7 Cara Membuat Kopi yang Enak Ala Coffee Shop

0
11280

Untuk sebagian orang, menyeduh segelas kopi sudah merupakan rutinitas agar tetap semangat dan membuat mood jadi lebih baik. Tentunya, kita juga perlu mengetahui cara membuat kopi yang enak di rumah. 

Mungkin terdengar sepele karena kita bisa langsung menyeduh kopi sachet dengan air panas. Namun, ternyata, ada banyak cara untuk menghadirkan secangkir kopi ala cafe yang nikmat dan harum, lho. 

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Membuat Kopi yang Enak? 

Membuat kopi yang enak ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan. Pasalnya, kamu hanya memerlukan alat pembuat kopi yang sesuai. 

Simak beberapa panduan sederhana cara menyeduh kopi dengan perlengkapan yang berbeda-beda berikut ini. 

1. Coffee Maker Pour Over

Umumnya, kopi yang dijual di cafe memiliki komponen penting yang harus dipertahankan, yaitu citarasa dan aroma yang pas. Kamu bisa dengan mudah membuat kopi dengan kualitas serupa melalui bantuan Coffee Maker Pour Over ini. 

Pasalnya, mesin ini memiliki alat filter yang berfungsi sebagai pemisah ampas kopi. Selain itu, alat ini dilengkapi juga pitcher atau wadah kopi kecil yang biasanya digunakan untuk menampung hasil kopi. 

Berikut langkah membuat kopi dengan coffee maker pour over. 

  • Siapkan air mendidih dengan kisaran suhu 195 ° F hingga 205 ° F. Jangan lupa siapkan juga bubuk kopi yang sudah digrinder hingga memiliki konsistensi seperti butiran garam.
  • Pasang alat filter yang sudah dibersihkan sebelumnya ke dalam mesin kopi.
  • Tuang bubuk kopi dan air mendidih ke dalam filter. Diamkan sejenak dan tuang kembali secara perlahan dan merata sampai kopi menetes dengan sempurna. 
  • Pastikan air dalam dripper tetap berjumlah antara setengah hingga tiga perempat penuh. 
  • Setelah selesai, lepas alat filter dengan hati-hati dan kopi siap untuk dinikmati

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan susu sesuai selera untuk menambah citarasa yang gurih pada kopi.  

Baca Juga:   5 Jenis Biji Kopi Paling Terkenal dan Karakteristiknya
cara membuat kopi yang enak
Asobu Pour Over Coffee Maker – Hitam

Cek di sini

2. French Press

Bila kamu ingin menyeduh kopi dengan cara yang lebih simpel, kamu bisa menggunakan mesin French Press. Cukup menyiapkan biji kopi terbaik yang telah kamu giling hingga memiliki tekstur kasar layaknya remah roti. 

Lalu, siapkan air mendidih dan tuang bubuk kopi pada bagian dasar mesin. Aduk hingga merata dan diamkan selama 4 menit sembari menekan tuas secara konsisten. 

french press untuk membuat kopi
Delicia Teko Kopi French Press 1 Ltr – Silver

Cek di sini

3. Coffee Dripper

Tidak bisa diragukan lagi, membuat kopi dengan cara tradisional memang bisa menghasilkan rasa yang luar biasa. Untuk menghasilkan minuman layaknya pada kedai kopi, kamu bisa menggunakan kopi bubuk halus.

Cukup masukkan bubuk kopi pada alat filter dan alat penyeduh kopi. Setelah itu, tuang air mendidih pada bagian tengah dan tunggu hingga kopi menetes dengan sempurna. Kamu bisa memakai teko gooseneck agar seduhan air bisa lebih merata. 

 

coffee dripper
Hario Coffee Dripper V60 – Transparan

Cek di sini

kopi ala kafe
Hario Coffee Dripper V60 – Merah

Cek di sini

4. Mesin Kopi Otomatis

Cara yang satu ini adalah yang paling mudah dan terbilang modern. Kamu cukup menekan tombol yang tersedia di dalam mesin kopi, lalu tambahkan susu ke dalamnya agar terasa lebih nikmat. 

Namun, harga mesin kopi otomatis biasanya relatif lebih mahal. Hal ini karena mesin kopi ini memiliki fitur grinding dan desain yang menarik.

cara membuat kopi otomatis
Ariete Coffee Maker Espresso W Grinder

Cek di sini

5. Coffee Maker with Heat Protection

Untuk kamu pecinta kopi, mesin pembuat kopi dari Kels ini merupakan alat dapur yang wajib kamu miliki. Mesin ini telah dilengkapi dengan fitur grind and brew sehingga cocok untuk menyeduh kopi bubuk maupun biji kopi. 

Selain itu, terdapat juga fitur heat protection yang berfungsi untuk menjaga kopi agar tetap hangat. 

rekomendasi mesin kopi
Kels 850 Ml Electrical Coffee Maker Grind & Brew

Cek di sini

6. Coffee Maker Espresso

Seduh kopimu dengan cara yang lebih praktis dengan coffee maker espresso. Kamu hanya perlu menekan satu tombol yang tersedia dan tunggu sekitar 10 detik hingga kopi terseduh dengan baik.

Uniknya lagi, kopi ini juga sudah lengkap dengan gelas. Kamu juga bisa menyeduh kopi kapan saja dan di mana saja karena mesin ini tidak membutuhkan aliran listrik untuk dioperasikan.

Baca Juga:   Perbedaan Manfaat Minum Teh dan Kopi

 

cara menyeduh kopi yang benar
Wacaco Nanopresso Espresso Coffee Maker

Cek di sini

7. Coffee Maker Teko

Menikmati kopi hangat kapan pun jadi lebih praktis dengan Kels Coffee Maker. Mesin kopi ini berkapasitas 600ml dan memiliki fitur anti-drip sehingga mencegah tetesan kopi jatuh ke piringan penghangat. 

mesin kopi dengan teko
Kels 600 Ml Madison Coffee Maker

Cek di sini

Tips Membuat Kopi yang Nikmat Ala Cafe Rumahan

Itu dia beberapa alat pembuat kopi yang bisa kamu gunakan. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat kopi yang nikmat di rumah.

1. Berapa Sendok Takaran Kopi yang dibutuhkan?

Sebenarnya tidak ada takaran yang pasti untuk membuat kopi. Soalnya, kita perlu menyesuaikan kembali dengan kesukaan kita.

Namun, menurut Matthew Marks, seorang ahli profesional Amerika Serikat dalam dunia kopi, mengatakan untuk membuat 6 ons kopi seduh memerlukan 2 sendok makan kopi, atau setara dengan 11,25 gram kopi bubuk dan air sebanyak 3/4 dari ukuran cangkir. 

2. Berapa Sendok Gula yang Kita Perlukan?

Melansir dari American Heart Association, untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari potensi diabetes, maka disarankan untuk memasukkan 6 sendok teh gula untuk wanita  dan 9 sendok teh gula untuk pria. 

3. Bahan Apa yang Bisa dicampurkan pada Kopi Agar Lebih Nikmat?

  • Kayu manis: Rempah beraroma kuat ini dapat menambahkan rasa khas pada secangkir kopi.
  • Biji kakao: Dapat memberikan tekstur lebih kental dan nikmat, serta nutrisi lengkap yang membuat tubuh jadi lebih rileks. Pastikan untuk menyangrai biji kakao terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 
  • Santan kelapa: Memberikan tekstur yang lebih creamy dan ekstra kelezatan.
  • Kapulaga: Membantu menetralisir kandungan kafein dalam kopi sehingga aman bagi penderita maag.

Selain tips di atas, kamu juga harus memerhatikan jumlah takaran air yang tepat dan suhu derajat celcius air mendidih untuk mendapatkan komposisi kopi yang pas. 

Nah, itu dia beberapa panduan cara membuat kopi yang enak yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Temukan mesin kopi berkualitas lainnya hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Selain itu, situs belanja online ruparupa.com juga menjual berbagai perlengkapan dapur minimalisperalatan dapur dan pembuat minuman & camilan dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.