6 Kebutuhan Dasar Untuk Memulai Usaha Kedai Kopi

0
1621
Buka Usaha

Saat ini kedai kopi banyak ditemui di berbagai tempat, terutama di kota besar. Kedai kopi seakan menjamur dan bertumbuh dengan pesat dalam waktu singkat. Kegemaran masyarakat untuk menikmati kopi seorang diri maupun beramai-ramai dimanfaatkan dengan tepat oleh para pebisnis.

Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup

Memulai usaha kedai kopi memang cukup menjanjikan dan dengan modal yang tidak terlalu besar untuk sebuah kedai kopi sederhana, dengan manual brewing. Apakah Anda ingin ikut mencoba peruntungan dengan memulai buka usaha kedai kopi? Yuk lihat bagaimana persiapannya.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai buka usaha Coffee Shop Anda?

 

1. Alat pembuat kopi

buka usaha kedai kopi
Alat Pembuat Kopi

Alat pembuat kopi merupakan hal utama yang harus Anda miliki. Pilihlah alat pembuat kopi yang Anda inginkan. Untuk menghemat budget, alat pembuat kopi secara manual atau biasa disebut manual brew tentunya jauh lebih murah dibandingkan mesin kopi otomatis seperti mesin espresso. Sebuah mesin espresso dibandrol seharga puluhan juta, sedangkan untuk manual brew harganya lebih variatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Sesuaikan dengan budget Anda.

Jangan asal memilih alat pembuat kopi. Sebaiknya Anda benar-benar mempelajari setiap alat pembuat kopi mulai dari syphon, kalita wave, french press, moka pot hingga hario 60. Karena setiap alat pembuat kopi memiliki bentuk, cara dan lama waktu pembuatan yang berbeda, untuk menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Anda juga tidak perlu memiliki seluruh alat pembuat kopi tersebut, beberapa saja sudah cukup untuk memulai buka usaha kedai kopi.

2. Coffee grinder

buka usaha kedai kopi
Coffee Grinder

Selain alat pembuat kopi, alat penggiling kopi juga penting, karena menyimpan biji kopi secara utuh merupakan cara terbaik untuk menjaga kesegaran biji kopi. Untuk itu, demi menghasilkan cita rasa kopi terbaik, Anda harus menggiling biji kopi sesaat sebelum digunakan.

Coffee grinder ini juga hadir dalam dua jenis, manual dan otomatis. Dengan grinder manual, model dan cita rasa yang dihasilkan mungkin berbeda dengan grinder otomatis. Tapi kembali lagi tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Anda bisa menambah berbagai kebutuhan saat kedai kopi sudah mulai dibuka.

3. Biji kopi

Satu lagi yang penting dalam membuka usaha kedai kopi, ya, biji kopi. Sebagai primadona dari kedai kopi Anda, maka Anda harus mencari biji kopi terbaik untuk menghadirkan cita rasa kopi terbaik. Setelah itu persiapkan juga bahan-bahan lain seperti susu, tambahan minuman lain, gula, atau mungkin makanan ringan sebagai teman saat menyesap kopi.

Jangan lupa untuk mempersiapkan tempat penyimpanan yang berkualitas dan kedap udara untuk biji-biji kopi. Berbagai stoples kedap udara yang terbuat dari stainless steel misalnya, dapat digunakan untuk menyimpan biji-biji kopi. Selain kedap udara, modelnya juga dapat sekaligus menjadi hiasan di kedai kopi Anda.

4. Aksesoris alat pembuat kopi

buka usaha kedai kopi
Teko

Selain alat pembuat kopi, Anda tentunya akan membutuhkan beberapa peralatan tambahan untuk membuat kopi seperti:

  • Teko
  • Timbangan
  • Spatula
  • Timer
  • Kertas penyaring kopi

Perhatikan kualitas dan daya tahan setiap barang yang Anda beli. Ingat bahwa Anda membutuhkan barang-barang berkualitas agar dapat digunakan sesering mungkin dan dalam jangka panjang. Biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas, sehingga tak ada salahnya jika Anda menanam investasi pada barang-barang berkualitas.

5. Alat saji

Alat saji ini berupa mug, cangkir kopi, tatakan gelas, sendok kecil untuk mengaduk kopi, tempat gula, nampan, sendok dan garpu, piring kecil, dan perlengkapan lain yang mungkin dibutuhkan untuk menyajikan kopi dan camilan lainnya. Banyak toko yang menjual peralatan saji, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Sebelum memutuskan membeli peralatan saji, mungkin Anda dapat memikirkan tentang konsep kedai kopi yang Anda inginkan, agar warna dan model peralatan saji yang Anda beli dapat disesuaikan dengan konsep Anda.

6. Furnitur

buka usaha kedai kopi
Kursi Tamu

Yang dicari dari sebuah kedai kopi adalah kenyamanan. Dengan suasana yang nyaman dan furnitur yang mendukung, maka pengunjung akan betah berlama-lama dan menjadi konsumen yang loyal terhadap kedai kopi Anda. Sediakan meja dan bangku yang nyaman dan sesuai dengan ukuran serta konsep kedai kopi Anda. Selain itu tambahkan beberapa dekorasi ruangan agar kedai kopi Anda tampak lebih stand out.

Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk furnitur mewah, asal pemilihan dan penataannya tepat, furnitur biasa pun bisa menjadi istimewa. Selain meja dan bangku, Anda juga membutuhkan meja bar untuk membuat kopi, kabinet tempat penyimpanan, serta rak-rak lainnya.

Apakah persiapan Anda untuk membuka kedai kopi sudah matang? Peralatan mahal bukanlah patokan keberhasilan suatu usaha. Dengan persiapan yang matang dan pengetahuan yang cukup, Anda dapat memulai buka usaha kedai kopi Anda.

Lengkapi berbagai kebutuhan untuk membuka usaha restoran dan kafe Anda disini.