Segudang Manfaat Bermain Lego

0
1036
manfaat bermain lego

Dunia anak-anak memang tak jauh dari yang namanya permainan. Di antara begitu banyaknya jenis permainan yang ada, orang tua harus pandai-pandai dalam memilih mainan untuk anak-anak. Dalam hal ini, pilihlah mainan edukatif yang bisa menjadi sarana belajar anak, melatih ketangkasan, kreativitas dan kemampuan interaksi sosialnya.

Bermain Lego dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.

Lego merupakan salah satu merk permainan buatan Denmark yang hingga saat ini menjadi permainan favorit dan populer di kalangan anak-anak, bahkan orang dewasa. Tentunya termasuk Anda, bukan? Namun tahukah Anda bahwa Lego tidak hanya sekedar permainan balok susun yang menyenangkan bagi anak-anak? Lego juga memiliki segudang manfaat yang dapat mengedukasi serta mengembangkan kecerdasan anak segala usia. Tanpa sadar ada begitu banyak nilai edukasi dan manfaat permainan Lego yang dapat diserap anak-anak.

Berikut 4 manfaat bermain Lego bagi anak:

1. Pengenalan warna, ukuran, bentuk dan hitungan

manfaat bermain lego
Lego Iron Man untuk usia 4-7 tahun

Lego hadir dengan bermacam warna, ukuran dan bentuk. Saat bermain Lego bersama si kecil, gunakan kesempatan ini untuk mengenalkan kepada anak macam-macam warna, bentuk dan ukuran. Setelah mengenalkan, Anda juga bisa mulai bertanya warna Lego apakah yang dipegang oleh si anak atau warna apa yang cocok untuk fondasi bangunan. Pelan-pelan, ia akan mulai menghafal, mengenali dan membedakan jenis warna, ukuran dan bentuk. Selain itu, pada bagian atas Lego terdapat bulatan-bulatan timbul yang bisa dijadikan media belajar berhitung untuk anak.

2. Meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah

Manfaat bermain Lego berikutnya adalah dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam sebuah permainan Lego, anak-anak dapat mengikuti instruksi untuk membuat balok susun agar terakit sesuai dengan model atau menyusun dengan bebas sesuai imajinasi mereka. Biarkan anak-anak sesekali menyusun Lego sesuai dengan imajinasinya sendiri untuk melatih kreativitasnya. Sewaktu merangkai Lego menjadi suatu bangunan atau model, tak jarang anak akan mengalami kesulitan. Nah, ini merupakan salah satu manfaat bermain Lego bagi anak, yaitu melatih kemampuan memecahkan masalah. Ajak anak Anda untuk tetap semangat menyelesaikan model yang akan dibuatnya. Jangan lupa, bagaimana pun hasil susunan Lego si anak, berikan penghargaan dan saran agar ia bisa berlatih lebih baik.

3. Melatih koordinasi tangan-mata dan keahlian motorik

manfaat bermain lego
Lego City untuk usia 5-12 tahun

Kondisi motorik halus yang masih perlu dilatih membuat anak-anak sering tidak sabar dalam merangkai Lego. Merangkai Lego membutuhkan ketepatan posisi antara satu dengan yang lain, sehingga perlu motivasi dari orang tua agar anak mau berjuang dan bersabar dalam mengerjakannya. Dengan bermain Lego, koordinasi tangan dan mata anak-anak Anda terlatih. Selain itu, beberapa manfaat bermain lego seperti melatih kemampuan anak untuk memilih, mengendalikan, menempatkan dan menggerakkan benda juga akan berkembang dengan baik.

4. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan kerja sama

Ajaklah anak-anak untuk bermain Lego dengan teman-temannya atau anggota keluarganya. Manfaat bermain Lego dalam kaitannya dengan hubungan sosial adalah anak-anak akan menjadi lebih ramah dan pandai bersosialisasi ketika mereka membuat sebuah konstruksi secara berkelompok. Anak Anda akan berlatih berkomunikasi dan mengemukakan ide. Alhasil, anak menjadi lebih siap untuk bersosialisasi di masyarakat dan lingkungan sosialnya.

Ada banyak sekali manfaat bermain Lego bagi anak, bukan? Manfaat bermain Lego ini bisa anak-anak Anda dapatkan tanpa mereka sadari sewaktu asyik bermain. Anak-anak hanya menganggap Lego sebagai mainan yang seru. Tak heran, anak-anak yang bermain Lego akan mengalami perkembangan kecerdasan yang lebih cepat dari sebelumnya. Secara berkala seiring dengan peningkatan kemampuannya, tambahkan permainan Lego dengan bentuk-bentuk yang lebih bervariasi agar melatih kreasi anak.

Temukan berbagai koleksi Lego di Ruparupa.com, dan lengkapi koleksi Lego Anda.

Selamat bermain!