5 Jenis Tata Ruang Kantor yang Ideal Bagi Perusahaan

0
926

Selain lingkungan kerja dan fasilitas, desain kantor juga dapat memengaruhi performa karyawan. Untuk itulah, tata ruang kantor harus melihat jenis dan bidang yang digeluti oleh sebuah perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaan kreatif memerlukan tata ruang kantor yang memungkinkan tingkat komunikasi tinggi antara karyawan. Sedangkan mereka yang bekerja di bidang administrasi, mungkin membutuhkan ruang kerja yang tenang agar bisa lebih fokus.

Ruparupa Banner

Oleh sebab itu, penataan ruang kantor yang paling tepat tidak boleh sembarangan. Apalagi, bisa memberikan dampak yang baik bagi perusahaan.

Lantas, Seperti Apa Jenis Tata Ruang Kantor Terbaik?

Kali ini, kami punya inspirasi model tata ruang kantor beserta kelebihan dan kekurangannya. Jadi, kamu bisa memilih yang paling tepat.

1. Tata Ruang Kantor Terbuka (Open Plan)

Jenis ruang kantor terbuka memungkinkan para karyawan untuk berkomunikasi dengan mudah karena tidak ada penyekat yang membatasi. Namun, kekurangan tata ruang ini,  karyawan jadi tidak memiliki privasi dan dapat dengan mudah terganggu.

Biasanya, jenis ruang kantor terbuka banyak dipakai oleh perusahaan startup dan kreatif yang membutuhkan banyak komunikasi serta diskusi.

Baca Juga:   5 Cara Menentukan Watt Lampu untuk Ruang Kerja
ruang kerja terbuka
Sumber: unsplash.com

2. Tata Ruang Kantor Bersekat (Cubicle Office)

Tata ruang kantor tertutup dan bersekat dapat memberikan privasi lebih dan membantu karyawan agar lebih fokus dengan pekerjaannya. Sayangya, tata ruang kantor ini bikin lebih sempit karena tertutup sekat. Selain itu, interaksi antara karyawan akan berkurang.

Umumnya, kamu akan menemukan penataan ruang kerja ini di gedung-gedung kantor besar.

tata ruang kantor kubikel
Ruang kerja bersekat dapat memberikan privasi dan membuat karyawan lebih fokus.

3. Ruang Kantor Bersama (Co-Working Space)

Co-working space adalah ruang kerja yang terdiri dari beberapa perusahaan. Jadinya, para karyawan yang beda perusahaan bisa bekerja bersama-sama.

Tidak seperti kantor pada umumnya, co-working space menyewakan ruang kerja yang bisa digunakan oleh 1 orang hingga sekelompok orang. Biasanya, co-working space sudah dilengkapi dengan fasilitas, seperti, ruang meeting, mesin kopi, dan pantry.

Namun, semakin banyaknya orang, biaya sewa akan semakin mahal dan kamu mungkin akan kurang leluasa karena harus bekerja bersama dengan orang lain.

ruang kerja bersama
Sumber: unsplash.com

4. Ruang Kantor Panorama (Landscape Office)

Bila ruang kantor biasanya didesain secara formal, maka pada ruang kantor panorama kamu bisa menemukan taman, dekorasi, dan berbagai hiburan lainnya yang memanjakan mata.

Tipe penataan kantor ini bisa membuat suasana lebih fresh dan mengurangi rasa monoton pada karyawan. Tentunya, biaya dan tenaga yang dibutuhkan untuk merawat ruang kerja ini sedikit lebih besar daripada desain ruang kantor lain.

Baca Juga:   5 Alasan Kesehatan Kita Memerlukan Armrest pada Kursi Kantor
tata ruang kantor panorama
Sumber: unsplash.com

5. Ruang Kantor Gabungan

Tata ruang kantor gabungan mengombinasikan ruang kantor terbuka dan tertutup sehingga lebih serbaguna. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan konsep open plan dengan menempatkan meja panjang besar di tengah kantor untuk karyawan yang ingin berdiskusi.

Kemudian, sediakan juga ruang kerja kubikel bagi karyawan yang ingin lebih fokus dan tenang ketika bekerja. Namun, ruang kantor gabungan membutuhkan biaya perawatan besar dan dapat membuat desain kantor jadi agak berantakan.

ruang kantor gabungan
Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia jenis tata ruang kantor yang umum digunakan. Kalau kamu lebih suka office layout yang mana?

Dapatkan perlengkapan kantor berkualitas hemat hingga 70% klik di sini

Apa pun itu, pastikan kamu menggunakan meja kerja dan kursi kantor yang ergonomis dari ruparupa.com.

Selain perlengkapan kantor, situs belanja ruparupa.com juga menyediakan perabot rumah tangga terlengkap dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya beberapa rekomendasi perabot kantor yang bisa jadi pilihan buat kamu.

 

meja kerja sekat
Mont Meja Kantor Ekstensi 2s – Hijau Muda
Meja kerja dengan sekat untuk kapasitas 2 orang.

Beli di sini

meja rapat kerja
Sieben Ii Meja Rapat 240x120x75 Cm – Cokelat
Meja rapat minimalis untuk kapasitas 8 orang.

Beli di sini

kursi ruang kerja
Lomo Kursi Kantor Sandaran Rendah – Hitam
Kursi kerja ergonomis untuk bantu produktivitas.

Beli di sini

kursi kerja sandaran tinggi
Lucas Kursi Kantor Sandaran Tinggi – Hitam
Kursi kantor untuk kerja lebih nyaman.

Beli di sini