15 Ide Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

0
5035
ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: rafterhouse

Untuk menghemat tempat, banyak orang yang mencoba memultifungsikan ruangan menjadi ruang makan sekaligus ruang keluarga.

Terlebih untuk kamu yang memiliki rumah dengan ukuran minimalis, rasanya ide ini dapat kamu coba untuk memanfaatkan ruangan semaksimal mungkin.

Ruparupa Banner

15 Ide Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Berikut, berbagai ide yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan fungsi ruang makan sekaligus ruang keluarga di rumah kamu:

Bagian Depan Sebagai Ruang Keluarga dan Belakang Sebagai Ruang Makan

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: https://www.pinterest.com.au/pin/331788697528824256/

Dengan memaksimalkan penggunaan ruangan, melalui penghadiran dua fungsi ruangan secara sekaligus, ruang keluarga dan ruang makan sangat memungkinkan untuk kamu satukan.

Kamu bisa membuat ruangan dengan model, bagian depan sebagai ruang keluarga dan bagian belakang sebagai ruang makan. Tampilan seperti ini juga akan terlihat cantik, kok.

Membuat Meja Makan Besar Sebagai Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: heydjangles.com

Kamu bisa memaksimalkan penggunaan meja makan sebagai ruang keluarga. Pilihlah meja makan berukuran lebih besar, sehingga kamu dan keluarga bisa lebih leluasa untuk menempatinya.

Selain itu, kamu juga bisa mendekorasi meja semenarik mungkin agar semakin terasa nyaman, dengan menaruh vas bunga, atau bahkan hiasan-hiasan kecil yang menarik untuk dilihat.

Multifungsi Sofa Sebagai Tempat Duduk Saat Bersantap

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: flower home

Kata siapa sofa hanya khusus untuk ruang tamu dan ruang keluarga? Kamu juga bisa menjadikan sofa-sofa nyaman sebagai tempat makan bersama keluarga.

Tapi, satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah, jangan sampai sofa terkena noda makanan yang sulit untuk dihilangkan.

Membuat Ruang Keluarga Lesehan yang Juga Sebagai Ruang Makan

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: Courtesy of Modsy

Bila kamu kurang tertarik untuk menjadikan ruang keluarga sebagai ruang makan, bagaimana bila mencoba membuat ruangan milik kamu dengan desain ala lesehan.

Kamu juga bisa membaca artikel 15 Desain Ruang Tamu Lesehan Minimalis dan menjadikannya sebagai salah satu ide yang cukup menarik. 

Baca Juga:   12 Hiasan Kamar Tidur Murah

Ruang Keluarga Ala Jepang

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: kaguoka.com

Pastinya, kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan ruang keluarga ala Jepang ini. Hampir sama dengan ruangan bertema lesehan, namun kali ini dekorasi dibuat dengan ala negeri sakura.

Makan dan berkumpul bersama keluarga bisa terasa lebih nyaman karena suasana dari dekorasi memberikan kesan yang hangat. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Kitchen Set dengan Meja Bar yang Juga Difungsikan Sebagai Ruang Keluarga

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: clemaroundthecorner.com

Mengikuti perkembangan zaman, banyak orang yang membuat dapurnya memiliki meja bar yang dapat difungsikan sebagai meja makan. Kamu juga bisa mencoba ide ini, lho.

Kamu bisa langsung membuat bagian kosong sisanya untuk dijadikan ruang keluarga. Dengan begini kamu bisa memaksimalkan penggunaan satu ruangan untuk tiga hal sekaligus, yaitu dapur, ruang makan, dan ruang keluarga.

Memberikan Sekat Ruangan Sebagai Pemisah

ruang makan sekat ruang keluarga
sumber: domino.com

Ide unik lainnya, kamu bisa membuat dua ruang dalam satu ruangan dengan memberikan sekat. Sehingga ruangan terasa menjadi berbeda, padahal kamu hanya menggunakan satu ruangan.

Makan Sambil Menonton TV dengan Kursi dan Meja yang Nyaman

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: addicted2decorating.com

Dengan memilih model meja makan yang tepat, kamu bisa membuat ruang makan terasa lebih nyaman, serta memaksimalkan penggunaannya sebagai ruang keluarga.

Pemasangan TV pada salah satu area dekat meja makan juga bisa kamu coba. Jadi, kamu dan keluarga bisa menyantap hidangan sambil menonton tayangan seru.

Ruang Keluarga yang Bersebelahan dengan Meja Makan

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: orestudios

Tidak perlu memisahkan ruangan, kamu bisa membuatnya bersebelahan. Kalau di awal kita membuatnya dengan model depan-belakang, kali ini bisa mencoba membuatnya bersebelahan. Tanpa memberikan sekat, kamu bisa membuatnya terlihat menawan.

Meja Makan dengan Sofa Nyaman

sofa dan meja makan
sumber: decorgolddesigns.com

Menyatukan konsep ruang keluarga dengan sofa nyaman, bersama meja cantik juga kelihatannya menarik. Kamu bisa memberikan sentuhan lebih untuk tempat duduk dengan sofa empuk atau menambahkan bantal kursi agar lebih nyaman.

Baca Juga:   11 Interior Rumah Kayu Unik yang Bisa Kalian Tiru!

Dengan begini, kamu bisa menghadirkan ruang keluarga dan ruang makan secara sekaligus dengan kenyamanan esktra, bukan?

Setengah Sofa dan Setengah Kursi yang Unik

sofa dan kursi
sumber: homestolove.com.au

Buat tempat duduk menjadi lebih menarik dengan memadukan sofa dan kursi-kursi unik bersama meja makan. Kamu bisa membuatnya semakin menarik dengan memadukan berbagai warna unik, atau motif cantik sesuai keinginan kamu.

Sofa Nyaman dengan Meja Panjang untuk Menaruh Makanan

sofa nyaman dan meja panjang
sumber: insplosion.com

Memadukan sofa-sofa cantik dan nyaman yang seharusnya ada pada ruang tamu, serta mengkombinasikan meja makan yang sesuai bisa menjadi salah satu ide yang brilian.

Kamu bisa mengkombinasikan kedua hal tersebut dan mencoba mengkolaborasikan berbagai model agar ruangan semakin menarik.

Corner Nyaman untuk Makan dan Bersantai

ruang makan sekaligus ruang keluarga
sumber: decorpad.com

Memanfaatkan pojok ruangan sebagai tempat yang nyaman untuk makan dan bersantai bisa menjadi salah satu ide nih.

Kamu bisa memaksimalkan penggunaan ruangan, dengan menyulap pojok ruangan menjadi tempat makan sekaligus tempat keluarga untuk bersantai.

Memberikan Kursi Empuk di Depan Jendela

ruang makan dekat jendela
sumber: Yustina Praxedis

Dengan pencahayaan alami dari jendela, kamu bisa memanfaatkan bagian tersebut sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga, sekaligus ruang makan. Kamu bisa memberikan tempat duduk empuk panjang yang nyaman beserta meja untuk makan.

Meja Luas dengan Berbagai Model Kursi

macam macam kursi
sumber: https://id.pinterest.com/pin/676877019002730036/

Menghadirkan banyak model kursi sebagai dekorasi, untuk meja makan milik kamu yang luas juga bisa menjadi salah satu referensi lain.

Kamu bisa mencoba mengkombinasikan berbagai model kursi yang menarik, seperti kursi panjang tanpa sandaran, dengan kursi kayu dengan alas bantal yang empuk.

Semoga ide-ide tersebut dapat membantu kamu memaksimalkan penggunaan ruang makan sekaligus ruang keluarga, ya. Yuk, lengkapi kebutuhan furnitur ruangan kamu bersama ruparupa.com.

kamma kursi makan
Kamma Kursi Makan 158x68x90 Cm – bisa anda dapatkan di ruparupa.com.
Dapatkan sofa panjang untuk ruang makan, yang menambah kenyamanan untuk kamu dan keluarga.
kursi aksen
Ashley Aramore Kursi Aksen – bisa anda dapatkan di ruparupa.com.
Buat ruang makan sekaligus ruang keluarga kamu terlihat cantik dengan motif cantik dari kursi ini.
meja makan
Kingswere Demarlos Meja Makan – bisa anda dapatkan di ruparupa.com.
Meja dengan ukiran cantik ini dapat kamu gunakan multifungsi, tidak hanya sebagai meja makan, namun juga meja untuk ruang keluarga kamu.