7 Cara Bermain Lego Lebih Seru Bersama Anak

0
7943
LEGO® Classic 90 Years Of Play
LEGO® Classic 90 Years Of Play

Mainan LEGO merupakan mainan bongkar-pasang 3D terbaik yang bisa kita buat menjadi berbagai bentuk menarik. Cara bermain Lego yang sederhana sekaligus menyenangkan juga menjadi salah satu daya tariknya. 

Bahkan, mainan LEGO juga memiliki banyak manfaat buat si kecil, dari untuk meningkatkan kemampuan motorik, mengasah logika, hingga mengembangkan daya imajinasinya.

Ruparupa Banner

Namun, pasti akan terasa membosankan jika harus terus-menerus menyusun Lego sesuai panduannya, bukan? Nah, kamu bisa mengakalinya dengan mencari variasi lain dalam bermain LEGO.

Lantas, Bagaimana Cara Bermain Lego yang Lebih Seru?

Tenang saja, kamu bisa membuat suasana bermain Lego bersama anak jadi lebih seru dengan cara berikut ini.

1. Susun Berdasarkan Warna

Kamu bisa mengenalkan warna kepada si kecil melalui setiap potongan balok LEGO. Caranya dengan menyusun balok LEGO sesuai warna semabri mengenalkan warna tersebut. 

Perlahan-lahan, si kecil bisa mengingat nama warna-warna tersebut, lho. Berikut ini rekomendasi mainan LEGO yang bisa kamu gunakan. 

cara bermain lego
LEGO® Classic 90 Years Of Play 11021

Beli di sini

2. Membuat LEGO Tower

LEGO tower adalah permainan untuk menyusun potongan balok menjadi sebuah menara. Nah, kamu bisa mengajak si kecil untuk menyusun setiap balok setinggi mungkin. 

Namun, kamu juga perlu mengajari mereka bagaimana cara membuat menara yang kokoh dan seimbang. Dari permainan ini, si kecil akan melatih kemampuan motoriknya dan mengasah logika.

3. Bermain Bowling Lego

Ternyata, bermain bowling bisa menjadi ide quality time seru bersama keluarga.  Kamubisa membuat pin bowling sendiri menggunakan LEGO. Kemudian, siapkan sebuah bola dan susun pin bowling yang sudah kamu buat di satu titik. 

Mintalah anak kamu berdiri dengan jarak minimal 150 cm. Lalu, arahkan mereka untuk melempar bola ke arah pin bowling Lego. Saat mereka berhasil menjatuhkan semua pin bowling, pastikan kamu memberikan apresiasi untuk si kecil.

4. Buat Bentuk dari Sekitarnya

Kamu bisa mengasah kreativitas dan imajinasinya si kecil dengan mengajak mereka melihat barang-barang di sekitarnya. Lalu, membentuk balok LEGO dari apa yang dilihatnya tersebut, seperti meja, kursi, dan rak. 

Cara ini dapat membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi si kecil dalam membentuk sesuatu.

cara bermain lego LEGO® Friends Magical Roller Coaste 41685

5. Berburu Potongan Lego

Kamu pasti tahu permainan treasure hunt atau berburu harta karun, bukan? Nah, kamu bisa mengajak si kecil memainkan permainan ini menggunakan LEGO.

Caranya  dengan menyembunyikan beberapa potongan balok LEGO di rumah atau taman. Lalu, biarkan si kecil berkeliling untuk mencari setiap potongan balok Lego yang kamu sembunyikan.

Nanti di akhir permainan, kamu bisa menghitung jumlah balok LEGO yang mereka dapatkan dan berilah hadiah kecil.

6. Main Tebak-tebakan Bentuk

Jika si kecil sudah bisa membuat bentuk-bentuk menarik menggunakan LEGO, kamu bisa mengajaknya bermain tebak-tebakan.

Pertama-tama,  kamu dan si kecil bisa membuat bentuk apa pun menggunakan potongan balok LEGO. Lalu, kamu bisa mengajaknya untuk saling menebak bentuk yang sudah dibuat.

Dengan permainan ini, kamu bisa merangsang si kecil untuk berpikir, berimajinasi, serta melatih kemampuan berbicaranya. 

LEGO® Classic Creative Monsters 11017

7. Bermain Peran atau Role Play

Tahukah kamu kalau ternyata bermain peran atau role play tidak hanya bisa menggunakan boneka atau kostum. Mainan LEGO juga dapat digunakan untuk membuat cerita dari karakter unik, mulai dari manusia, hewan, bahkan superhero favorit si kecil. 

Agar lebih mudah, gunakan jenis LEGO Friends atau Superhero yang sudah dilengkapi dengan karakter menarik.  Permainan ini dapata melatih imajinasi dan kemampuan berbicara si kecil.  

cara bermain lego LEGO® Friends Street Food Market 41701

Wah, ternyata banyak sekali cara bermain Lego yang lebih seru dan menarik, bukan?  Sebelum bermain, pastikan kamu membeli mainan Lego berkualitas dari original, ya.

Miliki mainan LEGO Terbaik
hemat hingga 30%  
klik di sini

Kamu bisa membeli LEGO City, Marvel, dan yang lainnya dari Toys Kingdom hanya di ruparupa. Di sini, kamu juga bisa menemukan berbagai mainan anak lainnya, mulai dari Barbie, Hot Wheels, hingga Cocomelon.  

Berikut ini kami juga punya beberapa rekomendasi mainan LEGO untuk kamu. 

LEGO® Classic Bricks And Wheels 11014
LEGO® Classic Bricks And Wheels 11014

Beli di sini

cara bermain lego LEGO® Classic Ocean Fun 11018
LEGO® Classic Ocean Fun 11018

Beli di sini

cara bermain lego LEGO® Friends Pet Day Care Center 41718
LEGO® Friends Pet Day Care Center 41718

Beli di sini