banyak keuntungan bagi pemilik rumah. Salah satunya adalah melepas penat dari lelahnya hari dengan berduduk santai menikmati pemandangan taman belakang yang hijau sambil menyeruput segelas teh hangat.

Namun, mendesain sebuah taman di lahan sempit menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya dalam memilih perkakas yang akan digunakan. Karena lahannya yang mungil, penggunaan furnitur dan konsep warna menjadi daya tarik sendiri dalam memengaruhi ilusi mata yang melihatnya.

13 Ide Taman Belakang Minimalis

Masih bingung mau pilih konsep seperti apa? Dari pada semakin bingung, ayo langsung aja ikuti 13 ide menata taman belakang minimalis kekinian yang bisa kamu coba!

Ruparupa Banner

Dekorasi colorful dengan menggunakan bean bag

Bean bag taman belakang rumah
Bean bag taman belakang rumah sumber: gardeningetc.com

Bean bag merupakan alternatif dalam memberikan nuansa colorful yang dapat membuat taman belakang rumah terlihat cerah dan ceria. Selain karena ukurannya yang mungil, bean bag juga memiliki bahan yang lentur sehingga cocok digunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi di taman belakang rumah. 

Bean Bag Terbaik
Dapatkan Bean Bag terbaik di Ruparupa.com

Ciptakan ilusi dengan rumput sintetis 

Rumput Hijau Taman Belakang
Rumput Hijau Taman Belakang Sumber: thesweethouseofmadness.com

Cukup hadirkan dekorasi rumput hijau sintetis agar dapat menciptakan ilusi optik area taman yang terlihat lebih luas. Voila! Lahan sisa di belakang rumah pun jadi terlihat cantik.

Sulap menjadi taman bermain anak

Perosotan anak minimalis
Perosotan anak minimalis

Hunian mungil bukan menjadi alasan bagi si kecil untuk kekurangan space bermain. Kuncinya adalah dengan membentuk taman belakang minimalis yang colorful, dipadukan dengan perosotan dan ayunan portabel, sehingga dapat digunakan sebagai area berkumpul bersama keluarga, kerabat, hingga menjadi area bermain yang menyenangkan untuk anak-anak.

Tanaman hias gantung yang estetik

Tanaman hias gantung juga dapat menjadi pilihan untuk menghemat penggunaan lahan di lantai. Selain membantu dalam menghemat wilayah lahan, tanaman gantung ini memberikan nilai tambah estetika dengan gabungan tali menjuntai dan pot berbahan semen.

Baca Juga:   3 Jenis Atap Rumah Paling Populer yang Bisa Anda Pilih

Nuansa rustic dengan ayunan berbahan bambu

Taman dengan ayunan
Taman dengan ayunan Sumber: shutterstock.com

Tidak hanya tanaman, kamu dapat menggunakan dekorasi ayunan berbahan bambu agar dapat memberikan kesan rustic namun tetap memiliki ukuran yang minimalis sehingga mempermudah penempatan di lahan yang sempit. Selain itu, ayunan ini dapat memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang mendudukinya sembari bersantai menghirup udara segar di taman belakang rumah-mu! 

Perpaduan alam dengan batu koral dan kolam ikan

Kolam ikan mini
Kolam ikan mini Sumber: architecturein.com

Selain itu, kamu juga dapat mempercantik taman belakang-mu dengan menambahkan perpaduan alam dari elemen air dan batu koral. Kedua komposisi tersebut mampu memberikan kesan yang tidak monoton dan sejuk pada hunian. Selain dari segi tampilannya, kamu juga dapat merasakan rileks menikmati suara gemercik air yang terkesan menyatu dengan alam.

Konsep maskulin dengan semen

Taman belakang konsep minimalis
Taman belakang konsep minimalis Sumber: www.mylandscapes.co.uk

Jika kamu tidak terlalu suka dengan konsep alam yang terkesan ramai, taman dengan konsep maskulin juga bisa menjadi pilihan. Kuncinya kamu cukup memberikan tambahan sejumlah instalasi lampu tanam dan tanaman hias seperti pot tanaman gantung untuk mempercantik setiap sudut taman agar tidak terkesan monoton.

Desain sederhana dengan unsur kayu

Taman tema kayu
Taman tema kayu Sumber: thecanvasfactory.com.au

Menghadirkan elemen kayu memberikan kesan yang sederhana, namun mampu menciptakan nuansa hangat dan nyaman tanpa perlu menggunakan dekorasi yang berlebihan. Caranya dengan menambahkan furnitur yang bergaya classic seperti meja dan kursi dengan bahan kayu yang kokoh. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan dekorasi cushion atau bantal dengan warna netral untuk menambah suasana teduh nan nyaman.

Tampil rustic dengan kursi lipat berbahan rotan

Memiliki lahan yang sempit kerap menjadi halangan untuk membeli sejumlah furniture yang kita inginkan. Namun, kamu juga bisa menggunakan alternatif kursi rotan lipat minimalis sebagai solusi untuk taman belakang yang kecil dan memanjang. Sehingga kamu dapat dengan leluasa duduk ataupun bersandar sambil menikmati taman belakang rumah-mu, maupun melipatnya kembali ketika sedang tidak dibutuhkan.

Baca Juga:   7 Inspirasi Desain Kamar Kost Minimalis

Tampak bersih dengan warna putih

Nuansa Putih dengan Tanaman
Nuansa Putih dengan Tanaman Sumber: thesweethouseofmadness.com

Kamu kurang suka tampilan yang colorful? Tenang, kamu dapat menggunakan aksen putih untuk menghidupkan suasana taman belakang-mu yang mungil. Warna putih juga identik dengan tampilan yang bersih dan mampu menghadirkan suasana asri apabila dipadukan dengan aransemen tanaman hijau yang rindang. 

Dinding ala Instagramable 

Inspirasi taman vertikal
Inspirasi taman vertikal Sumber: proflowers.com living-wall-designs

Buat kamu yang suka konsep minimalis yang instagramable, desain yang satu ini bisa jadi pilihan. Memadukan tanaman vertikal pada salah satu sisi dinding dengan aransemen furnitur kayu yang simple namun artistik bagi setiap yang memandangnya. Nah, kamu juga bisa menambahkan keramik dengan warna cerah agar tampilannya tetap sederhana namun estetik. Taman instagramable siap untuk di-post!

Nuansa tradisional dengan tanaman tinggi

Desain kayu taman minimalis
Desain kayu taman minimalisSumber: architectureartdesigns.com

Memberikan sentuhan tanaman tinggi pada setiap sudut dinding menjadikan halaman belakang-mu terlihat lebih elegan dan menawan. Untuk penataannya sendiri, kamu bisa menggabungkan gaya minimalis modern dengan ornamen kayu dan tanaman rendah untuk menonjolkan perpaduan oriental klasik. 

Rotan dan bambu dengan aksen natural

Rotan dan bambu
Perpaduan Rotan dan Bambu Sumber: loveproperty.com

Siapa sangka perpaduan kursi rotan dan latar bambu menghasilkan aransemen yang memukau? Dengan gabungan furnitur meja besi bulat menciptakan perpaduan yang apik dan modern. Meskipun tampil sederhana, tapi taman minimalis ini bisa membuat siapapun betah untuk duduk disana! 

Nah, itulah beberapa ide taman minimalis yang bisa kamu gunakan. Gimana? Kira-kira kamu sudah dapat inspirasi untuk mendekor taman belakang-mu belum? Untuk mempermudah pemilihan furniture yang tepat, berikut adalah rekomendasi produk yang bisa anda beli di Ruparupa.com:

Ayunan rotan
Kursi gantung-cokelat hanya di Ruparupa.com
Pot tanaman gantung keramik
Pot tanaman gantung keramik kania hanya di Ruparupa.com
Kursi lipat
Kursi recliner lipat cokelat hanya di Ruparupa.com
Meja besi bulat hanya di Ruparupa.com
Meja besi bulat hanya di Ruparupa.com

Selain kualitas yang bagus, kamu juga bisa memperoleh berbagai penawaran menarik di Ruparupa.com. Yuk, dapatkan segera hanya di Ruparupa.com

Rekomendasi Meja Kursi Taman Minimalis,