Tips Merawat Rice Cooker Agar Tidak Cepat Mengelupas

0
4182
Rice cooker
Source: assets.epicurious

Rice cooker adalah alat masak yang memiliki fungsi vital karena digunakan setiap hari untuk menanak nasi, yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia.

Pada bagian dalamnya, terdapat lapisan anti lengket agar nasi tidak menempel dan gosong. Namun, jika lapisan ini terkelupas, maka material ini dapat tercampur pada nasi dan menimbulkan efek buruk, yang bersifat karsinogenik. 

Ruparupa Banner

Maka dari itu, terapkan tips perawatan berikut ini agar panci rice cooker  tidak cepat mengelupas dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Panduan Merawat Rice Cooker Agar Tahan Lama

Rice cooker

Beli di sini

1. Mencuci panci penanak nasi dengan bahan lembut

Hindari penggunaan sabut baja saat mencuci panci penanak nasi. Alasannya, tentu saja karena dapat merusak lapisan anti lengket. Namun, jika terdapat sisa nasi kering yang menempel dan sulit dibersihkan, rendam terlebih dahulu hingga kerak terlepas dengan sendirinya. Kemudian, setelah itu cuci menggunakan sponge lembut

Baca Juga:   6 Tips Menata Dapur Hitam Minimalis Agar Terlihat Mewah

2. Hindari mencuci beras menggunakan panci penanak nasi

Rice cooker
 

Beli di sini

Memang, mencuci beras langsung menggunakan panci rice cooker terasa lebih mudah dan praktis. Tapi, perlu diingat kalau kebiasaan ini dapat membuat lapisan anti lengket terkelupas.

Hal ini terjadi akibat beras yang bergesekan secara langsung pada bagian dasar wadah. Jadi, pastikan untuk selalu mencuci beras pada wadah terpisah. 

3. Cuci panci sebelum nasi mengering

Salah satu alasan mengapa nasi mudah berkerak dan menempel adalah kadar air pada nasi yang terus berkurang, terutama setelah dihangatkan terus menerus. Tidak heran jika Anda merasa sulit saat mencucinya dan membuat lapisan anti lengket ikut terkelupas.

Jadi, segera angkat panci penanak nasi. Lalu, pastikan Anda langsung mencucinya setelah digunakan agar tidak menimbulkan kerak membandel.

Baca Juga:   Kulkas Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Solusinya

4. Jangan langsung merendam panci setelah penggunaan

Rice cooker Klaz

Beli di sini

Kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang adalah menyiram dan merendam panci rice cooker setelah digunakan.

Padahal, cara ini dapat merusak lapisan panci dan membuatnya terkelupas. Karena itu, tunggu peralatan hingga dalam suhu normal sebelum mencucinya.

***

Itulah tips merawat rice cooker yang bisa Anda lakukan. Namun jika lapisan pada wadah rice cooker sudah banyak terkelupas, segera ganti dengan yang baru, guna mencegah timbulnya risiko kesehatan.

Pilihlah produk berkualitas dari Ruparupa, yang memiliki wadah anti lengket dan merupakan produk dari brand terpercaya, seperti Klaz, Appetite Electrical, Kels, Kris dan masih banyak lagi. 

Dapatkan produk impian Anda dengan harga terbaik sekarang juga hanya di Ruparupa!