Juru Bicara Vaksinasi Covid 19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, untuk mencegah penularan corona varian Delta, masyarakat harus menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker double yaitu masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luarnya

Banyak yang beranggapan menggunakan masker double filter ini akan memberikan rasa sesak pada pernafasan. Namun kenyataannya tidak jika tahu cara pakai yang benar, dan memahami lebih jelas mengenai pelindung wajah ini lebih mendalam.

Pertanyaan seputar penggunaan masker double layer

masker double

Begitu banyak kebingungan di tengah masyarakat tentang protokol kesehatan yang benar, sehingga untuk mengatasinya yuk baca informasi selengkapnya yang berasal dari web kesehatan terpercaya.

Q1 : Apakah efektif menggunakan masker double untuk mencegah Covid-19?

A. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS, Centers for Disease Control and Prevention(CDC) mengatakan kalau penggunaan masker dobel mampu menurunkan resiko penularan Covid-19 hingga 90%.

Pasalnya terdapat filtrasi terhadap penyaringan udara yang dihirup, dan melindungi dari tetesan droplet saat bersin, bicara, atau batuk.

B. Berdasarkan data dari web kesehatan Alodok, ada penelitian yang menunjukan pemakaian masker dobel lebih efektif untuk mencegah penularan covid -19 ketimbang hanya menggunakan satu masker saja.

Karena dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa jenis masker bedah dapat menghalangi partikel udara yang yang memiliki potensi untuk mencegah virus Corona sebanyak 84,3% meningkat perlindungannya menjadi 96, 4% setelah di double dengan masker kain.

Alasannya sendiri karena masker bedah masih memiliki celah yang memungkinkan partikel udara atau droplet, masuk dari celah di atas hidung maupun samping pipi. Tak hanya itu, masker bedah juga lebih mudah turun hingga ke bawah hidung

Berbeda dengan masker kain yang memiliki kekencangan dan ukuran yang pas saat dipakai ke wajah.  Oleh karena faktor  inilah kombinasi masker bedah dan kain memberikan perlindungan yang jauh lebih baik 

Q2: Mengapa tidak boleh menggunakan masker medis dua layer?

Inilah pendapat para pakar kesehatan mengenai penggunaan pelindung wajah ganda

  1. Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Ginting mengatakan kalau memakai masker dobel seperti masker N95 dan KN95 tidak dianjurkan. Pasalnya pelindung wajah jenis ini sudah memiliki standar untuk menyaring bakteri dan virus. Misalnya untuk jenis N95 sudah memiliki tingkat perlindungan hingga 95 %, sehingga tidak perlu menggunakan rangkap. 
  2. Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Pasar Kemis, dr Wita Prominensa SpPK juga menambahkan, pemakaian masker bedah dobel dengan jenis yang sama tidak tidak akan memberikan perlindungan yang lebih baik.  Karena masih ada area open face yang berpotensi terjadinya kebocoran.
  3. CDC mengungkapkan kalau penggunaan masker dobel harus mengikuti aturan, seperti tidak boleh menggunakan dua masker medis secara bersamaan karena alasan kesehatan serta pernafasan. Jika ingin menggunakan masker rangkap, gunakan masker medis bersamaan dengan masker kain 3 lapisan .

Q3: Bagaimana cara memakai masker yang benar?

Menurut WHO dan Kemenkes RI ada berbagai cara menggunakan masker wajah yang tidak sesak adalah 

  1. Pilih pelindung wajah yang memiliki beberapa lapisan untuk mencegah droplet. 
  2. Pastikan untuk menggunakan penutup wajah yang menutupi seluruh area wajah termasuk kedua sisi wajah hingga dagu. Untuk memastikan keamanan ini tekan masker kain pada sisi luar, agar bagian dalam semakin dekat dengan wajah. Jika ingin mengetesnya lipat tangan dan letakan di atas masker, lalu rasakan apakah ada udara yang keluar. 
  3. Perketat bagian nose wire untuk mencegah terjadinya risiko penularan akibat kebocoran transmisi
  4. Lapisi masker medis bedah dengan masker kain katun yang memiliki pori-pori agar tidak sesak.
  5. Pilih masker pelapis yang dapat mencegah kebocoran dari sisi samping
  6. Pastikan masker yang kamu gunakan tidak menghalangi penglihatan.

Q4: Cara untuk Meningkatkan Efektivitas Masker Dobel

Menggunakan masker bedah berlapis ganda memang baik dan efektif, namun tingkatkan perlindungan dengan cara:

  1. Memilih masker yang memiliki kawat hidung karena dapat menghalangi droplet atau udara yang dapat masuk. Selain nyaman untuk penglihatan dan mencegah kacamata berkabut.
  2. Pilih lapisan yang terdiri dari dua atau tiga lapis kain, yang mana sangat baik untuk melindungi wajah dari paparan virus covid 19. 
  3. Tambahkan filter pada masker yang memiliki saku built-in, dengan kain tambahan untuk memberikan perlindungan ekstra.
  4. Cobalah menggunakan metode teknik loop yang dapat membuat masker menutupi wajah secara pas. Untuk membuatnya sangat mudah, cukup ikat karet telinga pada sisi tepi masker dan selipkan ke bagian dalam. 
  5. Tambahkan penyangga masker yang terbuat dari bahan elastis, yang dapat membantu untuk mencegah udara keluar dari bagian samping atau atas masker.

Dengan cara ini kamu akan semakin terlindungi dari paparan virus corona varian delta atau jenis lainnya yang berbahaya. Selain itu lakukan protokol kesehatan 3 M, menjaga jarak mencuci tangan dan memakai masker.

Hal wajib lainnya yang harus kamu lakukan adalah menggunakan masker pilihan yang memberikan perlindungan masksimal seperti rekomendasi di bawah ini

Rekomendasi Masker Bedah Terbaik yang Memiliki Perlindungan Maksimal

Daftar produk pelindung wajah mampu menurunkan resiko penularan Covid-19 hingga 90%.

Masker KN95 Bright Series

Lindungi diri saat beraktivitas dengen masker anti virus berkualitas berlapis empat, yang menghasilkan daya filtrasi hingga 95%. Dalam satu produk ini kamu bisa mendapatkan masker terbaik dengan warna menggemaskan

Detail produk:

  • Menyaring virus Corona, bakteri, debu, dan alergen hingga 95% (KN95)
  • Masker 4 lapisan
  • Memiliki penyangga hidung
  • Bantalan busa pada area hidung
  • dimensi produk 10.5 x 15.5
  • Isi/set : 5 pcs dengan 5 warna berbeda

Pcs Masker Kn95 Hitam

Berikan proteksi maksimal untuk diri sendiri maupun keluarga dengan masker yang memiliki ekstra lapisan dan kenyamanan dengan adanya bantalan busa tambahan. Dalam satu produk ini kamu akan mendapatkan 5 pcs masker sekaligus.

Detail produk:

  • Menyaring virus bakteri, debu, dan alergen hingga 95% (KN95)
  • Masker 4 lapisan
  • Penyangga hidung yang fleksibel
  • Bantalan busa pada area hidung
  • Dimensi produk : 10.5 x 15.5 cm

Sip Masker Anti Virus Kn95

Untuk menghindari virus corona (COVID-19), bakteri, dan polusi udara pastikan untuk selalu menggunakan masker yang lengkap dengan ikatan kencang namun tetap nyaman selama pemakaian. Jenis ini cocok untuk penggunaan medis dan pribadi.

Detail produk:

  • Masker sekali pakai
  • Isi 5 pcs
  • Menghindari virus, bakteri, dan alergen lain
  • Efektif menyaring partikel halus di udara termasuk debu ukuran PM 2.5
  • Lembut saat terkena kulit
  • Memberikan proteksi maksimal
  • Cocok untuk digunakan di rumah sakit, klinik, gudang, pabrik, dan penggunaan umum

Masker Anti Virus Apd Disposable N95 Ffp2

Untuk melindungi dari paparan penyakit virus corona (COVID-19), bakteri, dan polusi udara pastikan untuk menggunakan masker dengan proteksi tinggi yang mampu melindungi pemakainya dari droplet, debu, dan cairan

  • Menghindari virus, bakteri, debu, dan alergen lain
  • Terbuat dari material high quality, skin friendly dan composite fiber
  • 95% filtrasi (FFP2=N95)
  • Lembut saat terkena kulit
  • Memberikan proteksi maksimal
  • Cocok untuk penggunaan di rumah sakit, klinik, gudang, pabrik.

Untuk mendapatkan produk terbaik, kamu bisa mengunjungi Ruparupa, platform belanja online yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan, serta kebutuhan harian yang berkualitas. Dapatkan semuanya hanya di Ruparupa.