Rumah RISHA: Hunian Murah Tahan Gempa, Cocok buat Milenial

0
5056
rumah risha

Sedang mencari rumah idaman dengan harga yang ramah kantong? Tenang, Anda bisa lho mendapatkan rumah yang tahan gempa dengan harga terjangkau. Yaitu dengan rumah RISHA. Nah, ingin tahu lebih lanjut soal jenis rumah ini? Yuk, cek artikel berikut ini. Rumah ini juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda para milenial yang sedang mencari rumah, lho.

Apa Itu Rumah RISHA?

RISHA sendiri merupakan akronim dari Rumah Instan Sederhana Sehat. Rumah ini adalah rumah layak huni dan terjangkau yang dibangun secara bertahap berdasarkan modul. Waktu yang diperlukan dalam proses pembangunan setiap modul sendiri adalah 24 jam oleh 3 pekerja.

Ruparupa Banner

Nah, mengapa dikatakan rumah ini sangat cocok untuk kaum milenial? Karena pada kenyataannya harga rumah yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini merupakan ancaman serius bagi anak muda Indonesia. Dan juga, rata-rata peningkatan penghasilan setiap tahun justru tidak sebanding dengan peningkatan harga rumah tersebut.

Harga rumah RISHA sendiri, dilansir dari Kompas.com membutuhkan biaya minimal Rp 27 juta untuk mendirikan struktur bangunan RISHA tipe 36 jika ditambah fondasi.

Rumah RISHA Dibangun dengan Konsep Knock Down

rumah risha knock down
Sumber : eproduklitbang.pu.go.id

RISHA merupakan rumah dengan konsep knock down yang berarti proses pembangunannya tidak membutuhkan semen dan bata, namun dengan menggabungkan panel-panel beton dan baut. Maka dari itulah pembangunan rumah ini dapat diselesaikan dengan waktu jauh lebih cepat.

Baca Juga:   6 Cara Bikin Interior Rumah Minimalis ala Jepang

Nah, walaupun dibangunnya cepat dan harganya tergolong murah, tenang, material yang digunakan untuk membangun rumah RISHA juga tidak sembarangan lho, Ruppers! Rumah ini dibangun dengan beton bertulang yang dibuat dari campuran semen, pasir dan kerikil untuk material strukturnya. Untuk lantai, digunakan balok loteng dan papan kayu sebagai konstruksinya.

Terdapat juga 3 panel yang dipakai untuk menyusun rumah RISHA yaitu panel berbentuk balok, berbentuk kolom, dan berbentuk siku (yang difungsikan untuk mengunci rangka pada bagian pojok). Setiap panelnya memiliki lubang mur dan baut yang dipakai untuk menyambung panel-panel yang berbeda.

Dan, jangan khawatir. Rumah ini sudah memenuhi standar rumah layak huni SNI, lho. Selain itu RISHA juga diklaim bisa tahan gempa. Wah, benar-benar bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang sedang mencari rumah nih!

Kelebihan dan Kekurangan Rumah RISHA

Tapi, perlu diingat. Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk juga RISHA. Selain memiliki beberapa kelebihan yaitu cepat dibangun, harga yang lebih murah, tahan gempa, movable karena dibangun dengan konsep knock down, ringan, ramah lingkungan, dan dapat dimodifikasi sebagai kantor, sekolah, dan lain-lain, rumah ini tentu juga memiliki kekurangan.

Kekurangan rumah RISHA adalah ukurannya yang terbilang kecil, memiliki desain yang kaku, dan proses maintenance-nya yang agak rumit karena membutuhkan material penyusun khusus (seperti panel dengan bentuk tertentu) yang belum diperjualbelikan secara bebas. Juga, kekurangan lainnya adalah daya tahannya terhadap beban yang rendah. Setiap meter persegi rumah ini hanya mampu menahan beban maksimal 125 kg. Untuk itulah, Anda tidak disarankan untuk menampung banyak barang di dalamnya atau ditempati banyak anggota keluarga.

Baca Juga:   10 Inspirasi Desain Pagar Minimalis untuk Percantik Rumah

Rekomendasi Furnitur

Bagi Anda yang tertartik memiliki rumah jenis ini, jangan lupa untuk mengisi rumah dengan gaya furnitur yang sesuai. Karena RISHA sangat cocok dengan tema minimalis, berikut beberapa rekomendasi produk furnitur yang dapat membuat interior rumah Anda bertema modern minimalis:

Sofa Bed

Sofa bed sangat cocok dihadirkan pada ruangan yang sempit. Anda bisa menghadirkan sofa dengan desain seperti ini pada ruang tamu di rumah Anda.

Set Meja Makan

Untuk meja makan, Anda juga bisa memilih set meja makan yang dapat dilipat agar bisa lebih menghemat ruang. Contohnya seperti desain meja diatas ini, Ruppers.

Tempat Tidur

Terakhir, Anda bisa meletakkan tempat tidur berdesain minimalis pada kamar tidur di rumah. Pilihlah tempat tidur dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar sesuai dengan rumah RISHA.

Jadi, tertarik untuk memiliki rumah jenis ini? Jangan lupa lengkapi furnitur rumah Anda dengan membeli di Ruparupa.com ya untuk mendapatkan berbagai penawaran menariknya!