8 Keunggulan Kursi Bar Minimalis yang Wajib Kamu Tahu

0
1614
kursi bar
Sumber: Ruparupa.com

Kursi bar atau stool bar adalah inovasi tempat duduk modern yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti makan dan bekerja. 

Jenis kursi ini sedikit berbeda dengan kursi pada umumnya. Biasanya, ukuran kursi bar lebih tinggi dan memiliki model yang minimalis.

Ruparupa Banner

Ukuran jenis kursi bar ini tetap perlu disesuaikan dengan tinggi meja bar. Bila tinggi meja bar berkisar antara 110-120 cm, maka tinggi bar chair yang bisa digunkan adalah 83-90 cm.

Sedangkan bila bar table berukuran 88-93 cm, maka kursi bar yang bisa kamu gunakan adalah sekitar 68-70 cm. Hal yang terpenting adalah pastikan ada jarang antara meja dan kursi sekitar 15-20 cm agar kamu tidak bungkuk saat duduk.

Nah, tips memilih kursi bar yang tepat adalah gunakan kursi yang fleksibel agar ketinggiannya bisa disesuikan dengan lebih mudah.

Keuntungan Pakai Kursi Bar 

Kursi ini memang kerap digunakan pada mini bar dapur di rumah minimalis. Jadinya, area dapur pun terasa seperti berada di bar dan kafe.

Ternyata, jenis kursi ini punya banyak kelebihan ketika kita menggunakannya sehari-hari, termasuk buat kesehatan tubuh, lho. Apa saja itu? Simak berikut ini. 

1. Membuat Tulang Belakang Tegak Secara Alami

Umumnya, kursi bar memang tidak memiliki sandaran yang tinggi seperti kursi kerja dan kursi makan. Namun, hal ini justru bisa memberikan keuntungan buat kita, lho.

Baca Juga:   7 Warna Dinding Rumah Minimalis Menyambut Lebaran

Soalnya, ketika kamu duduk di kursi bar, kamu akan menempatkan tulang belakang pada posisi yang alami karena tidak ada sandaran untuk menopang punggung. Jadinya, kamu bisa meluruskan punggung secara otomatis.

duduk tegak
Sumber: Ruparupa.com

2. Bisa Mengatasi Sakit Punggung

Dengan postur tubuh yang terpaksa tegak, maka tekanan di area tulang belakang pun akan berkurang. Inilah yang akan mengurangi penyebab rasa sakit di area punggung. Selain itu, kamu pun bisa lebih terbiasa duduk tegak dan tidak membungkuk. 

3. Membuat Paha Miring ke Bawah

Selain itu, ketika kamu sedang duduk di stool bar, maka paha akan miring ke bawah. Soalnya, model kursi yang berukuran tinggi ini memaksa kamu untuk meluruskan kaki.

Nah, hal ini yang akan membuat punggung bagian bawah dan panggul berada pada posisi netral. Dengan postur tersebut, tekanan yang dialami oleh tulang belakang kamu akan berkurang.

4. Menopang Diri Secara Aktif saat Duduk

Tanpa adanya sandaran punggung, kamu akan secara aktif menopang diri saat duduk. Jadinya, kamu dapat belajar untuk duduk tegak dengan punggung yang lurus. 

Bila kita terbiasa duduk dengan tegak, maka bisa meningkatkan kekuatan otot pada tubuh bagian atas. Selain itu, kebiasaan duduk tegak juga bisa membuat kamu jadi lebih segar sehingga tetap produktif saat bekerja.

5. Menghadirkan Suasana Modern Ala Cafe

Kursi bar berhasil memberikan gaya baru pada hunian modern dengan desainnya yang trendi. Soalnya, kursi ini bisa membuat area ruangan tampak seperti cafe yang instagrammable, lho! Jadi, kamu bisa merasakan suasana cafe tanpa harus keluar rumah.

Baca Juga:   9 Karakteristik & Inspirasi Desain Rumah Minimalis Kekinian

Nah, kami juga mempunyai rekomendasi stool ala cafe yang bisa kamu gunakan, seperti berikut ini. 

kursi bar cafe putih
Melinda Bangku Bar – Putih Glossy
Bangku bar dengan tampilan modern untuk cafe dan dapat diatur ketinggiannya.

Beli di sini

kursi bar ivory
Neo Mocha Kursi Bar 105 Cm – Ivory
Bangku bar ivory dengan bantalan duduk empuk dan kaki kursi yang kuat untuk tampilan minimalis.

Beli di sini

6. Ketinggian yang Dapat Diatur

Jenis kursi ini termasuk yang paling fleksibel. Kamu bisa memilih kursi dengan ketinggian yang dapat diatur. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah menggunakan kursi ini dalam berbagai kegiatan.

Jadi, kalau kamu ingin menggunakan bekerja di meja makan bar, maka kamu bisa menyesuaikannya dengan tinggi badan dan meja agar jarak antara mata dan monitor tetap sesuai.

7. Menghemat Tempat

Model kursi ini memiliki bentuk ramping dengan ukuran yang tinggi sehingga kamu tidak akan memakan banyak tempat untuk meletakkannya.

Inilah yang menjadi solusi untuk rumah minimalis, yang tidak memiliki ruang makan khusus, lho. Soalnya, kamu bisa membuat tempat makan di ruangan lain tanpa membuatnya terasa sempit.

8. Bisa Sesuaikan dengan Tema Rumah

Stool bar mulai muncul dengan berbagai pilihan model dan material. Jadinya, kamu bisa lebih mudah menentukan model yang sesuai tema dan aktivitas di rumah. 

Misalnya, untuk bekerja, kamu bisa menggunakan model kursi dari bahan yang kokoh dengan warna-warna netral, seperti berikut ini.

kursi bar hitam
Dan Bangku Bar – Hitam
Bangku bar dengan pijakan kaki dan tuas untuk mengatur ketinggian.

Beli di sini

kursi bar coklat
Larnaca Kursi Bar – Cokelat
Bangku bar modern dengan bahan metal kuat dan pijakan kaki.

Beli di sini

Nah, kamu  dapat menemukan banyak pilihan model kursi bar lainnya hanya dengan melalui Ruparupa.com.

Melalui situs belanja online ini, kamu bisa mendapatkan berbagai perabot dan peralatan rumah tangga lengkap dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Selamat belanja!