7 Manfaat Buah Kurma Bagi Tubuh Selama Bulan Puasa

0
3716
manfaat buah kurma
Sumber: Pexels/Naim Benjelloun

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan buah kurma, bukan? Dari dulu, buah satu ini selalu identik dengan bulan puasa atau Ramadan. Apalagi, salah satu manfaat kurma adalah bisa meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah kurma juga kaya akan vitamin, zat besi, dan kalsium, yang dibutuhkan oleh tubuh selama kita menjalankan puasa.

Ruparupa Banner

Pentingnya Konsumsi Buah Kurma

Selain sering dikonsumsi saat buka puasa dan sahur, ternyata buah kurma juga bisa kamu nikmati sebagai makanan penutup, lho!

Jenis buah yang berasal dari Timur Tengah ini punya banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja itu?

1. Mengurangi rasa haus dan lapar

manfaat kurma
Sumber: Unsplash/
VD Photography

Manfaat buah kurma yang pertama adalah bisa membuat tubuh jadi lebih kenyang dan tidak mudah haus. Inilah yang membuat buah kurma kerap dikonsumsi saat bulan puasa.

Apalagi, buah kurma memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga membuat kita lebih lama kenyang. Selain itu, kandungan mineralnya dapat membantu kita menahan rasa haus di saat puasa.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

manfaat kurma
Sumber: Pexels/Mona Mok

Setiap hari tubuh kita membutuhkan serat harian. Tentunya, setiap orang punya asupan serat yang berbeda-beda.

Untuk laki-laki dewasa, biasanya diperlukan 34 gram setiap hari. Sedangkan untuk perempuan dewasa, dibutuhkan 28 gram serat setiap harinya.

Nah, dalam 3,5 ons kurma, terdapat 7 gram serat. Dengan adanya serat di dalam kurma, maka kesehatan pencernaan akan tetap terjaga dan mengurangi risiko sembelit.

Selain itu, serat yang ada dalam kurma juga bisa bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Meski rasanya manis, tetapi kurma memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga gula darah tidak akan cepat naik.

Baca Juga:   9 Hal yang Membatalkan Puasa Ini Harus Kamu Hindari

3. Cocok Untuk Diet Sehat

manfaat kurma
Sumber: Unsplash/engin akyurt

Jika kamu sedang mencari cemilan untuk diet sehat, maka kamu bisa mencoba kurma. Apalagi, kalau kamu suka yang manis-manis.

Kurma adalah buah yang kaya nutrisi, serat, dan antioksidan. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kurma juga bisa meningkatkan metabolisme, sehingga kamu bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

Kamu bisa mengonsumsi kurma sebagai cemilan ataupun membuatnya sebagai kue, puding, hingga jus.

Namun, tentu saja makan kurma yang terlalu banyak justru akan mengagalkan diet. Jadi, kamu hanya perlu konsumsi 3-6 kurma setiap harinya.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat kurma
Sumber: Pexels/Mark Stebnicki

Kurma yang sudah matang atau kurma kering, sama-sama mengandung vitamin C yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Vitamin C dan antioksidan yang ada di kurma juga bisa mengurangi risiko penyakit pernapasan. Vitamin lainnya, seperti vitamin A1, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B5 juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

5. Mengembalikan energi

manfaat kurma
Sumber: Unsplash/Mona Mok

Buah satu ini juga sangat diminati saat saat bulan puasa. Apalagi, gula yang terkandung dalam kurma berperan sebagai bahan bakar untuk energi.

Selain itu, manfaat buah kurma lainnya adalah buah ini mengandung banyak nutrisi yang dapat dicerna oleh tubuh. Inilah yang membuat energi kita cepat bertambah.

Buah kurma juga sering dijadikan sebagai pengganti kopi di sore hari, saat terasa mengantuk dan letih. Soalnya, buah ini dapat membuat kita jadi lebih bertenaga.

6. Memudahkan Dalam Proses Kehamilan dan Persalinan

manfaat kurma
Sumber: Unsplash/Alicia Petresc

Kurma juga mengandung vitamin B folat yang merupakan nutrisi penting selama masa kehamilan. Vitamin tersebut bermanfaat untuk mencegah cacat serius saat kehamilan, seperti spina bifida.

Baca Juga:   Resep Kue Nastar untuk Hari Raya, Praktis dan Bikin Ketagihan

Apalagi, perempuan yang sedang mengandung disarankan memenuhi 600mcg folat harian. Nah, kamu bisa mendapatkan 15mcg folat dari 100 gram kurma.

Selain itu, kurma juga akan sangat membantu saat proses persalinan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 200 perempuan hamil pada tahun 2013, membuktikan bahwa buah kurma bisa membantu meningkatkan kematangan servisks

Studi lain juga menemukan bahwa buah kurma bisa memperpendek tahap pertama persalinan karena serviks yang lebih lembut.

Bila kamu rutin mengonsumsi  kurma di akhir kehamilan, ternyata bisa mengurangi pemakaian oksitosin, obat yang digunakan untuk memulai dan mempercepat proses persalinan.

7. Bisa Melawan Penyakit

manfaat kurma
Sumber: Unsplash/Olga Kononenko

Kurma memiliki senyawa antioksidan tinggi yang bisa melindungi sel-sel di dalam tubuh dari radikal bebas. Nah, antioksidan tersebut bisa mencegah perkembangan berbagai jenis penyakit, seperti jantung, kanker, Alzheimer, sampai diabetes.

Itu dia manfaat kurma yang luar biasa untuk tubuh. Salah satu cara menikmati kurma paling mudah adalah menjadikannya sebagai minuman jus.

Untuk itu, kamu bisa membuat jus kurma yang sehat hanya dengan menggunakan blender dari ruparupa, seperti di bawah ini.

Philips 2 Ltr Blender Kaca Hr2222 30 - Hijau
Philips 2 Ltr Blender Kaca Hr2222 30 – Hijau

Beli di sini

Hamilton Beach Blender 350 Watt 58151 - Hitam
Hamilton Beach Blender 350 Watt 58151 – Hitam

Beli di sini

 

Kris Hand Blender 600w
Kris Hand Blender 600w

Beli di sini

Kris Blender Lipat Portabel Rechargeable - Putih
Kris Blender Lipat Portabel Rechargeable – Putih

Beli di sini

Di ruparupa, kamu juga bisa menemukan berbagai perabot dan peralatan rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Pendopo, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.