7 Kesalahan Saat Membuat Jus Buah, Bisa Jadi Racun!

0
11343
kesalahan membuat jus buah
Sumber: freepik.com

Minum jus buah dan sayur secara rutin ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk bisa meningkatkan imun tubuh. Sayangnya, tanpa kita sadari ada beberapa  kesalahan membuat jus buah yang kerap kita lakukan.

Bila tidak membuat jus dengan benar, bisa-bisa menghancurkan nutrisi sehat yang terkandung dalam buah, loh. Bahkan, dalam beberapa kasus bisa menyebabkan keracunan dan mual.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Kesalahan Saat Membuat Jus Buah?

Lalu, apa saja kesalahan membuah jus buah yang perlu kita hindari? Simak berikut ini.

1. Mendiamkan jus terlalu lama

Saat selesai membuat jus, hindari mendiamkan jus tersebut terlalu lama di udara terbuka, termasuk menyimpannya di dalam kulkas. Hal ini bisa menurunkan kandungan baik dalam jus, serta membuat enzim dan nutrisi lain teroksidasi di udara.

Sebaiknya, kamu harus segera meminumnya paling lambat 15 menit. Selain itu, kamu hanya boleh menyimpannya di dalam kulkas selama 1-3 hari.

2. Terlalu banyak gula

Minuman manis memang lebih lezat. Namun, saat membuat jus buah, lebih baik hindari menambahkan gula ke dalamnya. Apalagi, di dalam buah sudah ada kandungan gula alami, lho.

Jadi, bilamenambahkan gula lagi ke dalam jus, hal ini bisa menyebabkan jus buah kamu menjadi kelebihan gula dan tidak untuk tubuh.

Baca Juga:   5 Kesalahan Memilih Slow Juicer Yang Sering Terjadi

Tentunya, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik dan insulin dalam tubuh akan menjadi tidak seimbang. Hal ini bisa berisiko terkena penyakit diabetes.

kesalahan membuat jus buah
Sumber: freepik.com

3. Mengganti makanan pokok dengan jus

Banyak dari kita sering menganggap bahwa jus buah yang kaya nutrisi dan sehat bisa menggantikan makanan pokok,yang menjadi sumber karbohidrat.

Meski bisa menurunkan berat badan, tetapi mengganti makanan pokok dengan jus bisa membuat kita kekurangan tenaga karena tidak mendapat nutrisi.

Perlu kamu ingat, jus buah adalah suplemen untuk melengkapi nutrisi makanan berat, ya. Bukan untuk menggantikannya.

4. Mengonsumsi komposisi jus buah yang sama

Semua buah tentu memiliki kandungan nutrisi yang baik, tetapi hindari mengonsumsi jus buah dengan komposisi yang sama setiap harinya, ya.

Hal ini bisa menyebabkan terjadinya timbunan racun dari pestisida. Jadi, alangkah baiknya kamu membuat jadwal komposisi jus yang berbeda setiap harinya selama satu minggu.

5. Menggunakan banyak sayuran hijau

Bagi pemula, tidak disarankan untuk membuat jus dengan komposisi sayuran hijau yang terlalu banyak.

Sayuran hijau memang sangat sehat bagi tubuh, tetapi jika mencampurkan beberapa jenis sayuran dan buah, justru bisa membuat rasa jus jadi pahit.

Rasa pahit yang terlalu kuat tersebut dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan muntah. Sebaiknya, gunakan komposisi 75 persen untuk buah, sedangkan 25 persen sayuran hijau.

Baca Juga:   12 Resep Jus Buah dan Sayur Untuk Kesehatan
kesalahan membuat jus buah
Sumber: freepik.com

6. Tidak mencuci buah dengan baik

Banyak jenis buah yang bisa kamu jadikan jus, mulai dari alpukat, stroberi, apel, manga, tomat, dan masih banyak lagi. Sayangnya, kita sering lupa untuk mencuci buah tersebut sebelum dimasukkan ke dalam blender.

Jadi, pastikan kamu telah mencuci buah sampai bersih. Kamu bisa merendam buah dengan larutan garam untuk mengangkat kotoran, debu, dan sisa pestisida yang menempel.

 

mencucii buah segar
Sumber: freepik.com

7. Menggunakan blender konvensional

Untuk mendapatkan hasil jus tanpa ampas yang segar, serta kaya nutrisi, kamu bisa mengganti blender dengan slow juicer. Alat satu ini dapat membuat jus terasa lebih lezat.

Nah, berikut ini rekomendasi slow juicer yang bisa menjadi pilihan buat kamu.

slow juicer
Hurom Slow Juicer H-300e – Abu-abu – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Itu dia beberapa kesalahan membuat jus buah yang sering terjadi. Yuk, mulai bikin jus sehat dengan benar agar kandungannya tetap terjaga.

Bagi kamu yang ingin membuat jus buah sendiri di rumah dengan mudah, kamu bisa menggunakan slow juicer hanya di ruparupa.

Berikut ini kami juga punya beberapa rekomendasi slow juicer yang bisa jadi pilihan buat kamu.

slow juicer
Hurom Slow Juicer Horizontal Gi-sbe08 – Silver – Beli hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

kesalahan membuat jus buah
Hurom Slow Juicer S12-wne01 – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini