Rasanya secangkir kopi sudah menjadi teman sejati bagi sebagian orang Indonesia. Bagi coffee lovers mereka membutuhkan cairan hitam pekat ini untuk membuat bersemangat dan membuat mood yang lebih baik sepanjang hari. Akan tetapi untuk memaksimalkan harimu pastikan untuk mengetahui cara membuat kopi yang enak.

Tapi bagaimana cara membuatnya? Untuk menjawabnya yuk pahami pedoman dasar berikut ini, setelah itu kamu bisa membuat secangkir kopi ala barista yang nikmat.

Yuk bikin kopi nikmat ala barista di rumah dengan melengkapi peralatannya disini

Cara Membuat Kopi yang Enak

cara membuat kopi yang enak

Panduan ini jauh lebih mudah dari yang kamu pikirkan, caranya cukup sederhana

Umumnya ada beberapa metode menyeduh kopi yang perlu Ruppers tahu. Pertama ada yang menggunakan mesin kopi tetes, French press, dan coffee maker. Yang mana setiap jenis ini memberikan kenikmatan yang berbeda-beda sesuai dengan selera

1 . Coffee Maker Pour Over

Dengan alat ini kini kamu dapat menikmati kopi layaknya di kafe, pasalnya metode yang sudah lama ada ini tergolong cara terbaik untuk mempertahankan citarasa, aroma yang sempurna.

Umumnya alat kopi ini memiliki filter kopi yang membantu agar ampas tidak terbawa, dan pitcher untuk menampun hasil akhir. Wah, cocok sekali untuk penggunaan di rumah maupun kantor.

Berikutnya kami akan menjabarkan cara membuat kopi yang enak menggunakan Coffee Maker Pour Over.

Langkah pertama masak air sampai mendidih dalam ketel, sementara menunggu tinggalkan dahulu untuk menggiling kopi menggunakan grinder. Teksturnya sendiri dapat kamu sesuaikan dengan selera, namun kami menyarankan untuk membuat konsistensi seperti butiran garam.

Setelah air mendidih, masukan filter pada alat kopi tapi sebelumnya bersihkan dengan air panas terlebih dahulu ya! Buang air pembilasan dan alat siap beroperasi.

Masukan bubuk kopi ke dalam filter, dan tuang dengan air dengan kisaran suhu 195 ┬░ F dan 205 ┬░ F. Diamkan sejenak dan kembali tuang secara perlahan secara merata. Tunggu hingga kopi menetes secara sempurna.

Namun tetap perhatikan perlu agar tetap mempertahankan air dalam dripper antara setengah hingga tiga perempat penuh. Setelah selesai pastikan untuk melepas filter hati-hati, dan kopi siap untuk dinikmati. Jika suka tuang susu yang akan memberi rasa gurih.

2 . French Press

Nah, menggunakan french press adalah salah satu cara minum kopi yang enak dan mudah. Pasalnya metode pembuatan lebih sederhana. Namun untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pastikan untuk memilih biji kopi yang terbaik.

Untuk menikmati rasa kopi yang sempurna, cobalah untuk membuat gilingan yang memiliki tekstur yang cukup kasar layaknya remah roti. Setelah itu untuk membuatnya menggunakan air yang bersuhu 195 ┬░ F dan 205 ┬░ F .

Setelah semuanya siap letakan bubuk kopi atau kopi instan pada dasar french press, setelah itu masukan air dan aduk. Diamkan selama 4 menit dan tekan secara konsisten

Jika ingin merasakan sensasi kopi yang sempurna, maka tuangkan kopi lainnya agar tidak menyisakan ampas pada lidah.

Untuk menyeduh kopi dengan mudah alat ini sangat membantu karena bahannya yang transparan memudahkan untuk melihat setiap proses yang ada. Selain itu tentunya akan menghasilkan aroma dan rasa yang khas.

3. Kopi Tetes

Cara tradisional yang sudah lama ada dan menghasilkan rasa yang luar biasa. Untuk menghasilkan minuman layaknya membeli di kedai kopi, gunakan biji kopi giling bertekstur halus. Lalu pindahkan bubuk kopi pada filter dan langsung masukan pada alat penyeduh kopi.

Tuang air mendidih pada bagian tengah, dan tunggu hingga seduhan kopi menetes dengan sempurna. Jika suka tambahkan gula aren sebagai pemanis yang juga memberikan rasa gurih.

4. Kopi Otomatis

Cara yang satu ini adalah yang paling mudah dan terbilang modern, karena cukup menekan tombol yang tersedia maka secangkir kopi siap menemani dalam hitungan menit. Kamu juga bisa menambahkan susu ke dalamnya jika suka.

Di antara alat lainnya, jenis ini yang paling mudah secara penggunanan namun memiliki harga yang terbilang relatif mahal. Hal ini penyebabnya karena memiliki fitur penggiling kopi dan desain yang juga menarik.

Soal rasa tidak perlu khawatir karena tetap memberikan rasa yang sempurna. Lebih jauh peralatan ini juga yang juga sering ada pada pada kedai, karena lebih cepat dan mudah.

5 . Coffee Maker With Warming Plate

Untuk kamu pecinta kopi, Brabantia Mesin Pembuat Kopi merupakan alat dapur yang wajib nih! Mesin dengan daya 600 watt, dan layar lcd yang modern. Cocok berada pada kantor atau rumah.

Selain itu mesin ini memiliki kapasitas sebesar 0.6 liter dengan konsumsi daya sebesar 600 watt. Lengkap juga dengan warming plate, serta layar LCD yang memudahkan saat pengoperasian, cocok untuk mengolah kopi bubuk atau biji kopi.

6. Coffee Maker Espresso

Mau membuat kopi otomatis hanya dengan satu tombol? bisa dong caranya dengan alat pembuat kopi otomatis dengan yang lengkap dengan mug.

7 . Coffee Maker Teko

Menikmati kopi hangat kapan pun jadi lebih praktis dengan Kris Coffee Maker. Mesin kopi berkapasitas 1,5 liter dan lengkap dengan fitur anti-drip mencegah tetesan kopi jatuh ke piringan penghangat. Saat tidak dalam mode penggunaan mesin ini akan otomatis mati setelah 2 jam.

Tips Membuat Kopi yang Nikmat

Untuk mengupasnya izinkan kami menjawab pertanyaan berikut

Berapa sendok takaran kopi?

Untuk menjawab berapa takaran membuat kopi hitam? tentunya tidak spesifik. Tapi jika melihat pada mereka yang profesional pada dunia kopi seperti Matthew Marks, yang merupakan pemilik Forty Weight Coffee Roasters di Brooklyn, Amerika Serikat; mengatakan untuk membuat 6 ons kopi seduh, perlu 2 sendok makan kopi atau setara dengan sebanyak 11,25 gram kopi bubuk dengan air sebanyak 3/4 dari ukuran cangkir.


Berapa sendok gula untuk kopi?

Untuk menjaga kesehatan dan menghindari potensi diabetes maka American Heart Association menyarankan 6 sendok teh gula untuk wanita setiap harinya. Sementara, bagi pria 9 sendok teh gula per hari.


Kopi dicampur apa ya yang enak?

  • Kayu Manis, rempah yang beraroma kuat dan menambahkan rasa khas pada secangkir kopi.
  • Biji Kakao, yang memberikan tekstur lebih kental dan nikmat, serta nutrisi lengkap yang membuat lebih rileks. Sebelum penggunaan sangrai terlebih dahulu biji kakao ya!
  • Santan Kelapa, memberikan tekstur lebih creamy dan memberikan ekstra kelezatan.
  • Kapulaga, yang membantu untuk mentralisir kandungan kafein dalam kopi sehingga aman untuk penderita maag.

Selain menjawab pertanyaan di atas, seperti mengerti takaran yang tepat. Perhatikan juga ukuran derajat celcius air.

Untuk mengukur dengan tepat kamu dapat menggunakan timbangan digital, menggunakan gelas ukur, sendok tentu bisa namun belum tentu dapat akurat.

Setelah mengetahui tips di atas kami mengharapkan Ruppers dapat mengerti bagaimana menikmati kopi yang nikmat. Namun pastikan juga untuk memiliki Coffee Maker yang berkualitas agar mendapat hasil yang baik.

Temukan juga perlengkapan Dapur MinimalisPeralatan Dapur dan Pembuat Minuman & Camilan pada platform Ruparupa yang merupakan e-commerce gabungan dari brand Kawan Lama Group seperti Informa, ACE. Rasakan pengalaman berbelanja seru dan menyenangkan hanya di Ruparupa