Ketakutan terbesar yang paling sering dialami oleh pemilik anjing adalah ketika hewan peliharaannya tidak nafsu makan. Umumnya, anjing sangat suka makan, bahkan beberapa pemilik anjing ras mengaku, peliharaannya dapat menghabiskan makanan anjing apapun yang diberikan kepadanya. Tak heran jika Anda kini merasa gusar dan bertanya-tanya mengapa anjing peliharaan Anda tidak nafsu makan.

Nafsu makan yang berkurang bisa menjadi pertanda makanan anjing yang tidak cocok, stres berada di lingkungan baru atau adanya gangguan kesehatan yang dialami anjing peliharaan Anda.

Segeralah temukan penyebabnya, karena jika hal tersebut dibiarkan dan dianggap remeh maka pertumbuhan anjing akan terganggu. Akibatnya, badan anjing peliharaan Anda menjadi kurus, lesu, stamina menurun dan akhirnya sakit. Tentunya Anda tak ingin hal ini terjadi bukan?

Siasati kebiasaan anjing peliharaan Anda yang tidak nafsu makan lewat beberapa tips berikut :

Jika anjing Anda tidak nafsu makan karena mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya segera Anda periksakan ke dokter agar dapat ditangani dengan cepat. Namun jika penyebabnya adalah karena stres, pemicunya bisa saja karena anjing Anda harus beradaptasi ke tempat baru, ditinggal majikannya pergi, memiliki majikan baru, ada anjing baru yang memasuki teritorinya atau justru salah satu anjing di sekitarnya baru meninggal. Untuk itu buatlah anjing peliharaan Anda merasa rileks dan nyaman. Buatlah jadwal harian yang teratur dan biarkan ia beradaptasi dengan jadwal tersebut. Berikan perhatian dan kasih sayang, karena itulah yang paling ia butuhkan saat ini. Ajak ia berjalan-jalan dan bermain. Saat stresnya hilang, nafsu makan anjing Anda pun akan kembali normal.

Anjing ras akan lebih mudah diberi makan pada pola waktu yang sama setiap hari.

Tetapkanlah waktu yang teratur untuk makan.

Cara mengajari anjing agar makan dengan teratur adalah dengan meletakkan makanan di depannya dan berikan jeda waktu 10 menit untuk makan.

Jika ia tidak menyentuhnya, singkirkan mangkuk makan dari hadapannya. Perlahan-lahan ia akan terbiasa dengan waktu makan yang Anda tetapkan. Anjing peliharaan Anda pun akan mengerti bahwa ia harus makan saat makanan disajikan, karena jika ia tidak mau makanan itu akan dibawa pergi darinya. Kemudian ubahlah pandangan anjing peliharaan Anda terhadap makanan. Mulailah menyiapkan makanan anjing pada saat yang sama dengan saat Anda memasak makan malam untuk diri Anda sendiri. Buatlah diri Anda terlihat sangat bersemangat. Ciptakan suasana yang tenang, menyenangkan dan bebas dari gangguan.

Cemilan juga menjadi faktor berkurangnya nafsu makan anjing Anda. Saat anjing sudah terlalu kenyang dengan cemilannya, maka ia tidak akan mau menyentuh makanan utamanya lagi. Pada anjing yang berumur dan kehilangan penciumannya, Anda bisa berikan makanan kaleng, menambahkan kuah daging atau mencampur makanan basah dan kering untuk merangsang nafsu makannya. Selain itu, jangan lupa memperhatikan cita rasa, kandungan gizi yang terkandung dalam makanannya. Berikanlah berbagai jenis makanan anjing yang mengandung protein dan cita rasa tinggi agar ia tidak bosan.

Salah satu makanan anjing terbaik, penuh gizi berkualitas serta cita rasa yang tinggi adalah Pedigree.

Pedigree diciptakan khusus untuk memberikan nutrisi penting bagi anjing ras menurut kebutuhan dan usia. Jumlah nutrisi yang terkandung di dalam setiap saji makanan anjing harus sangat diperhitungkan. Misalnya, makanan anak anjing mengandung perbandingan kalsium dan fosfor yang tepat agar dapat mendukung pertumbuhannya. Dengan memberikan Pedigree sebagai makanan yang tepat, nafsu makan anjing ras Anda dapat kembali normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here