7 Cara Membersihkan Air Cooler Agar Kembali Sejuk

0
316
Air cooler

Sama seperti air conditioner, membersihkan air cooler secara rutin merupakan hal yang penting. Apalagi, air cooler menjadi salah satu alat pendingin yang disukai banyak orang.

Selain bisa menyejukan ruangan, air cooler juga tidak akan membuat tagihan listrik membengkak.  Nah, bila mesin di dalam alat pendinginan ini kotor dan berdebu, bisa-bisa air cooler jadi tidak dingin.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Mudah Membersihkan Air Cooler?

Tanda mesin pendingin ini sudah kotor adalah udara yang dihasilkan tidak lagi sejuk seperti awal digunakan. Nah, kamu perlu langsung membersihkannya dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Ganti Air di dalam Tangki Secara Rutin

Air di dalam tangki alat pendingin ini perlu dikuras secara rutin agar terhindar dari adanya lumut. Soalnya, air yang berlumut bisa membuat produksi udara dari mesinnya menjadi kurang higienis.

Baca Juga:   5 Cara Belanja Lebih Hemat di ACE Parade

2. Bersihkan Filter Air Cooler

Selain tangki air, kamu juga perlu membersihkan filter di dalam air cooler. Apalagi, filter berfungsi buat menyaring udara dan air supaya ruangan menjadi lebih sejuk dan mengurangi partikel debu.

Alat pendingin udara
Kris Evaporative Air Cooler 1500 Cmh – Abu-abu

3. Bersihkan Permukaan Tangki Air

Tidak hanya perlu mengganti air, kita juga harus membersihkan permukaan tangki. Hal ini bertujuan agar tangki tidak berlumut dan berjamur.

Caranya pun cukup mudah, yaitu keluarkan tangki dari air cooler dan buang seluruh sisa airnya. Lalu, sikat permukaan tangki sampai bersih menggunakan sabun cuci. Setelah itu, bilas kembali menggunakan air bersih.

4. Keringkan Tangki Sampai Bersih

Jika bagian tangki sudah disikat menggunakan detergen lembut dan air bersih, keringkan sisa-sisa air yang ada. Tujuannya, agar tangki bisa kembali siap digunakan lagi. Kamu bisa mengeringkannya dengan cara mengelap atau mendiamkan selama beberapa saat.

Baca Juga:   5 Alat Pembersih Elektronik yang Canggih Buat Meringankan Pekerjaan Rumah

5. Rutin Mengganti Cooling Pad

Cooling pad adalah bagian filter sekaligus pendingin yang terbuat dari bahan dakron.Bagian ini berfungsi untuk menurunkan tekanan udara.

Semakin sering kamu menyalakan alat pendingin ini, cooling pad di dalamnya akan mengempis sehingga tingkat keefektifannya bisa menurun sepanjang waktu. Maka dari itu, kamu disarankan untuk rutin menggantinya.

6. Lap Menggunakan Kain yang Lembab

Setelah tangki selesai dibersihkan, kamu perlu mengelap bagian interior luar dengan kain microfiber yang lembab. Soalnya, keberadaan partikel debu dan kotoran di bagian luar pendingin udara bisa memengaruhi tingkat kedinginannya juga, lho.

7. Pasang Kembali Semua Bagian

Nah, setelah kamu selesai mencuci cooling pad dan bagian mesinnya, kamu bisa menggunakannya kembali. Isilah tangki dengan air dan pasang kembali bagian cooling pad pada tempatnya.

Alat pendingin ruangan berwarna putih model bulat
Kris Air Cooler 5 Ltr

Beli di sini

Air cooler bentuk tinggi
Krisbow Evaporative Air Cooler 6 Ltr – Putih

Beli di sini

Jenis air cooler dengan model yang tinggi
Kris Air Cooler 2500 Cmh

Beli di sini

Alat pendingin ruangan berbentuk kotak
Apa Air Cooler 10ltr 85w

Beli di sini