Seiring dunia berubah semakin modern dari hari ke hari, desain dan fitur perlengkapan kamar mandi pun juga demikian. Boleh dibilang setiap tahun berubah mengikuti perkembangan zaman dan tentu saja, kebutuhan Anda. Hal ini tentu membawa pengaruh besar dalam pengaturan kamar mandi masa kini. Bagi Anda yang suka kepraktisan, shower jadi pilihan tepat dan toilet bisa diletakkan bersebelahan. Namun bagi Anda yang suka bermain air berlama-lama, bathtub merupakan peralatan yang sempurna. Belum lagi wastafel dan keran yang wajib terlihat cantik.

Karena varian yang sangat beragam itulah, perlengkapan kamar mandi modern sebenarnya juga sudah terbagi-bagi lagi. Mulai dari peralatan kamar mandi, aksesori, solusi penyimpanan, hingga kebutuhan tekstil. Sehingga menentukan perlengkapan kamar mandi yang sesuai dengan preferensi, pada akhirnya dapat membantu Anda menikmati kebebasan saat merawat diri. Asyik kan?

24 Perlengkapan Kamar Mandi Masa Kini

Kamar mandi selayaknyalah menjadi ruang yang damai, nyaman, dan memberikan kemudahan untuk sesi menyegarkan diri sebelum dan setelah selesai beraktivitas. Jadi jangan hanya mendambakan kamar mandi terbaik, wujudkan sekarang kamar mandi terbaik versi Anda.

Peralatan kamar mandi

Perlatan kamar mandi secara umum adalah fasilitas utama yang harus ada pada sebuah kamar mandi. Bathtub, shower, toilet, wastafel, dan keran-keran air. Semua harus dilengkapi dengan saluran air yang mumpuni dan pipa yang mengalirkan air buangan dengan baik.

Beberapa tips penting saat memilih peralatan kamar mandi yang tepat adalah seperti berikut:

1. Kualitas No. 1

Peralatan kamar mandi dengan kualitas terbaik akan menjamin pemakaian dalam jangka waktu lama. Bahan bisa dari keramik atau akrilik ABS. Sedangkan untuk keran air, material yang cocok adalah brass dan chrome karena bersifat antikarat.

2. Garansi 100% Terjamin

Beberapa brand peralatan kamar mandi kini juga dilengkapi dengan garansi suku cadang hingga garansi layanan fitur. Ini sangat penting, yaitu memberikan tambahan keamanan dan kenyamanan bagi Anda. Terlebih lagi saat membeli produk yang harganya terbilang diatas rata-rata. Anda harus benar-benar yakin bahwa suku cadang pengganti pasti tersedia.

3. Fungsional

Pilihlah produk peralatan kamar mandi yang memiliki fungsi yang beragam dalam satu alat. Misalnya keran air yang bisa untuk air panas dan dingin, juga untuk shower dan mengalirkan ke bathtub. Hal ini berguna untuk menghemat layout kamar mandi Anda.

4. Desain Favorit

Terakhir tentunya desain sesuai pilihan Anda. Ini pun adalah hal yang penting dalam rangka mewujudkan tampilan kamar mandi impian. Desain dapat menaikkan nilai kamar mandi itu sendiri menjadi ruang yang berbeda

Produk peralatan kamar mandi pilihan dari Ruparupa

Bathtub

Perlengkapan kamar mandi

Shower

Perlengkapan kamar mandi

Toilet

Perlengkapan kamar mandi

Wastafel

Perlengkapan kamar mandi

Keran air

Perlengkapan kamar mandi

Aksesori kamar mandi

Selanjutnya yang penting ada dalam sebuah kamar mandi adalah aksesori kamar mandi. Aksesori kamar mandi sifatnya menunjang sesi membersihkan diri dan tentu saja membuat segalanya menjadi lebih mudah. Menjangkau sabun lebih mudah, mengeringkan badan lebih mudah, hingga membersihkan kamar mandi lebih mudah. Singkatnya, praktis, fungsional, dan atraktif jadi satu.

Karena memang macam-macam produk yang bisa Anda beli, tak ada salahnya untuk membuat daftar dulu sebelum berbelanja. Hal ini membantu Anda membeli segala sesuatu yang dibutuhkan, terutama untuk mewujudkan kamar mandi terbaik. Jangan lupa, pilih desain dan warna yang cocok dengan peralatan kamar mandi yang telah ada.

Daftar aksesori kamar mandi:

1. Rak sabun mandi dan shampoo
2. Wadah sabun cuci tangan, sabun batang, dan tempat sikat gigi
3. Tempat tissue
4. Tempat sampah
5. Gantungan handuk
6. Pegangan tambahan, bila ada penghuni lansia atau berkebutuhan khusus
7. Kaca anti kabut
8. Elektronik kamar mandi
9. Sikat pembersih kamar mandi
10. Aksesori lain, seperti dudukkan toilet tambahan untuk anak dan bangku kecil

Tips dari Sarabeth Assaf – Kitchen & Bathroom Designer

1. Rumah minimalis atau area kamar mandi terbatas, sebaiknya memilih aksesori kamar mandi dengan tema clean

2. Untuk tema kamar mandi vintage, pilihan ideal bisa berupa aksesori dengan elemen kombinasi chrome dan kayu

3. Jika terlanjur jatuh cinta dengan keran air berwarna emas, pasangkan dengan aksesori bernuansa emas juga

Solusi penyimpanan kamar mandi

Setiap kamar mandi pasti akan lebih rapi dengan adanya solusi penyimpanan kamar mandi. Solusi penyimpanan seperti ini akan menyamarkan tumpukan perabot-perabot kecil seperti persediaan tissue toilet, toiletries, hingga botol cairan pembersih kamar mandi. Membuat semua mudah mencarinya seketika dibutuhkan.

Walau luas kamar mandi Anda kecil, solusi penyimpanan terkadang malah menjadi penyelamat dan memberikan ilusi ruang yang lebih lega. Bukan tak mungkin sekarang malah Anda menemukan spot kecil menaruh karya seni atau wewangian di sana. Crate&Barrel memaparkan ide cerdas untuk soal ini.

Tips mengatur solusi penyimpanan kamar mandi

1. Untuk kamar mandi luas terbatas

– Coba terapkan rak melayang atau rak terbuka, untuk menolong Anda menciptakan ruang penyimpanan tanpa memakan banyak tempat

No drawer? no problem. Tersedia banyak pilihan keranjang, kotak warna-warni, hingga mangkuk artistik yang bisa Anda alih fungsikan sebagai laci model baru, Jadilah kreatif!

– Jika masih menemukan ruang dan ingin menempatkan karya seni, cobalah sesuatu yang tersimpan dalam frame foto mungil. Trik ini memberikan dampak yang lebih besar pada keseluruhan tampilan kamar mandi

2. Untuk kamar mandi yang lebih besar

– Mempunyai kabinet kamar mandi selalu adalah pilihan yang tepat. Baik itu di bawah wastafel, di dinding, atau memanjang sepanjang dinding yang berjendela.

– Karena laci sudah tersedia, saatnya mengisinya dengan berbagai kebutuhan. Gunakanlah organizer agar isi laci tetap rapi.

– Nah, jika masih menemukan tempat di atas kabinet, bunga dan aneka vas sangat bagus untuk memberikan kesan kamar mandi nyaman seperti di spa

Penyimpanan kamar mandi yang cocok untuk Anda

Rak penyimpanan kamar mandi

Rak gantung kamar mandi

Kabinet kamar mandi

Berbagai organizer

Kebutuhan tekstil kamar mandi

Last but not least, kebutuhan tekstil kamar mandi. Istilah yang asing? Baiklah, Anda tentu dapat langsung mengenalinya dengan sebutan keset kamar mandi, tirai mandi, juga aneka handuk. Produk kebutuhan tekstil kamar mandi ini juga sangat bervariasi pilihannya. Mulai dari yang polos hingga bermotif lucu lengkap tersedia. Tenang, simak cara mudah memilihnya di sadur dari website Crate&Barrel berikut ini.

For any size bathroom,

coordinate your towels, curtains, and bathroom rugs & bath mats. There’s no need to be matchy-matchy, but make sure there is one consistent aspect, whether it be pattern, color, or theme.

In addition, when thinking of the color scheme, consider the mood you want in the bathroom. Do you want to feel calm? Or do want more a wake-me-up feel? Don’t worry, no matter what ideas you’ll implement, sure it brings you happiness and organizational peace. Good luck!

Jadi terinspirasi dan ingin langsung mencoba tips di atas? Tak usah repot dimana mencarinya. Ruparupa menjual banyak sekali pilihan tekstil kamar mandi yang mungkin Anda suka. Temukan 100+ keset kamar mandi, tirai kamar mandi mulai dari Rp 80 ribuan, hingga handuk mandi katun aneka warna untuk seluruh keluarga.

Akhirnya, saatnya menentukan apa perlengkapan kamar mandi yang paling memberikan kebebasan kepada Anda saat merawat diri. Belanja perlengkapan kamar mandi pilihanmu sekarang.