5 Tips Cuci Gorden agar Tampak Seperti Baru

0
1824
merawat gorden
Sumber: Unsplash.com

Gorden atau yang sering disebut tiraimemegang peranan yang cukup penting di dalam hunian. Selain berfungsi untuk menutup jendela guna menjaga privasi pemiliki rumah, gorden juga bisa menjadi penghalang masuknya cahaya matahari ke dalam rumah.

Seiring perkembangan zaman, kegunaan gorden pun semakin bertambah, salah satunya adalah sebagai aksen dekorasi pada interior rumah.

Ruparupa Banner

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mencuci dan merawat gorden dengan benar. Padahal, bila salah dalam merawatnya dapat membuat gorden menjadi mudah rusak, lho.

Cara Merawat dan Mencuci Gorden 

Model gorden atau tirai terbuat dengan berbagai jenis bahan dan motif unik. Ternyata, setiap jenis bahan gorden yang kita gunakan tersebut punya perawatan yang berbeda-beda. Cara mencucinya pun tidak sama.

Lalu, bagaimana cara mencuci dan merawat gorden yang tepat? Simak berikut ini.

tips merawat gorden
Sumber: Unsplash.com

1. Perhatikan Jenis Kain

Tidak semua gorden dapat kamu cuci menggunakan mesin. Ada beberapa bahan gorden, yang justru hanya perlu dibersihkan dengan memakai vacuum cleaner.

Umumnya, kain gorden yang bisa kamu cuci dengan memakai mesin cuci adalah katun, polyeseter, dan satin. Berikut ini paduan cara mencuci gorden untuk bahan tersebut.

  1. Rendam dengan air sabun cuci piring atau deterjen untuk hilangkan debu. Kamu bisa merendamnya selama 1-2 jam
  2. Setelah itu, keluarkan gorden dari ember rendaman dan tiriskan sisa air yang ada pada gorden.
  3. Lalu, masukkan ke dalam mesin cuci untuk membilasnya. Gunakan air bersih dan cuci gorden selama 10 menit.
  4. Rendam gorden dengan larutan pewangi dan diamkan selama 15-20 menit
  5. Terakhir, kamu bisa menjemurnya sampai kering di bawah sinar matahari secara tidak langsung.
Baca Juga:   7 Tren Warna yang Diprediksi Akan Hits di Tahun 2023

Sedangkan untuk gorden dengan bahan beludru, hindari memerasnya dnegan memelintir kain karena justru akan membuatnya luntur.  Terakhir, untuk bahan chenille,  kamu bisa mencucinya dengan teknik dry clean agar kain tidak menciut.

2. Bersihkan Vitrase

Selain membersihkan gorden, bagian vitrase, kain tipis transparan yang sering dikombinasikan dengan gorden, juga perlu dicuci secara berkala. .

Nah, sama halnya dengan gorden, vitrase juga memiliki berbagai bentuk dan bahan. Untuk vitrase renda dan menggunakan pola bordir, sebaiknya cuci dengan tangan secara perlahan agar tidak merusak serabut renda.

vitrase
Sumber: Unsplash.com

3. Bersihkan Debu Kering dengan Penyedot Debu

Cucilah gorden selama 3-6 bulan sekali. Mencuci gorden terlalu sering justru dapat membuat warna gorden cepat pudar dan kainnya menjadi rusak. 

Jadi, selama debu dan kotoran yang menempel pada gorden adalah noda kering, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner atau sapu lidi untuk membersihkannya.

Baca Juga:   Rekomendasi Model Gorden Cantik dan Mewah

4. Hindari Menjemur Gorden di Bawah Matahari Langsung

Usahakan untuk menjemur gorden di bawah area berjemur yang memiliki atap. Sebab, menjemur gorden di bawah cahaya matahari langsung dapat membuat warnanya menjadi cepat pudar. 

Selain itu, hindari melipat gorden. Kamu bisa menjemur gorden dengan posisi menggantung sama seperti ketika dipasang pada jendela.

Inspiration_RR_-_Textiles_and_Textures_Banner_insp_Blog_640X320_wording

5. Menyetrika Gorden dengan Perlahan

Pastikan panas pada setrika tidak terlalu tinggi untuk menjaga kain gorden dari kerusakan. Nah, kamu bisa menyetrika gorden secara perlahan dari bawah ke atas. Lalu, pastikan kamu menggosok lipat-lipat sesuai jalur agar gorden kembali ke bentuk semula.

6. Siapkan Gorden Lebih Dari Satu

Usahakan untuk memiliki gorden lebih dari satu. Jadi, ketika gorden yang satu tengah dibersihkan, kamu masih memiliki gorden lain untuk dipasang pada jendela.

Nah, untuk mengganti suasana rumah, kami mempunyai rekomendasi gorden minimalis dengan desain elegan, seperti berikut ini.

gorden abu-abu
Arthome 135×250 Cm Gorden Prisma – Abu-abu
Gorden ini terbuat dari bahan polyester 100% sehingga mudah dibersihkan dan tidak mudah robek.

Beli di sini

gorden rumah
Gorden 135×250 Cm Set 2 Pcs Velvet Foil – Hijau
Gorden ini mampu mengurangi intensitas cahaya yang masuk dan memiliki motif untuk menambah aksen dekorasi.

Beli di sini

gorden jendela
Arthome 140×250 Cm Gorden Blackout – Cokelat Muda
Gorden ini tidak tembus cahaya sehingga mampu melindungi privasi di dalam rumah.

Beli di sini

Berbagai gorden di atas dapat dengan mudah kamu dapatkan hanya melalui Ruparupa.com.

Melalui situs belanja ini, kamu juga bisa menemukan berbagai perabot dan dekorasi hunian dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, pastikan gorden atau tirai jendela di rumah tetap bersih dan bebas dari kotoran.