8 Cara Menggunakan Coffee Maker Dengan Mudah

0
2507
cara menggunakan coffee maker

Baru membeli coffee maker sendiri, tetapi masih bingung cara menggunakannya? Padahal, sudah mengikuti cara menggunakan coffee maker dengan membaca buku petunjuk atau manual book

Tips Membuat Kopi dengan Coffee Maker

Memang, menggunakan coffee maker atau mesin pembuat kopi cukup membingungkan. Padahal, bila kita mengikuti langkah yang tepat, pasti kita dapat membuat kopi lezat seperti di cafe

Tidak perlu khawatir, kami punya beberapa tips jitu membuat kopi dengan coffee maker, yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Meski cara kerja setiap mesin kopi berbeda-beda, tetapi teknik dasar berikut ini cukup penting dilakukan. Apa saja itu? Simak, yuk.

1. Cuci bersih dan keringkan mesin kopi

Sebelum mulai, pastikan kamu membersihkan bagian luar dan dalam coffee maker ya, Ruppers.

Debu atau kotoran yang ada di dalam coffee maker, bisa mengganggu cita rasa dan aroma kopi yang kamu buat.

Jadi, pastikan kamu selalu mencuci bersih wadah air, alat penyaring, dan milk frother atau alat pembuat busa susu. Setelah itu, jangan lupa keringkan mesin kopi secara menyeluruh sebelum kamu menggunakannya.

inspiration_RR_home_cafe_essentials_Banner_insp_Blog_640X320_wording

2. Tuangkan bubuk kopi ke alat penyaring

Saat membeli coffee maker kamu pasti akan mendapatkan alat penyaring kopi atau portafilter dan sendok takarannya.

Baca Juga:   Ketahui 11 Jenis dan Fungsi Panci serta Wajan Ini!

Nah, kamu bisa menuangkan bubuk kopi favoritmu ke dalam portafilter secukupnya sesuai takaran. 

Misalnya, 1 sendok takar kopi bubuk untuk 60 ml air, jika kamu ingin membuat espresso. Jika tidak ingin rasanya terlalu pekat, kamu dapat membuat 1 sendok takar kopi bubuk untuk 120 ml air. 

cara menggunakan coffee maker portafilter
Sumber: unsplash.com

Setelah itu, ratakan bubuk kopi dengan cara menggoyangkan portafilter secara horizontal. Pastikan tidak ada sisa bubuk kopi yang berserakan. 

3. Padatkan bubuk kopi menggunakan coffee tamper

Setelah menuangkan bubuk kopi ke portafilter, kamu dapat memadatkannya menggunakan coffee tamper. Alat ini digunakan untuk menekan dan memadatkan bubuk kopi di portafilter. 

cara menggunakan coffee maker tamper kopi

Semakin padat bubuk kopimu, espresso yang dihasilkan akan lebih pekat dan lezat. Oleh karena itu, kamu juga harus mempelajari teknik tamping yang konsisten untuk mendapatkan hasil kopi yang enak.

4. Pasang penyaring atau portafilter ke mesin

Setelah bubuk kopi sudah padat, kamu dapat memasangkan portafilter ke mesin kopi. Pastikan untuk memasangnya dengan tepat dan kencang agar air dapat mengalir lebih lancar. 

cara menggunakan coffee maker memasang portafilter

Biasanya, pada mesin kopi akan ada garis penanda untuk memudahkan kamu mengetahui posisi penguncian portafilter yang tepat. 

5. Tuangkan air ke wadah pada mesin

Pada coffee maker terdapat wadah untuk meletakkan air yang akan kamu gunakan saat membuat kopi. Selain itu, di wadah tersebut juga terdapat penanda ukuran air. 

Nah, kamu bisa menuangkan air ke wadah sesuai kebutuhan atau kapasitas dari mesin kopi. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan takaran yang ingin kamu buat ya, Ruppers, agar dapat menghasilkan kopi yang lezat. 

mengisi wadah air

6. Nyalakan mesin kopi

Setelah semua perlengkapan sudah terpasang, sambungkan mesin kopi ke sumber listrik dan nyalakan tombol power ke posisi ON.

Pastikan untuk membaca manual book dari mesin kopi kamu karena biasanya terdapat perbedaan cara dalam proses brewing. Pada beberapa mesin kopi, kamu dapat menekan simbol gelas berisi air untuk memulai brewing

Baca Juga:   9 Olahraga di Rumah yang Cocok Untuk Perempuan

menyalakan mesin kopi

7. Tunggu beberapa saat hingga gelas terisi sesuai selera

Saat proses brewing, air kopi akan mengalir keluar dari portafilter ke gelas yang kamu siapkan. Kamu dapat menyesuaikan seberapa banyak kopi yang ingin diminum dengan menekan tombol pause atau stop saat gelas sudah penuh. 

cara menggunakan coffee maker air kopi mengalir
Sumber: unsplash.com

Beberapa mesin kopi sudah memiliki pengaturan otomatis, yang dapat berhenti sendiri sesuai jenis kopi. Dengan mesin kopi otomatis ini, kamu tidak perlu menunggu dan menekan tombol apa pun untuk membuat mesinnya berhenti.

8. Sajikan kopi 

Ada banyak cara menyajikan kopi sesuai selera, seperti Americano, Cappuccino, hingga kopi susu gula aren. Kamu dapat mengkombinasikan kopi dengan susu, gula aren, whipped cream, bubuk matcha, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga dapat menyajikannya dengan es agar lebih menyegarkan. Beberapa mesin kopi dilengkapi dengan milk froather. Jadi kalau kamu suka coffee art, kamu dapat membuat busa susu menggunakannya. 

menyajikan kopi dengan variasi

Nah, itu dia 8 cara menggunakan coffee maker dengan mudah dan dapat menghasilkan kopi yang lezat. Mudah, bukan? 

Jadikan rumahmu sebagai kafe pribadi yang nyaman menggunakan berbagai perlengkapan home cafe dari Ruparupa.com dengan klik di sini.

Simak juga beberapa rekomendasi produk alat bikin kopi, seperti berikut ini. 

Ariete Moderna Coffee Maker Espresso with grinder
Ariete Moderna Coffee Maker Espresso with grinder beli di Ruparupa.com.
Hadirkan mesin kopi yang canggih dan berkualitas ini ke hunian kamu untuk membuat coffee shop pribadi. Membuat kopi jadi jauh lebih mudah dan enak!

Beli di sini

Delicia 250 Ml Cangkir & Saucer
Delicia 250 Ml Cangkir & Saucer beli di Ruparupa.com.
Jadikan suasana minum kopi kamu lebih hangat dan menenangkan dengan menggunakan cangkir cantik satu ini. Dilengkapi dengan saucer untuk memudahkan kamu memegangnya jika panas.

Beli di sini

Delicia 80 Ml Set 2 Pcs Cangkir Double Wall
Delicia 80 Ml Set 2 Pcs Cangkir Double Wall beli di Ruparupa.com.
Bikin kopi kamu lebih aesthetic ala cafe dengan menggunakan cangkir double wall ini. Sistem double wall ini membuat kamu tidak perlu khawatir kepanasan atau kedinginan saat memegang cangkir lagi.

Beli di sini