Perubahan banyak terjadi pada anak-anak yang sedang mengalami peralihan ke usia remaja. Salah satu tandanya adalah ketika anak Anda sudah mulai meminta agar kamarnya direnovasi, atau ingin segera memiliki kamar sendiri yang terpisah dari adik atau kakaknya. Ini merupakan hal yang wajar dalam masa pertumbuhan dan ada baiknya Anda mempertimbangkan hal ini serta turut membantunya dalam proses penataan kamar tidurnya.

Desain kamar tidur anak remaja tentunya akan jauh berbeda sewaktu mereka masih kanak-kanak.

Desain kamar tidur anak yang semula bertemakan karakter kartun, serta furniture berukuran mungil harus diganti sesuai dengan keinginan dan perkembangan anak. Biasanya, anak remaja akan mulai menarik diri dari keluarga dan mulai sibuk dengan aktivitas pribadinya. Maka sebaiknya Anda sebagai orang tua dapat memfasilitasi mereka dengan kamar tidur yang nyaman, cukup dan sesuai dengan karakter serta hobi mereka. Sempatkanlah waktu untuk berdiskusi serta menata ulang kamar tidur anak Anda.

Ijinkan anak Anda untuk berkreasi, bahkan menyampaikan opininya dalam menentukan meja belajar seperti apa yang cocok baginya, serta mengatur penempatan furniture dan barang-barang lainnya agar sesuai dengan keinginannya. Dengan begitu anak Anda tidak akan cepat bosan, dan merasa tidak memiliki privasi. Kebanyakan dari para remaja tidak ingin ada terlalu banyak barang di kamar mereka. Kadang, mereka hanya butuh ruang kosong beralaskan karpet untuk tempat bercengkrama dengan teman-temannya. Di sinilah peran Anda untuk menciptakan desain kamar tidur anak yang menarik namun tetap memberikan kenyamanan. Anda bisa memainkan komposisi warna pada cat dinding, serta warna furniture yang selaras dengan konsep ruangan.

Gunakan warna favorit anak untuk dinding kamar. Hindari warna-warna gelap dan carilah warna-warna yang netral. Campuran warna putih dan vibrant blue akan sangat digemari dan menjadi kombinasi yang sempurna untuk dinding kamar tidur anak laki-laki maupun kamar tidur anak perempuan. Vibrant blue juga termasuk warna yang menenangkan dan sangat remaja.

Mengapa harus menghadirkan warna-warna yang menenangkan?

Pada usia remaja, anak-anak akan lebih sering mengalami pergumulan dalam sekolahnya dan dalam hubungan pertemanannya. Pada masa transisi ini, kamar bagi anak remaja akan menjadi tempat yang bisa mengembalikan energi, mood dan melepas lelah. Oleh karena itu, ciptakanlah suasana yang nyaman dan menenangkan.

Gantilah sprei dan bed covernya dengan warna biru turquoise atau biru muda dengan corak yang tidak terlalu banyak. Letakkan beberapa frame foto di meja atau di dinding untuk menampilkan foto-foto si anak yang sudah beranjak dewasa. Untuk kebutuhan belajarnya, Anda bisa mengganti meja belajar beserta kursinya yang mungkin sudah terlalu kecil dengan model terbaru. Lengkapi juga dengan lampu belajar yang minimalis agar sesi belajar lebih nyaman dengan penerangan yang cukup. Untuk menambah ruang penyimpanan, rak-rak gantung berwarna putih polos dapat dimanfaatkan untuk menyimpan buku-buku pelajaran atau pajangan.

Dalam berdiskusi mengenai desain kamar tidur anak remaja Anda, pastikan desainnya secara keseluruhan dapat mengakomodasi keinginannya sekaligus kebutuhannya.

Jika Anda ingin mendapatkan beragam ide desain kamar tidur anak remaja, Ruparupa.com menyediakan beragam pilihan furnitur dan perlengkapan kamar tidur anak lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here