4 Tips Merawat Lego agar Lebih Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

0
304
tips merawat lego

Salah satu mainan edukatif yang sering menjadi pilihan para orang tua untuk si kecil adalah LEGO. Mainan berbentuk balok satu ini bisa menjadi permainan menarik untuk anak-anak mulai dari usia 3 tahun.

Namun, banyak orang yang kurang bisa merawat LEGO dengan baik sehingga membuatnya rapuh, retak, patah, bahkan warnanya memudar. Padahal, jika kita menjaganya dengan benar, mainan LEGO bisa  diwariskan ke anak cucu, lho. 

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Lego?

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar mainan LEGO tahan lama dan tidak mulai rusak.

1. Simpan di Dalam Lemari

Agar mainan LEGO lebih tahan lama, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari dan rak. Hindari meletakkannya di dalam tempat yang lembap atau mudah terkena basah karena bisa membuat mainan LEGO mudah berjamur dan berdebu.

Selain itu, kotoran kecil pada mainan LEGO bisa membahayakan kesehatan anak saat memainkannya. Jadi, pastikan untuk selalu meletakkan mainan satu ini di tempat yang bersih dan kering. 

Baca Juga:   7 Rekomendasi Mainan Anak untuk Mengasah Kreativitas

2. Bersihkan secara rutin

merawat lego LEGO® Duplo Creative Building Tim
LEGO® Duplo Creative Building Tim

Seiring berjalannya waktu, mainan LEGO tetap akan terpapar debu dan kotoran yang dibawa oleh udara.  Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu untuk membersihkannya secara rutin.

Kamu bisa menggunakan sabun dan sikat gigi untuk menggosok setiap potongan LEGO. Lalu, pastikan untuk membilasnya dengan bersih dan menjemur LEGO sampai kering di bawah sinar matahari.

Selain dengan cara merendam, kamu bisa juga mengelap mainan LEGO dengan kain microfiber, terutama setelah bermain.

 LEGO® Duplo Heart Box
LEGO® Duplo Heart Box

3. Gunakan kotak tertutup untuk merawat Lego

Mainan LEGO biasanya berbentuk balok plastik berukuran kecil. Untuk itu, simpan seluruh mainan tersebut di dalam kotak tertutup. 

Kamu bisa menggunakan beberapa kotak terpisah dan memberikan label untuk mengategorikan berbagai jenis Lego. Misalnya, gunakan kotak pertama untuk meletakkan LEGO Classic, kotak kedua untuk LEGO Duplo, dan kotak ketiga untuk LEGO Friends. 

Kalau mengikuti cara ini, mainan Lego bisa terlihat lebih rapi dan aman. Kotak tertutup juga bisa memudahkan kita dalam merawat Lego agar lebih tahan dari kotoran. 

4. Pastikan LEGO tidak terbanting

Saat aktif bermain, si kecil terkadang bisa saja terlalu bersemangat dan melemparkan mainan LEGO.  Potongan balok Lego bisa saja jadi mudah retak hingga patah.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Mainan Robot Hewan Terbaik untuk Anak-anak

Nantinya, si kecil akan kesulitan saat ingin memainkan Lego karena potongan baloknya yang rusak. Jadi, cobalah untuk terus mendampingi si kecil saat bermain agar mereka bisa lebih berhati-hati.  

LEGO® Duplo Nmber Train Learn Count
LEGO® Duplo Nmber Train Learn Count

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam merawat mainan LEGO agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Ajak anak kamu untuk merawatnya bersama-sama, yuk!

Kamu juga bisa membeli berbagai jenis mainan Lego berkualitas dari Toys Kingdom hanya di ruparupa.com, lho.

Selain mainan LEGO, kamu juga bisa menemukan berbagai macam mainan anak, mulai dari Barbie, Hot Wheels, Cocomelon, hingga Marvel. 

DAPATKAN MAINAN Lego Project Explorer   hemat hingga Rp200 ribu  klik di sini

Situs belanja ruparupa.com juga menjual berbagai perlengkapan rumah tangga dan perabot  terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, Pet Kingdom, Eye Soul, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya beberapa rekomendasi mainan LEGO sesuai umur si kecil yang bisa kmau beli melalui Toys Kingdom berikut ini. 

merawat lego LEGO® Duplo Brick Box
LEGO® Duplo Brick Box

Beli di sini

merawat lego LEGO® Duplo Animal Train 10955
LEGO® Duplo Animal Train 10955

Beli di sini

LEGO® Super Mario Adv W Mario Starter Course
LEGO® Super Mario Adv W Mario Starter Course

Beli di sini

LEGO® Friends Magical Acrobatics
LEGO® Friends Magical Acrobatics

Beli di sini