Bulan Oktober selalu identik dengan perayaan Halloween yang menggema di seluruh dunia. Perayaan yang jatuh setiap tanggal 31 Oktober ini selalu dinanti oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tradisi perayaan Halloween di berbagai negara selalu dimeriahkan dengan pesta kostum, dekorasi rumah dengan simbol Halloween dan tentunya sajian makanan khas Halloween.

Bicara soal makanan, ternyata apple caramel termasuk makanan yang wajib dihidangkan saat Halloween. Mengapa begitu?

Halloween selalu bertepatan dengan panen apel, karena itulah muncul kreasi untuk mencelupkan apel ke dalam cairan gula yang akhirnya dihidangkan menjadi apple caramel.

Istimewanya, sajian apple caramel ini nantinya juga akan dihidangkan dengan hiasan-hiasan yang unik bertemakan Halloween. Oleh karena itu, tentunya apple caramel buatan setiap rumah akan berbeda-beda.

Ingin mencicipi makanan khas hari Halloween ini? Atau ingin membuatkan apple caramel sebagai hidangan istimewa di hari Halloween? Anda dapat membuat apple caramel sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang cukup sederhana. Mau tahu caranya? Mari simak cara membuat apple caramel berikut ini!

Bahan-bahan :

– 6 buah apel ukuran kecil, cuci bersih

– 150 gram gula pasir

– 2 sendok makan krim kental

Butter

– Tangkai es krim

Cara Membuat :

  1. Buang tangkai apel, kemudian tusukkan tangkai es krim di lubang tengah apel, sisihkan
  2. Siapkan loyang yang telah dilapisi dengan butter, sisihkan.
  3. Lelehkan gula dalam wajan kecil hingga mencair dan berwarna kuning keemasan. Matikan api lalu segera tuang krim kental dan aduk rata agar karamel tidak gosong
  4. Celupkan apel yang telah bertangkai ke dalam karamel dan putar-putar sehingga semua bagian terbalut oleh karamel.
  5. Selagi karamel masih panas, Anda juga bisa menambahkan beberapa topping seperti meises, kacang, atau lelehan cokelat.
  6. Letakkan apple caramel di loyang berlapis butter, diamkan beberapa saat.
  7. Susun apple caramel di atas piring saji atau rak makanan bertingkat

Resep di atas merupakan cara membuat apple caramel yang paling sederhana. Anda bisa berkreasi dengan beragam metode seperti memanggang apel terlebih dahulu hingga empuk atau bahkan menggorengnya sebelum dicelup ke saus karamel. Apple caramel juga bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

Demikian cara membuat apple caramel yang bisa Anda praktikkan di rumah. Cara membuat apple caramel-nya sangat mudah, bukan? Anda tentu sudah mendapatkan sedikit gambaran bagaimana sensasi yang akan terasa di lidah Anda saat mengunyah buah apel yang renyah dibalut dengan gula karamel yang legit dan manis. Lezat sekali! Makanan ini sangat cocok dihidangkan sebagai hidangan penutup menyambut hari Halloween. Ayo tunggu apa lagi? Selamat mencobanya di rumah, ya!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here