20 Ciri Oximeter Terbaik Untuk Pemeriksaan Gejala Covid – 19

0
1261
oximeter

Pembicaraan seputar oximeter terbaik, masih menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Apalagi sejak berita oximeter palsu dan asli viral pada berbagai platform media sosial. Banyak orang bertanya-tanya apakah benar cara membedakan alat pengukur saturasi oksigen ini dapat dilakukan dengan menggunakan pensil atau tidak.

Namun lebih dari itu ternyata para ahli mengatakan ada yang harus diluruskan dari informasi itu. Pasalnya tidak ada oximeter palsu, yang ada hanyalah perbedaan dari tingkat akurasi dan kualitasnya.

Hal ini disampaikan dokter spesialis paru Konsultan Onkologi di RSUD dr. Pirngadi Medan Dr. Moh Ramadhani Soeroso, M.Ked(Paru), Sp.P-K.Onk, yang ikut menekankan kebenaran fakta tersebut.

Singkatnya jika alat yang bertujuan untuk membaca kadar saturasi oksigen di dalam darah ini akurat, maka secara otomatis akan membaca sistem saraf pada jari dan tidak bisa menggunakan benda mati.

Dari fakta inilah kamu perlu memahami lebih jauh kalau ternyata tidak bisa membeli alat kesehatan yang sembarangan. Karena oximeter terbaik akan memiliki ciri-ciri seperti ini.

Ciri-ciri oximeter terbaik 

oximeter yang bagus
                                     Beli disini
oximeter terbaik
                         Beli disini       

 

Dalam pembahasan sebelumnya kita sempat membahas apa itu oximeter, dan cara menggunakanya. Kalau yang satu ini kita akan membahas ciri-ciri oximeter terbaik

Pengukuran yang akurat

Akurasi alat menjadi hal utama yang harus kamu perhatikan saat membeli oximeter. Karena jika alat ini tidak bisa mendeteksi kondisi denyut jantung dengan akurat, maka angka hasil saturasi oksigen juga tidak sesuai dengan kondisi tubuh yang sebenarnya.

Dalam hal ini hasil yang tidak tepat akan membahayakan penggunanya, terlebih pasien COVID – 19 yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Bagi pasien COVID – 19 sendiri oximeter memiliki fungsi yang lebih jauh yaitu mengetahui jika terjadi Happy hypoxia. Sebuah kondisi oksigen dalam darah yang menurun namun tidak terdapat gejala.

Happy hipoksia ini sangat berbahaya karena penderitanya dapat beraktivitas tanpa merasakan gejala apapun, namun dapat mengalami kematian secara mendadak.

Tidak menimbulkan rasa sakit

Oximeter terbaik tidak perlu memberikan tekanan terlalu keras pada jari, namun tetap dapat mendeteksi dan memberikan hasil yang akurat.

Dari hal ini kita bisa melihat bahwa kenyamanan juga menjadi salah satu faktor yang harus kamu pertimbangkan saat membeli pengukur kadar oksigen dalam darah.

Ukuran yang Compact

Salah satu ciri oksimeter yang bagus,  terlihat dari ukurannya yang kecil dan compact.  Kelebeihan inilah yang akan memudahkan penggunanya ketika ingin membawanya saat traveling ataupun melakukan isolasi mandiri dari manapun.

Selain itu karena ukurannya yang kecil,penggunanya dapat melakukan penyimpanan dengan mudah atau menyelipkannya pada tas, dan saku baju.

Ringan

Menjadi salah satu alasan saat memilih produk oximeter. Pasalnya bukan saja lebih praktis, tapi alat kesehatan yang lebih ringan tidak akan memberikan beban yang berlebihan pada penggunanya. Poin ini berhubungan erat dengan penjelasan sebelumnya yang membahas tentang ukuran alat yang compact.

Tahan lama

Untuk pasien COVID-19 tentunya mereka harus melakukan pengecekan secara berkala.  Karena alasan ini juga setiap orang memerlukan alat yang bisa bertahan lama untuk dapat dipergunakan dalam waktu yang panjang.

Selain itu alat ini juga berfungsi baik untuk orang-orang yang mengalami penyakit paru-paru obstruktif, asma bronkial atau gagal jantung yang membutuhkan pemantauan terus menerus.

Shutdown otomatis

Salah satu ciri-ciri oximeter terbaik lainnya adalah alat yang dapat mati secara otomatis hanya dalam hitungan detik. Kelebihan seperti inilah yang akan membuat perangkat tahan lama serta daya baterai yang lebih panjang.

Sensitif 

Untuk memantau saturasi oksigen dalam darah, oximeter harus sensitif  dan cepat mendeteksi saraf jari tangan yang menjadi objeknya. Fitur ini wajib hukumnya karena berfungsi untuk mengukur kadar oksigen secara akurat.

Pengukuran berlangsung cepat

Kriteria oximeter terbaik harus memiliki satu fitur yaitu menghitung dengan cepat kadar  oksigen dalam tubuh. Dengan begitu hasil perhitungan akan langsung terlihat meskipun hanya dalam hitungan detik.

Kecepatan alat sangat penting karena dapat mengetahui perubahan di dalam waktu singkat atau istilahnya memiliki fitur data real time.

Nyaman untuk segala usia

Tahukah kamu kalau ada beberapa oximeter yang nyaman digunakan orang dewasa namun tidak untuk anak-anak.  Baik itu karena ukuran jari yang berbeda-beda, maupun ukuran alat yang bergaam.

Sehingga mengetahui hal ini ada baiknya kamu memilih alat kesehatan yang dapat digunakan untuk segala usia.

Berfungsi baik untuk mendeteksi segala warna kulit

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan, oximeter dapat menunjukkan hasil yang tidak akurat pada orang yang berkulit gelap. Bahkan panduan klinis Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS juga menunjukkan pigmentasi kulit dapat mempengaruhi oksimeter. Namun hal ini tentunya tidak berpengaruh pada pulse oximeter terbaik.

Desain yang modern

Memang bukan menjadi hal utama yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih alat kesehatan. Tapi mata tidak mungkin bisa bohong. Rasanya sangat sulit menolak produk yang memiliki desain lebih baik. Untuk itu pilihlah oximeter  yang tepat akurat serta memiliki desain yang cantik.

Multifungsi

Banyaknya oximeter yang tersebar di pasaran, tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda titik ada yang hanya bisa memantau kadar oksigen, namun ada juga yang bisa berfungsi untuk mengecek denyut jantung kelebihan inilah yang perlu kamu perhatikan

Mudah Penggunaannya

Pulse oximeter terbaik  seharusnya mudah digunakan oleh siapa saja,  termasuk oleh orang awam sekalipun. Pasalnya banyak orang yang membeli alat kesehatan oximeter untuk mereka gunakan secara mandiri di rumah, terlebih bagi mereka yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Memiliki izin edar

Faktor satu ini harus dan wajib banget kamu tahu karena oximeter yang baik dan sudah teruji klinis akan mendapatkan izin edar produk alat kesehatan yang resmi. Sehingga pastikan untuk mengecek izin edar produk tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Hindari juga membeli produk dengan harga miring namun belum terjamin keasliannya.

Resistensi cahaya 

Saat membaca hasil pengukuran oximeter yang tertera pada layar LCD  tidak selalu mudah. Karena ada beberapa alat yang tidak memiliki fitur resistansi cahaya yaitu pemblokiran cahaya struktur. Meskipun terlihat sederhana tfitur ini membuat penggunanya lebih mudah untuk membaca hasil saturasi oksigen dalam tingkat cahaya redup maupun tinggi.

Garansi 

Salah satu hal yang wajib ada dari sebuah produk adalah garansi, yang menjadi solusi ketika sewaktu-waktu terjadi masalah terhadap produk yang dibeli oleh konsumen. Kelebihan inilah yang jarang dimiliki oleh beberapa produk tertentu dan hanya bisa ditemui dari brand-brand terpercaya.

Pilih yang dijepitkan pada jari

Para pakar sepakat bahwa model terbaik oximeter untuk penggunaan di rumah adalah yang pemakaiannya dengan cara dijepitkan pada ujung jari.

Meskipun saat ini banyak model-model terbaru seperti aplikasi smartphone berbasis kamera atau menggunakan teknologi canggih, yang mengukur saturasi oksigen tetap saja produk tersebut tidak dapat diandalkan.

Bahkan sebuah studi di American journal of emergency medicine menguji 3 aplikasi iPhone yang menawarkan fungsi-fungsi oximeter nadi. Tapi sayangnya semuanya gagal memberikan hasil akurat.

Sehingga dari riset itu menyimpulkan aplikasi tersebut memiliki kemampuan terbatas dan tidak dapat mendeteksi hipoksia secara akurat.

Memiliki sensor gravitasi

Oximeter yang bagus dapat mendeteksi gerakan tangan yang terjadi, yang mana tidak akan mempengaruhi hasil pengukuran. Alasannya karena alat dengan sensor gravitasi tetap dapat mendeteksi kadar saturasi oksigen yang ada meskipun saat sedang beraktivitas sekalipun.

Mengusung fitur canggih

Beberapa oximeter menawarkan fitur terbaik yang dapat digunakan oleh penggunanya.  Dalam hal ini  oximeter bukan saja berfungsi sebagai alat medis yang baik, tapi juga melengkapi penggunanya untuk mendapatkan kenyamanan keuntungan dalam satu produk

Tampilan layar yang nyaman di mata

Salah satu fitur yang harus kamu tahu dan sangat penting dalam memilih oximeter adalah  tampilan layar yang jelas terang dan dan nyaman di mata.  Bahkan saat ini sudah ada yang mengusung layar OLED yang biasanya terdapat pada layar smartphone.

Dengan mengetahui ciri ciri oximeter terbaik, siapa saja dapat melakukan pengecekan kesehatan tanpa harus pergi ke rumah sakit. Juga dapat memeriksa kadar oksigen secara maksimal, dan mecegah happy hypoxia yang dapat berakibat fatal.

Lalu jika kamu bertanya oximeter merk apa yang bagus? maka cobalah untuk mempercayakannya pada Sowell. Brand terpercaya yang sudah lulus uji, dan memiliki 20 syarat ciri-ciri oximeter terbaik. Temukan produk kesehatan bergaransi resmi, dengan harga terbaik hanya di Ruparupa

oximeter terbaik