15 Inspirasi Ruang Tamu Vintage yang Menawan

0
143

Vintage menjadi tema yang cukup populer dan banyak diminati oleh orang-orang. Tak jarang orang menerapkan tema ini pada ruang tamu di rumahnya. Ruang tamu vintage identik dengan motif-motif unik pada beberapa dekorasinya, seperti karpet, bantal sofa, gorden, dan bahkan sofa-nya.

Ruang tamu dengan tema vintage ini dapat membuat kesan klasik berpadu dengan barang-barang antik yang membawa kenangan masa lalu. 

15 Inspirasi Ruang Tamu Vintage

Berikut 15 inspirasi yang dapat kamu jadikan referensi dalam membuat ruang tamu vintage di rumahmu :

Cat dinding berwarna mencolok dengan lukisan besar

Cat dinding berwarna mencolok dengan lukisan besar
Sumber : yourspacefurniture.com

Untuk membuat ruang tamu seperti ini, kamu dapat menggunakan cat dinding berwarna terang atau mencolok, seperti biru, oranye, bahkan merah. Tambahkan juga lukisan besar di dinding untuk mempermanis. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan karpet dan bantal sofa bermotif. Menggunakan meja bundar dengan beberapa dekorasi cantik juga merupakan ide yang bagus. 

Tumpukan buku antik sebagai meja sisi

Tumpukan buku antik sebagai meja sisi
Sumber : dorisleslieblau.com

Punya banyak buku yang sudah selesai kamu baca? Kamu dapat menyusunnya agar menjadi meja sisi loh. Selain itu, kamu juga dapat tinggal mengambilnya kembali dengan mudah jika ingin membacanya lagi. Untuk mempermanis, tambahkan tanaman hias di beberapa sudut ruangan dan juga cermin antik di salah satu sisi ruang tamu vintage kamu. 

Meja bermotif dan etalase barang antik

Meja bermotif dan etalase barang antik
Sumber : loveproperty.com

Bosan dengan meja yang gitu-gitu aja? Pilihlah meja yang memiliki motif unik dan pastikan warnanya senada dengan karpet ruang tamu kamu ya, Ruppers. Kamu juga dapat membuat etalase atau banyak rak di dinding ruang tamu untuk memajang koleksi barang antikmu. 

Ruang tamu vintage sederhana tapi nyaman

ruang tamu vintage sederhana tapi nyaman
Sumber : futuristarchitecture.com

Desain ini terlihat sangat sederhana bukan ? Kamu hanya perlu menggunakan sofa polos dengan beberapa bantal empuk bermotif. Gunakan juga meja dan kabinet dari kayu. Kamu juga dapat menambahkan beberapa dekorasi cantik, seperti lampu hias, tanaman hias, dan lukisan unik. Ruang tamu vintage kamu pasti nyaman abis!

Ruang tamu vintage dengan desain bold

ruang tamu vintage dengan desain bold
Sumber : hornsbystyle.com

Desain bold pada ruang tamu akan membawakan kesan elegan. Kamu dapat memilik cat dinding ruang tamu berwarna gelap seperti biru dongker dan ungu tua. Gunakan warna sofa yang menonjol seperti kuning dan tambahkan juga bingkai-bingkai foto antik di dinding.

Kesan menyegarkan seperti di Hawaii

Ruang tamu vintage yang menyegarkan
Sumber : domino.com

Ruang tamu vintage tapi berasa seperti hawaii ? Tentu saja bisa! Gunakan berbagai perpaduan warna terang, seperti kuning dan pink pada beberapa dekorasi di ruang tamu kamu. Kursi berbahan rotan juga dapat menambahkan kesan segar loh. Tambahkan tanaman hias di beberapa sudut untuk mempercantik tampilan ruang tamu kamu.

Down to earth dengan lukisan tradisional dan selimut bulu

Down to earth dengan lukisan tradisional dan selimut bulu
Sumber : homesnaway.com

Ingin membuat ruang tamu yang terkesan menyatu dengan alam ? Gunakan perpaduan warna earth tone seperti coklat, biru dongker, cream, dan lain-lain. Kamu juga dapat menambahkan lukisan tradisional yang dipajang pada rak dinding. Untuk mempermanis, tambahkan selimut bulu yang nyaman di sofa. Agar lebih terkesan down to earth, kamu dapat meletakkan tanaman hias di beberapa sudut ruang tamu kamu. 

Perpaduan vintage dan modern

Perpaduan vintage dan modern
Sumber : homeswuthkells.wordpress.com

Kamu dapat membuat ruang tamu vintage di rumah tetap memiliki sisi modern loh. Jika biasanya tema vintage menggunakan meja kayu yang terlihat usang atau klasik, kamu dapat mencoba menggantinya dengan meja minimalis. Tidak perlu menggunakan gorden bermotif, hanya dengan tirai siang saja ruang tamu kamu akan tetap cantik.

Perpaduan warna lembut yang menenangkan

Ruang tamu vintage yang menenangkan
Sumber : designrulz.com

Menggunakan warna-warna terang seperti biru pastel pada ruang tamu dapat membuatmu merasa lebih tenang dan damai. Sentuhannya yang lembut akan membuat kamu merasa nyaman di ruang tamu. Tambahkan juga lemari atau kabinet dengan desain klasik atau tua. Ruang tamu kamu pasti cantik banget

Cermin bulat dan meja sisi ukir sangat cantik!

Cermin bulat dan meja sisi ukir sangat cantik
Sumber : decorilla.com

Kamu ingin memiliki meja sisi yang anti-mainstream ? Gunakanlah meja sisi dari kayu dengan ukiran cantik. Posisikanlah di sebelah sofa ruang tamu kamu. Jangan lupa menggunakan karpet bermotif untuk menambah kesan vintagenya. Selain itu, untuk mempercantik, kamu dapat menambahkan lampu gantung dan cermin bulat yang unik. 

Nuansa hijau dengan sofa bermotif tribal etnik

Nuansa hijau dengan sofa bermotif tribal etnik
Sumber : i.stuff.co.nz

Hijau adalah warna yang natural dan menenangkan. Jika kamu membuat ruang tamu yang terintegrasi dengan perpustakaan, gunakanlah warna hijau ini. Kamu dapat mengombinasikannya dengan sofa bermotif tribal dengan warna mencolok. Tambahkan juga hiasan keramik antik pada bagian atas rak buku ruang tamu kamu.

Lampu hias dan kursi gantung yang menarik

Lampu hias dan kursi gantung yang menarik
Sumber : architecturaldigest.com

Agar ruang tamu kamu terlihat lebih keren, tambahkan lampu hias unik berbentuk seperti globe. Kamu juga dapat menambahkan kursi gantung anti-mainstream di ruang tamu yang akan menjadi spot ternyaman. 

Ruang tamu vintage ala cowboy

ruang tamu vintage ala cowboy
Sumber : theanastasiaco.com

Desain interior ala cowboy ini lebih menonjolkan warna-warna seperti coklat, ochre, dan hitam. Kamu dapat menggunakan perpaduan warna ini di ruang tamu kamu. Tambahkanlah selimut dan hiasan dinding bermotif tribal. Kamu juga dapat menambahkan bantal sandaran kaki yang empuk dengan warna senada. Ruang tamu ala cowboy kamu pasti keren abis!

Ruang tamu vintage yang menyenangkan

Ruang tamu vintage dengan kesan menyenangkan
Sumber : elledecor.com

Suasana ruangan yang colorful akan membawa rasa bahagia. Kamu dapat memilih warna-warna terang untuk dekorasi di ruang tamu dan tambahkan juga barang-barang antik yang unik. Buatlah suasana bincang-bincang santai kamu dengan tamu menjadi lebih seru.

Perpaduan sofa berwarna mencolok dengan sofa kulit

Perpaduan sofa berwarna mencolok dengan sofa kulit
Sumber : plushenusohere.ru

Untuk ruang tamu vintage, kamu tidak perlu selalu menggunakan sofa dengan warna atau motif yang sama loh, Ruppers. Kamu dapat memadukan sofa berwarna mencolok dengan sofa kulit yang elegan. Gunakan juga gorden bermotif ramai. Jangan lupa tambahkan juga dekorasi antik yang dapat membuat ruang tamu kamu menjadi lebih cantik.

Nah, jadi itu tadi 15 inspirasi ruang tamu vintage yang dapat menjadi referensi bagi kamu. Sudah menemukan desain yang sesuai dengan seleramu ? Berikut rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu beli untuk membantumu melengkapi dekorasi ruang tamu rumahmu :

Eglo Medici Lampu Dinding
Eglo Medici Lampu Dinding beli di Ruparupa.com.
Buatlah dinding ruang tamu kamu menjadi lebih cantik dengan lampu hias vintage ini.
Marilyn Kursi - Cokelat
Marilyn Kursi – Cokelat beli di Ruparupa.com.
Kursi vintage yang kokoh ini dapat membuat ruang tamu kamu terlihat lebih menawan.
Eglare Chara Lampu Gantung Hias 4l
Eglare Chara Lampu Gantung Hias 4l beli di Ruparupa.com.
Lampu gantung ini terlihat mewah dan antik sehingga akan sangat cocok untuk ruang tamu vintage kamu.