Ketahui 5 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

0
7054
baking soda dan baking powder
Sumber : simplyrecipes.com

Banyak orang yang mengira baking soda dan baking powder merupakan bahan kue yang sama. Sekilas memang mirip, tapi ternyata ada  banyak perbedaan dari kedua bubuk baking ini, loh. Penggunaan baking soda dan baking powder juga akan menghasilkan jenis kue yang berbeda pula. Lalu, apa saja perbedaan dari keduanya? Yuk, simak berikut ini!

perbedaan baking soda dan baking powder
Sumber : unsplash.com

1. Memiliki kandungan yang berbeda

Walaupun sama-sama berbentuk bubuk putih halus, ternyata baking soda dan baking powder memiliki kandungan yang berbeda, loh. Di dalam baking soda terkandung 100 persen bahan kimia berupa natrium bikarbonat, yang bertujuan untuk menurunkan kadar asam pada kue.

Ruparupa Banner

Meskipun baking powder juga memiliki kandungan natrium bikarbonat, tetapi jumlahnya lebih sedikit. Selain itu, di dalam baking powder juga terkandung krim tartar dan bahan pengering.

2. Digunakan untuk pembuatan jenis kue yang berbeda

Siapa yang masih suka mengira kalau baking powder dan baking soda punya fungsi yang sama dalam membuat kue? Ternyata, keduanya punya manfaat yang berbeda, lho. Baking soda pada dasarnya bersifat basah sehingga akan sangat cocok jika Anda gunakan untuk membuat kue yang dikukus.

Fungsi dari baking soda ini adalah untuk mengembangkan kue, seperti dalam pembuatan permen dalgona. Selain itu, hindari menambahkan baking soda pada adonan kue kering Anda karena hal tersebut justru membuat kue lebih lama matang. 

Baca Juga:   6 Kue Kering Khas Lebaran Favorit dan Wajib Ada di Rumah

Nah, jika Anda ingin membuat kue kering, Anda bisa menggunakan baking powder karena memiliki kandungan bahan pengering di dalamnya. Baking powder tidak akan menyisakan efek basah berlebih pada kue sehingga akan membuat proses pemanganggan kue lebih cepat dan hasilnya bisa matang maksimal. 

3. Cara pengaplikasiannya tidak sama

Cara pengaplikasian dari kedua bubuk baking ini juga berbeda ya, Ruppers. Setelah menambahkan baking soda pada adonan kue, Anda harus segera mengolah atau mengukus kue tersebut. Jangan membiarkannya terlalu lama karena dapat membuat kue Anda menjadi bantat atau belum terlalu matang dan keras.

Sedangkan saat menggunakan baking powder, Anda boleh mencampurnya dengan adonan kue dan membiarkannya cukup lama karena bubuk ini tidak akan memberi efek bantat pada kue. Jadi, jangan sampai salah mengaplikasikan bubuk baking ini pada resep adona kue Anda ya, Ruppers. 

bubuk baking
Sumber : unsplash.com

4. Perbedaan pada rasa yang dihasilkan

Ternyata, baking soda dan baking powder juga dapat menghasilkan rasa yang berbeda loh, Ruppers! Penggunaan baking soda pada kue dapat membuat rasanya menjadi lebih pahit. Inilah yang membuat  Anda perlu menambahkan zat asam untuk menghilangkan rasa pahit tersebut.

Berbeda dengan baking soda, baking powder justru sudah memiliki zat asam yang terkandung dalam krim tartar. Jadinya, hasil kue tidak akan pahit, kecuali jika Anda memanggangnya hingga gosong. 

5. Cara pengujian kadaluarsa yang berbeda

Jika ingin membuat kue dengan bahan-bahan lama yang sudah pernah Anda beli, pastinya harus memeriksa kualitas atau tanggal kedaluwarsa dari bahan tersebut. Cara mengetahuinya pun cukup mudah.

Baca Juga:   Perlengkapan Kecil yang Sering Terlupakan Saat Hari Raya

Untuk baking soda, Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit cuka putih dengan kadar setengah sendok teh baking soda dan tiga sendok makan cuka. Aduk campuran tersebut dan tunggu beberapa saat. Jika campuran tersebut mengembang dengan cepat, berarti baking soda masih bagus dan bisa digunakan. Namun jika sudah tidak ada reaksi, berarti baking soda Anda sudah kedaluwarsa. 

Sedangkan baking powder, Anda dapat mengujinya dengan mencampurkan setengah sendok teh baking powder dengan tiga sendok makan air hangat. Aduk sampai tercampur rata. Jika terdengar suara desis, berarti baking powder masih dapat Anda gunakan. Namun jika tidak ada reaksi, berarti sudah kedaluwarsa. 

Itu dia 5 perbedaan dari baking soda dan baking powder yang harus Anda ketahui jika ingin membuat kue. Jangan sampai salah menggunakannya karena bisa-bisa hasil kue Anda menjadi tidak enak. Nah, buat Anda yang ingin mencoba mulai membuat kue, yuk, klik di sini untuk membeli berbagai peralatan baking berkualitas di Ruparupa.com. 

Simak juga beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com berikut yang dapat membantu Anda membuat kue yang spesial.

Wiltshire Set 8 Pcs Cetakan Kue
Wiltshire Set 8 Pcs Cetakan Kue beli di Ruparupa.com.
Terbuat dari material stainless steel berkualitas sehingga selain tahan lama juga aman untuk makanan.

Beli di sini

Wiltshire Alas Adonan Kue
Wiltshire Alas Adonan Kue beli di Ruparupa.com.
Terbuat dari material silikon berkualitas sehingga selain tahan lama juga aman untuk Anda gunakan saat membuat kue.

Beli di sini

Wiltshire Loyang Kue Bundar 20 Cm
Wiltshire Loyang Kue Bundar 20 Cm beli di Ruparupa.com.
Terbuat dari material stainless yang dilengkapi dengan lapisan anti lengket sehingga kegiatan membuat kue pun dapat menjadi lebih praktis.

Beli di sini

Wiltshire Set 3 Pcs Piping Bag Profesional
Wiltshire Set 3 Pcs Piping Bag Profesional beli di Ruparupa.com.
Pipping bag ini dilengkapi dengan 6 jenis nozzle berbentuk menarik untuk membantu Anda menghias kue.

Beli di sini