8 Keunggulan Kursi Bar Minimalis yang Wajib Kamu Tahu

0
6642

Kursi bar atau stool bar adalah inovasi tempat duduk modern yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti makan dan bekerja. 

Jenis kursi ini sedikit berbeda dengan kursi pada umumnya. Biasanya, ukuran kursi bar lebih tinggi dan memiliki model yang minimalisNamun, ukuran jenis kursi bar ini tetap perlu disesuaikan dengan tinggi meja bar.

Ruparupa Banner

Bila tinggi meja bar berkisar antara 110-120 cm, maka tinggi bar chair yang bisa digunakan adalah 83-90 cm. Sedangkan bila bar table berukuran 88-93 cm, maka kursi bar yang bisa kamu gunakan adalah sekitar 68-70 cm.

Hal yang terpenting adalah pastikan ada jarang antara meja dan kursi sekitar 15-20 cm agar kamu tidak bungkuk saat duduk.

Lalu, Apa Keuntungan Pakai Kursi Bar di Rumah?

Kursi ini memang kerap digunakan pada mini bar dapur di rumah minimalis. Jadinya, area dapur pun terasa seperti berada di bar dan kafe.

Ternyata, jenis kursi ini punya banyak kelebihan ketika kita menggunakannya sehari-hari, termasuk buat kesehatan tubuh, lho. Apa saja itu? Simak berikut ini. 

1. Membuat Tulang Belakang Tegak Secara Alami

Umumnya, kursi bar memang tidak memiliki sandaran yang tinggi seperti kursi kerja dan kursi makan. Namun, hal ini justru bisa memberikan keuntungan buat, lho.

Soalnya, ketika kamu duduk di kursi bar, kamu akan menempatkan tulang belakang pada posisi yang alami karena tidak ada sandaran untuk menopang punggung. Jadinya, kamu bisa meluruskan punggung secara otomatis.

keunggulan kursi bar
Scotland Kursi Bar – Putih

2. Bisa Mengatasi Sakit Punggung

Dengan postur tubuh yang terpaksa tegak, maka tekanan di area tulang belakang pun akan berkurang. Inilah yang akan mengurangi penyebab rasa sakit di area punggung. Selain itu, kamu pun bisa lebih terbiasa duduk tegak dan tidak membungkuk. 

Baca Juga:   7 Rekomendasi Kursi Putar Terbaik untuk Segala Jenis Ruangan

3. Membuat Paha Miring ke Bawah

Selain itu, ketika kamu sedang duduk di stool bar, maka paha akan miring ke bawah. Soalnya, model kursi yang berukuran tinggi ini memaksa kamu untuk meluruskan kaki.

Nah, hal ini yang akan membuat punggung bagian bawah dan panggul berada pada posisi netral. Dengan postur tersebut, tekanan yang dialami oleh tulang belakang kamu akan berkurang.

kursi bar ala scandinavian
Fellow Stool Bar – Cokelat

4. Menopang Diri Secara Aktif saat Duduk

Tanpa adanya sandaran punggung, kamu akan secara aktif menopang diri saat duduk. Jadinya, kamu dapat belajar untuk duduk tegak dengan punggung yang lurus. 

Bila kita terbiasa duduk dengan tegak, maka bisa meningkatkan kekuatan otot pada tubuh bagian atas. Selain itu, kebiasaan duduk tegak juga bisa membuat kamu jadi lebih segar sehingga tetap produktif saat bekerja.

5. Menghadirkan Suasana Modern Ala Cafe

Kursi bar berhasil memberikan gaya baru pada hunian modern dengan desainnya yang trendi. Soalnya, kursi ini bisa membuat area ruangan tampak seperti cafe yang instagrammable, lho! Jadi, kamu bisa merasakan suasana cafe tanpa harus keluar rumah.

Nah, kami juga mempunyai rekomendasi stool ala cafe yang bisa kamu gunakan, seperti berikut ini. 

 

kursi bar cafe putih
Informa Melinda Z Bangku Bar – Putih

Beli di sini

kursi bar hitam
Informa Soji Bangku Bar – Hitam/abu-abu

Beli di sini

6. Ketinggian yang Dapat Diatur

Jenis kursi ini termasuk yang paling fleksibel. Kamu bisa memilih kursi dengan ketinggian yang dapat diatur. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah menggunakan kursi ini dalam berbagai kegiatan.

Baca Juga:   Ini Dia Biaya dan Cara Bikin Kamar Mandi Minimalis 2x3

Jadi, kalau kamu ingin bekerja di meja bar, maka kamu bisa menyesuaikannya dengan tinggi badan dan meja agar jarak antara mata dan monitor tetap sesuai.

7. Menghemat Tempat

Model kursi ini memiliki bentuk ramping dengan ukuran yang tinggi sehingga kamu tidak akan memakan banyak tempat untuk meletakkannya. Ini bisa menjadi solusi untuk rumah minimalis, lho.

Soalnya, kamu bisa membuat tempat makan di ruangan lain tanpa membuatnya terasa sempit.

8. Bisa Sesuaikan dengan Tema Rumah

Stool  bar mulai muncul dengan berbagai pilihan model dan material. Jadinya, kamu bisa lebih mudah menentukan model yang sesuai tema dan aktivitas di rumah. 

Misalnya, untuk bekerja, kamu bisa menggunakan model kursi dari bahan yang kokoh dengan warna-warna netral, seperti berikut ini.

kursi bar krem
Midland Stool Bar – Putih/krem

Beli di sini

kursi bar putih
Kursi Bar Cafe Stonewall – Putih

Beli di sini

Nah, kamu  dapat menemukan banyak pilihan model kursi bar lainnya dengan mudah secara online melalui INFORMA di ruparupa.

dapatkan kursi bar kekinian hemat hingga 50% klik di sini

Melalui situs belanja online ini, kamu bisa mendapatkan berbagai perabot dan peralatan rumah tangga lengkap dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, SELMA, ATARU, Toys Kingdom, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Selamat belanja!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.