16 Peralatan Kue Penting Yang Wajib di Dapur, Terutama Buat Pemula

0
36515
Kels Harwin Stand Mixer - Putih
Kels Harwin Stand Mixer - Putih

Buat kamu yang suka membuat berbagai aneka camilan, seperti kue kering, cake, dan sebagainya, tentu penting memiliki peralatan kue yang lengkap.

Namun, saking banyaknya peralatan kue, kadang kita bingung dalam memilihnya. Padahal, tidak semua peralatan kue harus kita miliki di dalam dapur. 

Ruparupa Banner

Daftar Peralatan Kue Wajib Ada

Nah, kali ini, kami sudah membuat daftar peralatan kue yang wajib dan perlu kamu siapkan di rumah.

1. Peralatan Kue Utama adalah Oven

Baking atau membuat kue mtentu tidak terlepas dari alat yang satu ini. Untuk mendapatkan kematangan sempurna ,gunakan oven dengan api atas bawah.

Namun, tidak semua jenis kue memiliki cara pemanggangan yang sama. Untuk itulah, kita perlu membaca resep dan petunjuknya terlebih dahulu, terutama saat melihat suhu dan lama memanggang.  

Peralatan kue oven toaster
Kris Set Oven Toaster 32 Ltr 1200w – Hitam

Beli di sini

2. Pengocok Adonan

Bahan membuat kue biasanya cukup banyak dan perlu dicampur secara merata. Nah, biar lebing gampang, kamu bisa memakai alat pengaduk atau whisk. Pilih whisk yang memiliki gagang cukup panjang dan nyaman digunakan. 

Pengocok adonan kue yang berkualitas tinggi
Joseph Joseph Twist Pengocok Adonan

Beli di sini

3. Peralatan Kue Mixer

Biar tidak pegal, kamu bisa memakai mixer, yang dapat mencampur seluruh bahan secara merata. Alat ini akan mengaduk seluruh adonan secara otomasi menggunakan mesin.

Kita hanya perlu memasukkan semua bahan ke dalam wadah alumunium atau kaca agar membuat adonan tidak tercecer ke mana-mana.

Mixer tangan untuk mengaduk adonan
Kris Mixer Tangan 300w

Beli di sini

4. Standing Mixer

Selain mixer yang memakai tangan, ada juga standing mixer yang sudah ada wadahnya. Alat satu ini bisa memudahkan kamu mengaduk adonan secara merata. Jadi, tidak perlu khawatir cepat pegal saat menggunakan alat satu ini. 

Baca Juga:   Tips Memilih Produk Slow Cooker Untuk Kebutuhan Dapur Masak Anda
Peralatan kue elektronik yakni mixer standing
Klaz Stand Mixer 4.5 Ltr 400 W

Beli di sini

5. Loyang Kue

Bila ingin membuat kue bolu atau kue tart, tentu kita harus menggunakan loyang kue. Wadah ini bisa membantu kita membuat kue secara sempurna. Pilih permukaan loyang yang anti lengket agar lebih mudah saat kita membersihkannya, seperti berikut ini.

Loyang kue bolu berukuran medium
Cooking Color Loyang Kue Bolu Medium

Beli di sini

Peralatan kue bolu
Krischef Loyang Kue Bolu 20x20x7 Cm

Beli di sini

6. Loyang Kue Kering

Sedangkan untuk membuat kue kering yang gurih dan renyah, kita bisa memakai loyang yang datar dan berukuran besar, seperti berikut ini. Namun, pastikan ukuran loyang sesuai dengan besar oven yang kamu gunakan di rumah. 

 

Loyang berbentuk persegi panjang
Selma Helen Loyang Kue Persegi Panjang – Hitam

Beli di sini

Peralatan untuk memanggang kue
Wiltshire Loyang Panggang 38x27x1.5 Cm – Rose Gold

Beli di sini

perlengkapan bikin kue

7. Cetakan

Selain loyang, kita juga membutuhkan cetakan kue, terutama unutk membuat kue kering. Kamu bisa membeli cetakan kue berbentuk bulat dan hati. 

Ada juga cetakan kue sifon yang akan memudahkan kita saat membuatnya, seperti di bawah ini.

Cetakan kue berbentuk bulat dan hati
Krishome Set 4 Pcs Cetakan Kue Bulat Dan Hati

Beli di sini

Cetakan kue bahan silikon
Krischef 1.1 Ltr Cetakan Kue Sifon Silikon

Beli di sini

8. Peralatan Kue Icing Bag

Untuk membuat krim penghias kue atau cookies dengan lebih mudah, kita bisa menggunakan icing bag. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Kita hanya perlu memasukkan adonan ke dalam wadah, lalu tekat icing bag agar adonan keluar sesuai bentuk spuit atau nozzle di bagian ujung. Kemudian, gerakkan tangan untuk membuat bentuk yang unik sesuai keinginan. 

 

Icing bag untuk kue
Cooking Color Prun Icing Bag Dengan 6 Nozzles

Beli di sini

Icing bag
Pedrini Set Icing Bag Profesional Dengan 5 Nozzles

Beli di sini

9. Wadah Adonan

Agar lebih mudah saat mencampurkan adonan, gunakan mangkuk adonan dari bahan kaca. Alat satu ini juga bisa digunakan sebagai tempat buat menghangatkan makanan, lho. Namun, pastikan wadah tersebut memang tahan panas, seperti berikut ini. 

Wadah adonan kue
Krischef 1.3 Ltr Wadah Saji Kue

Beli di sini

10. Timbangan

Peralatan kue yang wajib ada selanjutnya adalah timbangan. Alat ini akan mempermudah kita memasukkan setiap bahan sesuai dengan resep.  Pasalnya, takaran yang tidak akurat akan membuat adonan kue menjadi tidak sempurna. 

Timbangan dapur digital untuk memasak kue
Krischef Timbangan Dapur Digital 5 Kg

Beli di sini

11. Gelas Ukur

Selain timbangan, kita juga membutuhkan gelas ukur, terutama saat memasukan bahan cair. Biasanya, gelas ukur sudah dilengkapi dengan takaran berdasarkan satuan mililiter (ml), seperti berikut ini.

Baca Juga:   5 Kelebihan Alat Masak Kayu yang Perlu Kamu Ketahui
Peralatan kue
Joseph-joseph Set 2 Pcs Gelas Takar

Beli di sini

12. Spatula dan Sendok Saji Kue

Alat bikin kue berikutnya yang perlu kita miliki adalah spatula. Alat ini digunakan untuk mengaduk, meratakan, dan menuang adonan ke dalam loyang. Biasanya, spatula kue terbuat dari bahan plastik yang mudah dibersihkan.

Selain itu, kita juga perlu menyediakan sendok saji kue. Model sendok ini berbentuk segitiga dengan bagian ujung yang lancip, seperti berikut.

alat pengaduk adonan kue
Wiltshire Alat Pengaduk Adonan Silikon 26 Cm

Beli di sini

 

Krischef Set 6 Pcs Sendok Saji Kue – Hitam

Beli di sini

 

13. Alat Penggiling

Untuk membuat adonan yang lebih tipis dengan ketebalan sama, kita bisa memakai alat  penggiling unik yang lengkap dengan pegangan pada kedua sisinya. Alat ini juga bisa digunakan utnuk membuat pasta, lho.

Peralatan penggiling kue
Krischef Alat Penggiling Pasta

Beli di sini

14. Nampan Tingkat

Untuk menyajikan hasil baking, kita bisa memakai nampan tingkat. Pilih nampan dari bahan kaca agar bisa disusun dengan lebih cantik dan elegan. Jadinya, kamu bisa langsung meletakkan di atas meja, seperti ini. 

Nampan tingkat untuk meletakkan kue yang sudah matang
Krishome Wadah Saji Kaca 3 Tingkat

Beli di sini

15. Wadah untuk Menyajikan Kue

Selain nampan kaca, kamu juga bisa memakai wadah kue yang berbentuk bulat dengan penutup transparan. Pilih wadah yang terbuat dari plastik berkualitas dan food-grade, seperti di bawah ini.

Wadah kue
Krishome Wadah Saji Kue

Beli di sini

16. Stoples

Menyimpan kue atau cemilan menjadi lebih praktis dengan stoples ini. Selain menyimpan kue,  kamu juga dapat menyimpan bumbu dapur ke dalamnya. Pilih model stoples dengan lapisan transparan supaya lebih mudah melihat isi dari stoples tersebut.

Stoples untuk menyimpan kue
Karl 450 Ml Set 6 Pcs Stoples Kaca Dengan Gift Box

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa peralatan kue yang wajib kita punya di rumah. Kamu bisa membeli seluruh perlengkapan tersebut hanya melalui ruparupa.com.

miliki perlengkapan kue terbaik
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.