6 Manfaat LEGO Sebagai Mainan Anak yang Menyenangkan

0
7969
manfaat Lego

Mainan anak memang menjadi hiburan yang menyenangkan untuk si kecil. Tidak melulu dalam hal bermain, si kecil pun bisa belajar banyak melalui mainan. Apalagi, mainan dapat melatih motorik, logika, dan kreativitas si kecil. 

Salah satunya adalah mainan LEGO, yang merupakan mainan bongkar-pasang dengan berbagai warna balok. Si kecil bisa menyusunnya menjadi sebuah bentuk, seperti bangunan, tanaman, dan mobil-mobilan.

Ruparupa Banner

Mainan LEGO pun memiliki banyak jenis, dari mainan LEGO Duplo hingga mainan LEGO berdasarkan karakter animasi. Tidak hanya seru, mainan satu ini juga memberikan banyak manfaat positif untuk anak.

Lantas, Apa Saja Manfaat Bermain LEGO?

Berikut beberapa manfaat mainan LEGO yang bisa dirasakan oleh si kecil.

1. Meningkatkan kemampuan komunikasi anak

Komunikasi merupakan hal utama yang wajib dilakukan setiap orang sejak kecil. Tentunya, kita perlu melatih anak untuk berbicara dengan baik.

Salah satu manfaat mainan LEGO ternyata mampu membantu meningkatkan kemampuan berbicara anak. Hal ini karena ada beberapa jenis LEGO yang dilengkapi karakter lucu.

Jadi, si kecil bisa bermain peran atau role play dengan membuat cerita sesuai imajinasinya, lalu melakukan story telling. Mereka akan berusaha berbicara untuk menyampaikan cerita tersebut.

Berikut ini rekomendasi mainan LEGO yang bisa kamu berikan untuk si kecil.

LEGO® Classic Ocean Fun 11018
LEGO® Classic Ocean Fun 11018

Beli di sini

2. Melatih anak bersosialisasi

Setelah belajar berkomunikasi, anak akan jauh lebih berani untuk mulai berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang lain.

Baca Juga:   5 Ide Latihan Sepak Bola Anak yang Menyenangkan

Ajaklah si kecil bertemu dengan teman atau saudara seusianya untuk bermain Lego bersama. Selama proses menyusun balok, mereka akan berkoordinasi bersama. Kamu bisa menemani mereka bermain agar bisa lebih seru dan tidak berkelahi, ya.

Berikut ini rekomendasi mainan LEGO yang bisa dimainan bersama teman-teman si kecil.

 LEGO® Friends Magical Roller Coaste 41685
LEGO® Friends Magical Roller Coaste 41685

Beli di sini

3. Melatih kreativitas adalah salah satu manfaat Lego

Mainan bongkar-pasang juga bisa melatih kreativitas anak. Dengan bermain membentuk dan membangun ulang sesuatu, anak akan jauh lebih kreatif dalam berkarya. 

Jadi, semakin banyak tantangan baru yang didapat, si kecil juga akan lebih kreatif  dalam mengembangkan ide untuk menyelesaikan sesuatu.

Kamu bisa memberi si kecil mainan LEGO Classic yang terdiri atas balok sederhana tanpa adanya ketentuan untuk membentuk sesuatu yang pasti.

LEGO® Classic 90 Years Of Play
LEGO® Classic 90 Years Of Play

Beli di sini

4. Meningkatkan konsentrasi anak

Dalam menyusun potongan balok menjadi bentuk tertentu, seperti bangunan, tumbuhan, atau hewan, ternyata membutuhkan konsentrasi dan tingkat fokus yang tinggi.

Jika memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang memiliki pendirian teguh dan tidak mudah terganggu oleh sekitarnya. Tentunya, hal ini berguna agar anak mampu mencapai tujuan hingga cita-cita yang mereka inginkan. 

Kamu bisa memberikan mereka mainan LEGO Creator, seperti rekomendasi berikut ini.

manfaat lego LEGO® Creator Vkng Super Heroip&Mdgrd
LEGO® Creator Vkng Super Heroip&Mdgrd

Beli di sini

5. Meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik

Mainan LEGO juga bisa melatih sensorik dan motorik si kecil, lho. Apalagi, anak yang masih dalam tahap perkembangan  jauh lebih sensitif terhadap segala sesuatu, baik itu sentuhan ataupun gerakan.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Koleksi Mainan Barbie Terbaik buat Si Kecil

Kemampuan sensorik tersebut bisa kita ajarkan dengan pengenalan akan tekstur dan warna. Sedangkan kemampuan motorik, dapat diajarkan dengan cara menggenggam dan memindahkan barang. 

Kamu bisa memberikan mainan LEGO Duplo yang dikhususkan untuk anak berusia di bawah 3 tahun, seperti berikut ini.

manfaat lego LEGO® Duplo Creative Building Tim
LEGO® Duplo Creative Building Tim

Beli di sini

6. Manfaat Lego adalah sebagai hiburan yang edukatif

mainan LEGO tentunya dapat menjadi sarana hiburan terbaik bagi anak. Dengan mainan ini, si kecil bisa bermain sambil belajar dengan cara yang seru, mulai dari pengenalan akan bentuk, warna, kendaraan, karakter film, pekerjaan, dan masih banyak lagi. 

Walaupun hanya sekadar pengetahuan umum, hal ini ternyata bisa memberikan stimulus bagi anak sebelum menempuh pendidikan formal, lho.  

manfaat lego LEGO® Friends Street Food Market 41701
LEGO® Friends Street Food Market 41701

Beli di sini

Itu dia beberapa manfaat lego untuk anak dan rekomendasinya yang bisa kamu jadikan hadiah bagi si kecil.

Kamu bisa menemukan berbagai model mainan LEGO Ninjago, Disney, dan mainan anak lainnya yang menarik  dari Toys Kingdom hanya di ruparupa

Miliki mainan LEGO Terbaik hemat hingga 30%
 
klik di sini

Di situs belanja online ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Ataru, dan Pet Kingdom.