Stetoskop: Bagian, Fungsi, dan Cara Memilih Stetoskop

0
451
Dokter menggunakan stetoskop
Sumber: unsplash.com/usmanyousaf

Seorang dokter memiliki gambaran yang identik dengan stetoskop yang menggantung melingkari lehernya. Bagaimana tidak? Ketika sakit dan pergi mengunjungi dokter, umumnya dokter akan memeriksa bagian tubuh Anda dengan alat yang satu ini. Paling tidak, Anda pasti pernah melihat stetoskop yang dikalungkan di leher atau sekedar diletakkan di atas meja pemeriksaan. Lantas, sebetulnya apakah fungsi dari stetoskop tersebut?

Mengenal Bagian, Fungsi, dan Cara Memilih Stetoskop

Stetoskop merupakan alat yang digunakan para tenaga medis untuk mendengarkan suara organ di dalam tubuh, seperti denyut jantung, nadi, organ pencernaan, dan paru-paru. Tidak hanya itu, alat ini juga dapat mendengar suara aliran darah bahkan bunyi detak jantung janin yang masih berada di dalam kandungan.

Alat ini bekerja dengan mendengar jenis dan intensitas suara di dalam tubuh pasien. Dengan begitu, dokter akan menerjemahkan gelombang tersebut dan mengetahui diagnosa permasalahan pasien. Terakhir dokter akan menentukan tindakan maupun jenis pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien.

Biasanya penggunaan stetoskop kerap ditemukan di seluruh tempat fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, ataupun puskesmas. Meski demikian, alangkah baiknya bila Anda juga memiliki stetoskop untuk penggunaan pribadi di rumah.

Bagian-Bagian Stetoskop dan Fungsinya

Bagian Stetoskop
Sumber: Alokdokter.com

Seiring berkembangnya teknologi dalam dunia kedokteran, stetoskop pun kini menghadirkan berbagai varian, baik dalam segi material, maupun fitur-fitur digital tambahan. Meski begitu, bentuk alat medis ini tetaplah sama, yaitu berbentuk seperti bel dengan dua perangkat telinga dan kepala bulat di ujung stetoskop. Untuk memahami lebih lanjut, berikut merupakan beberapa bagian dari stetoskop:

Eartips

Eartips atau earpieces merupakan bagian yang diletakkan ke dalam telinga untuk mendengar secara detil suara dari organ dalam tubuh, termasuk dada. Pada umumnya, eartips terbuat dari bahan karet atau silikon yang lembut agar terasa nyaman dan tidak sakit selama pemakaian.

Tubing

Bagian kedua dari stetoskop adalah tubing. Uniknya, bagian ini memiliki bentuk tabung tipis dan memanjang menyerupai selang. Tubing memiliki fungsi untuk menjaga dan menyalurkan frekuensi suara dari diafragma menuju eartips agar dapat di dengar oleh dokter.

Diafragma

Pada umumnya, bagian diafragma terletak pada ujung kepala stetoskop yang terdiri dari membran tipis berbentuk lingkaran. Bagian ini memiliki fungsi untuk mendengarkan bunyi dengan frekuensi tinggi, seperti suara di paru-paru.

Bell

Bell merupakan bagian terakhir dari stetoskop. Pada umumnya, bell hanya terdapat pada stetoskop berkepala ganda, dengan bentuk bulat melingkar dan menempel pada bagian diafragma. Bagian ini berfungsi untuk mendengarkan suara berfrekuensi rendah yang sulit dijangkau seperti detak jantung.

Cara Memilih Stetoskop

Untuk memeroleh hasil yang optimal, maka Anda membutuhkan alat dengan kualitas suara yang bagus agar dapat mendengarkan suara di dalam tubuh dengan akurat. Kuncinya, Anda dapat memilih stetoskop yang berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak tiga cara memilih stetoskop yang baik.

Pilih tipe stetoskop berkepala ganda

Stetoskop berkepala ganda (double chestpiece) memiliki dua sisi, yaitu diafragma dan bell. Dengan bantuan dari kedua sisi tersebut, Anda dapat mendengarkan suara berfrekuensi tinggi maupun rendah. Selain itu, stetoskop ini memiliki kelebihan lain, yakni dapat memeriksa detak jantung janin pada ibu hamil.  

Namun apabila Anda hanya memerlukan stetoskop untuk auskultasi normal, maka anda cukup menggunakan tipe tunggal.

Pilih stetoskop dengan bobot yang ringan

Pekerjaan di bidang kedokteran membutuhkan alur kecepatan kerja yang tinggi. Terutama dalam kondisi darurat, biasanya tenaga medis akan mengalungkan stetoskop di leher ataupun menyelipkannya ke dalam saku baju. Maka dari itu kami merekomendasikan stetoskop dengan bobot yang ringan agar tidak terlalu berat dan mudah dibawa kemanapun. 

Pilih stetoskop dengan insulasi suara yang jelas

Memiliki insulasi suara yang akurat merupakan salah satu faktor terpenting dalam menilai performa stetoskop. Maka dari itu, pastikan Anda memilih earpieces dengan bahan karet berkualitas agar mampu meredam atau menghambat suara dari luar tanpa resiko tercampur suara sekitarnya.

Sowell Stetoskop Sds-530

Sowell Stetoskop
Dapatkan stetoskop berkualitas dari Sowell hanya di Ruparupa.com

Stetoskop persembahan dari Sowell ini dapat menjadi rekomendasi untuk kamu gunakan. Sowell Stetoskop Sds-530 memiliki rancangan desain kepala ganda yang dapat membantu memberikan suara yang sangat jernih dan akurat dari organ tubuh di dalam. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan kepala pengumpul suara khusus dan penyumbat telinga lembut untuk membantu meredam suara dari luar. Bahan material pada loop terbuat dari suspensi baja karbon tinggi dengan dimensi bobot yang ringan dan nyaman untuk digunakan.

Pilihlah produk kesehatan yang berkualitas bagus untuk Anda dan keluarga hanya dengan alat kesehatan dari Sowell. Anda juga dapat menemukan berbagai produk kesehatan lain dari Sowell hanya di Ruparupa.com.