Tips Hemat Masak Steak dengan Metode Sous Vide

0
319
Tips Hemat Masak Steak dengan Metode Sous Vide

Tak terasa akhir minggu sudah akan datang lagi. Di akhir bulan seperti ini mengapa Anda tidak mencoba memasak steak dengan metode Sous Vide (Dibaca: suviid )? Dijamin akhir bulan Anda akan seindah sehabis gajian.

Sous Vide adalah nama teknik memasak yang memanfaatkan pengaturan suhu dengan medium air yang presisi, yaitu 60º celcius. Nama Sous Vide sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang artinya under vacuum, karena dengan metode ini makanan ditaruh di dalam wadah kedap udara lalu diletakkan di dalam air dalam waktu yang lama, yaitu 1 hingga 72 jam.

Tujuannya ialah untuk membuat makanan matang secara sempurna dan seragam, tanpa membuat bagian dalam terlalu matang (over cook) dan menjaga kelembaban.

Masakan dengan metode masak Sous Vide ini pada dasarnya adalah sudah matang, namun untuk dapat penyajiannya perlu di-finishing terlebih dahulu seperti, digoreng atau dibakar sebentar agar tekstur bagian luar nya berwarna kecoklatan dan rasanya semakin enak.

Nah, memasak dengan metode Sous Vide bisa dilakukan dengan cara yang hemat tanpa alat dan plastik khusus loh. Cukup siapkan zip lock bag dan cool box, Anda sudah bisa melakukannya di rumah.

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Lumuri daging dengan garam, lada hitam, dan thyme/rosemary. Masukan daging kedalam zipper lock bag kedap udara. Taruh juga bawang putih dan sedikit minyak zaitun kedalamnya.

2. Masak air panas yang cukup banyak lalu tuangkan ke kotak pendingin minuman (cool box). Ukur suhunya, cari sampai sekitar 62º c. Suhu agak ditinggikan dari suhu yang dicari: 60º c karena akan turun. Kalau suhu terlalu tinggi, tambahkan air dingin hingga suhunya stabil.

3. Lalu taruh zipper lock bag ke dalam kotak pendingin yang sudah berisi air panas. Perlu diingat agar ziper lock bag harus benar-benar dalam keadaan hampa udara. Sebab udara sedikit saja akan membuat daging tidak termasak dengan baik.

4. Diamkan zipper lock bag berisi daging tersebut selama 40 menit (Semakin tebal daging, maka harus makin lama memasaknya, yaitu bisa sampai 1 atau 2 jam). Jaga suhu air agar stabil di 60º c. Kalau suhu turun, Anda bisa langsung menambahkan air panas lagi.

5. Setelah 40 menit buka zipper lock bag nya dan keluarkan daging. Pada tahap ini daging telah masak sempurna hingga kebagian dalamnya.

6. Finishing: Panaskan wajan hingga berasap, taruh minyak zaitun atau butter. Lalu masak daging tersebut sekitar 1-2 menit, namun jangan terlalu sering di bolak balik. Cukup satu kali saja dibalik, karena makin sering dibolak-balik daging akan makin cepat matang. Tujuan tahap finishing ini adalah hanya mencari permukaan daging yang sedikit bertekstur dan kecoklatan.

7. Steak siap disajikan