Rekomendasi Gorden Pembatas Ruangan Yang Sesuai

0
1254
gorden pembatas ruangan

Semakin padatnya jumlah penduduk, membuat kebutuhan tempat tinggal juga semakin meningkat terutama gorden pembatas ruangan. Rumah dengan desain minimalis menjadi alternatif pilihan banyak keluarga untuk menghadapi keadaan ini. Dengan luas lahan terbatas, pemilik rumah harus bisa mengatur menjadi hunian yang bisa memenuhi kebutuhan seluruh ruangan yang diperlukan.

Untuk menyiasati keterbatasan luas rumah, pemilik rumah harus berusaha bisa mengatur agar ruangan bisa berfungsi tanpa memberikan kesan sempit di dalam ruangan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan gorden sebagai pembatas ruangan. Dekorasi rumah yang biasanya berfungsi sebagai penutup jendela ini, bisa dimanfaatkan dalam hal ini.

Ruparupa Banner

Manfaat gorden sebagai pembatas ruangan

Pada mulanya gorden memang merupakan salah satu dekorasi rumah yang berfungsi sebagai penutup jendela. Di sini gorden bukan hanya sebagai peutup jendela , akan tetapi memiliki fungsi lain yang lebih kompleks. Misalnya sebagai penyaring cahaya dari luar yang masuk ke dalam ruangan, sebagai privasi agar ruangan di dalam rumah tidak terlihat dari luar, dan juga sebagai unsur seni yang memberi keindahan pada ruangan.

Arthome 140×250 Cm Gorden Edelweis – Hijau

Dalam perkembangannya, fungsi gorden ternyata semakin luas. Selain berfungsi seperti yang dissebutkan di atas, gorden juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting, yaitu sebagai pembatas ruangan. Fungsi goren sebagai pembatas ruangan ini biasanya diterapkan pada rumah dengan desain minimalis, dimana rumah memiliki luas ruang yang terbatas.

Sebagai pembatas ruangan, gorden di sini berfungsi seperti halnya dinding yang memisahkah atau membatasi ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya. Yang membedakan dengan dinding ruangan adalah, gorden merupakan pembatas ruangan yang bersifat tidak permanen. Karena gorden bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian gorden akan membuat ruangan tetap luas dan lapang serta memiiliki banyak fungsi.

Baca Juga:   Rekomendasi Model Gorden Minimalis Yang Bagus

Rekomendasi Memilih gorden pembatas ruangan yang sesuai

Dalam memilih gorden, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini dkarenakan di sini gorden adalah sebagai pembatas ruangan. Tentunya sang pemilik rumah mengharapkan fungsi gorden sebagai pembatas ruangan bisa terpenuhi dengan baik.  Selain itu, karena gorden ini sifatnya adalah sebagai pembatas yang sementara, maka gorden juga harus bisa difungsikan dengan mudah, tanpa menghilangkan fungsi utamanya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan gorden sebagai pembatas ruangan misalnya dari wananya, bahannya, dan juga dari disainnya. Memilih gorden yang tepat baik warna ,bahan, maupun disainnya, akan membuat suasana yang diinginkan dalam sebuah ruangan terpenuhi. Sebaliknya, memilih gorden yang salah, akan membuat ruangan yang diinginkan menjadi tidak menarik bahkan kehilangan fungsi utamanya.

Berikut ini adalah rekomendasi gorden sebagai pembatas ruangan yang bisa anda terapkan. Dengan memperhatikan beberapa hal, misalnya dari segi bahan, warna, dan desain, maka ruangan yang anda inginkan akan dapat anda wujudkan, tanpa memberikan kesan sempit dan sesak pada ruangan minimalis anda.

Pembatas ruang tidur dan ruang kerja. Bagi pemilik rumah minimalis, memang harus bisa memanfaatkan ruangan dengan sebaik-baiknya. Di dalam kamar pribadi, terkadang juga berfungsi sebagai ruang kerja. Untuk memisahkan ruangan menjadi dua ruangan di kamar pribadi anda, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan gorden sebagai pembatas.

Gorden 140×250 Cm Set 2 Pcs Jacquard 224 – Krem

Di sini anda bisa memilih gorden dengan bahan terbuat dari semi blackout. Bahan kain tidak terlalu tebal tetapi cukup untuk membuat ruang kerja terpisah dari ruang tidur anda. Selain itu, bahan semi blackout cukup mudah untuk digeser tanpa mudah kusut. Memilih warna pastel akan membuat anda merasa santai dan nyaman untuk terus beraktivitas hingga larut malam.

Baca Juga:   6 Inspirasi Warna Gorden Untuk Dinding Krem

Memilih gorden sebagai pembatas ruang tamu membutuhkan banyak pertimbangan. Hal ini dikarenakan fungsinya sebagai tempat menerima tamu, serta lokasinya yang berada di bagian depan, tentu membutuhkan ketelitian serta beberapa pertimbangan. Misalnya dengan memperhatikan warnanya, ukurannya, jenis bahannya, sehingga nantinya ruang tamu tetap terlihat bersih dan indah meskipun dipasang gorden sebagai pembatas.

Gorden 135×250 Cm Set 2 Pcs Velvet A8-9m – Putih

Dari segi warna, sebaiknya memilih gorden yang sesuai dengan warna dinding di ruang tamu, serta serasi dengan ornament yang ada di ruang tamu, misalnya serasi dengan warna sofa. Apabila menghendaki kesan ruangan tetap terlihat luas, memiih warna putih adalah pilihan yang tepat untuk ruang tamu minimalis anda.

Pembatas ruangan dapur dan meja makan. Bagi disain rumah minimalis, ruang makan dan dapur menjadi satu adalah biasa. Agar ruang bersantap anda terkesan bersih, anda bisa menggunakan gorden untuk membatasi dengan dapur anda. Pilihan gorden dengan bahan dari semi plastik akan memudahkan anda membersihkan gorden dari kotoran dapur. Pilihan warna bisa disesuaikan dengan selera keluarga anda.

Pilihan gorden sebagai pembatas ruangan bisa anda dapatkan dengan lengkap di ruparupa.com Ada banyak pilihan gorden mulai dari bahan, motif dan desain yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan ruangan anda. Harga yang bervariasi, dari yang paling murah hingga harga eksklusif bisa anda dapatkan dengan kualitas tetap terjamin.

Editor: Ariel Natasya