Melatih Fokus Anak Melalui Boks Mainan

0
330
boks penyimpanan mainan

Anak-anak sangat mencintai mainan. Mau bukti? Ajak mereka ke toko mainan. Hampir dipastikan Anda akan kesulitan membawa mereka keluar toko walaupun di rumah mainan mereka sudah menumpuk. Oleh karena itu Anda butuh kotak mainan untuk menjaga rumah tetap rapi dari mainan yang berserakkan.

Percuma untuk mengisolasi anak-anak dari mainannya, menyiasati bagaimana mereka tidak membuat “kekacauan” dengan mainan tersebut adalah solusi yang Anda perlukan. Selama Anda memilihkan jenis yang tepat, mainan justru memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Bagi bayi, mainan dengan musik misalnya akan membantu mereka mengeksplorasi rasa dan membangun kemampuan motorik.

Balita bisa belajar lebih banyak bentuk bersama orang tuanya dengan mainan sejenis blocks atau bricks. Sementara saat anak mulai memasuki usia pra-sekolah, mainan seperti puzzle hingga gadget yang aman akan membantu mereka mengenal huruf, angka, serta meningkatkan kemampuan bahasa yang akan berguna saat mereka masuk sekolah nanti.

Selain sederet fungsinya, mainan kerap kali membuat Anda harus pusing dengan kondisi rumah yang mirip kapal pecah saat harus merapikannya ketika si kecil selesai bermain.

Anda mungkin tidak menyangka bagaimana kotak mainan tak hanya berperan sebagai wadah mainan, tetapi juga bisa memberikan beragam cara untuk melatih fokus anak.

Dekorasi Ruang Bermain

boks penyimpanan mainan

Mendedikasikan satu area atau ruangan yang difungsikan khusus untuk anak bermain akan meminimalisasi mainan berserakan ke area rumah yang lain setelah mereka bermain. Kotak mainan dengan warna-warna menarik akan membantu mempercantik spot tersebut membuat mereka betah menghabiskan waktu di situ, apalagi jika area tersebut juga dihias menarik dengan cat atau kertas dinding penuh warna.

Belajar Memilah

Pilihlah beberapa kotak dengan warna yang berbeda, kemudian ajari anak untuk memisahkan mainan mereka berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya kotak warna merah untuk boneka, kuning untuk balok dan puzzle, hijau untuk buku, dan lain-lain. Ini bisa menjadi cara melatih fokus anak pada apa yang mereka kerjakan.

Menciptakan Kedekatan

Kotak mainan bahkan bisa mengeratkan hubungan Anda dengan si kecil. Caranya, ciptakan suasana menyenangkan untuk mengajarkan anak terbiasa merapikan sendiri mainannya sejak dini. Misalnya, Anda bisa menantang mereka dengan instruksi seperti, “Siapa yang bisa memasukkan lebih banyak mainan ke kotak yang tepat dalam tiga menit?” Anda bisa menjadi penghitung waktu (sekaligus kompetitor jika anak baru satu) sementara pasangan menjadi wasit yang menentukan siapa “pemenang” permainan ini secara adil. Cara melatih fokus anak seperti ini akan membuat Anda dan si kecil pun bisa bersenang-senang bersama.

Mengajarkan Kedisiplinanboks penyimpanan mainan

Ketika cara menyenangkan ternyata tidak berhasil, aturan lebih tegas perlu diterapkan untuk mengajari anak lebih disiplin. Kembali menggunakan kotak mainan, kali ini Anda perlu menyediakan ekstra kotak sebagai kotak “hukuman”. Saat si kecil bersikeras untuk tidak merapikan mainannya, Anda bisa menggunakan kotak “hukuman” tadi untuk mengisolasi mainan kesayangannya selama beberapa waktu. Si kecil tentu tidak ingin berlama-lama berpisah dari mainan favoritnya.

Mulai sekarang Anda bisa mengoptimalkan peran kotak mainan di rumah sekaligus sebagai cara mengajari anak tentang beragam nilai baru. Temukan beragam pilihan kotak penyimpanan yang unik untuk si kecil.

Selamat mencoba!