Apa Itu KIPI? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

0
657
KIPI

Setelah menerima vaksin Covid, mungkin saja kita bisa mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Biasanya, hal ini terjadi sebagai bentuk respon tubuh saat menerima vaksin.

Promo Furnifest

Meski begitu, Anda tetap perlu waspada dan tidak menganggapnya sebagai hal sepele. Agar tidak salah dalam menanganinnya, simak beberapa penjelasan berikut ini.

Apa itu KIPI?

KIPI

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) merupakan respon tubuh karena vaksin yang disuntikan.

Peralatan Cegah Covid

Umumnya, efek samping yang terjadi pada tubuh setiap orang tidak selalu sama. Ada orang yang mengalami respon ringan dan lokal, seperti demam, nyeri pada lengan, hingga pusing.

Bila mendapatkan respon seperti ini, biasanya akan hilang 1-2 hari. Anda juga bisa mengantisipasinya dengan banyak minum air putih, kompres dingin pada bagian yang nyeri, serta mengonsumsi paracetamol.

Namun, ada juga penerima vaksin yang mengalami reaksi berat, seperti merasakan alergi, kejang, hingga Hypotonic Hyporensponsive Episode (kehilangan rasa sensorik akut atau penurunan kesadaran, disertai dengan pucat dan kelemahan otot).

Baca Juga:   18 Syarat Vaksin COVID - 19 yang Wajib Diketahui

Bila sudah mengalami KIPI dengan reaksi berat seperti ini, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter dan menghubungi kontak fasilitas kesehatan tempat Anda menerima vaksin.

Cara Mengatasi KIPI Setelah Vaksin Dosis Pertama dan Kedua

Jika muncul gejala pasca vaksinasi dapat berupa pembengkakan, rasa nyeri, kemerah-merahan pada area yang disuntik, Anda dapat mengatasinya dengan cara melilitkan kain yang sudah dibasahi pada area yang terasa sakit tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggerakan lengan agar tidak pegal.

Namun, bila Anda mengalami gejala ringan, seperti kelelahan, pusing, nyeri otot, hingga demam, Anda dapat mengatasinya dengan banyak minum air mineral. Anda juga boleh minum paracetamol untuk mengurangi rasa sakit.

Umumnya, vaksin dosis kedua memberikan efek yang lebih intens karena tubuh sedang membangun antibodi. Akan tetapi, tidak semua orang mengalami gejala yang sama setelah vaksin.

Baca Juga:   Ini Cara Pakai Masker Double yang Benar Saat Pandemi

Namun, pastikan Anda segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan jika mengalami keluhan secara berlanjut agar segera mendapatkan penanganan.

Meski Anda mengalami KIPI, tetapi manfaat vaksin covid yang Anda peroleh akan lebih besar. Selain dapat mencegah penyakit menular, vaksin Covid  juga bisa memutuskan rantai virus Corona.

Walau begitu, tetaplah melakukan protokol kesehatan dengan 5 M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, memakai masker, dan membatasi mobilitas.

Jangan lupa juga untuk selalu membawa disinfektan dan tissue basah saat berpergian, sebagai pengganti sabun.

Kami memiliki beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda dapatkan hanya di Ruparupa.com, seperti berikut ini.

Beli di sini

Hand Sanitizer

Klik di sini

Beli di sini