Tahun ini Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan setiap pengguna kartu seluler melakukan registrasi nomor SIM baru dan registrasi ulang nomor SIM lama mulai 31 Oktober 2017 kemarin hingga 28 Februari 2018. Sebenarnya registrasi ulang kartu seluler seperti ini bukanlah yang pertama. Registrasi kartu seluler prabayar sudah beberapa kali diwajibkan oleh pemerintah, seperti pada tahun 2005 dan 2014 lalu. Namun, registrasi ulang kartu seluler yang kali ini cukup berbeda.

Apa yang membuat registrasi ulang kartu seluler kali ini berbeda?

Tahun ini pemerintah berencana menyinkronkan data pemilik kartu dengan Nomor Induk Kependudukan di Kementerian Dalam Negeri. Tujuannya tentu saja yang utama adalah untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pengguna dari spam, SMS yang tidak bertanggung jawab, usaha penipuan, dan sebagainya. Keamanan dan kenyamanan berkomunikasi menjadi concern utama dari gerakan ini.

Jadi registrasi kali ini menargetkan keabsahan data identitas dan validitas siapa pengguna nomor ini sebenarnya.

Repotkah?

Tidak juga. Anda dapat mendatangi gerai pelayanan penyelenggara layanan telekomunikasi masing-masing atau melakukan registrasi secara mandiri melalui SMS ke 4444. Keseluruhan proses registrasi hanya memakan waktu 1 menit. Mudah sekali! Yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Registrasi Ulang Kominfo - Registrasi Ulang Kartu Seluler

Pastikan Anda melalukan registrasi dengan format yang benar. Berikut adalah format registrasi sesuai jenis operator kartu seluler yang digunakan.

Cara Registrasi Ulang Sesuai Operator - Registrasi Ulang Kartu Seluler

Registrasi kartu seluler ini juga diwajibkan untuk seluruh turis dan warga negara asing loh. Akan ada gerai-gerai yang disiapkan oleh Kominfo untuk mendaftarkan kartu seluler yang dibeli dengan memasukkan nomor paspor, nomor visa, Kitas, dan Kitap. Jadi, ini bukan hanya untuk WNI saja.

Ayo kita sama-sama mendukung pemanfaatan National Single Identity Number atau Nomor Identitas Tunggal Nasional yang validitasnya bisa diperiksa ke Kementerian Dalam Negeri. Caranya dengan segera melakukan registrasi sebelum tenggat waktu yang ditentukan dan mengajak seluruh keluarga serta kerabat untuk melakukannya juga. Mendukung hal ini, Ruparupa telah menyiapkan berbagai power bank serta aksesori telepon genggam dan tablet yang dapat Anda gunakan saat mengirim SMS registrasi atau bertelepon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here